Bagaimana Rumah Hunian Minimalis Menggunakan Konstruksi Atap Datar

Rumah Keren Yang Dirancang dengan Desain Terbuka
10 Rumah Keren Yang Dirancang dengan Desain Terbuka
November 16, 2016
Epoxy lantai bisa memperindah lantai bangunan
Bagaimana Epoxy Lantai Bisa Memperindah Lantai Bangunan?
December 15, 2016

Bagaimana rumah hunian minimalis menggunakan konstruksi atap datar? Nikifour, kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta akan berbagi informasi dengan Anda. Atap merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah bangunan dan juga tanpa anda sadari atap merupakan hal yang penting dan paling menarik perhatian bagi setiap orang yang melihatnya. Atap merupakan bagian yang paling mudah untuk dilihat mata dari kejauhan. Tidak jarang kita mencari suatu bangunan dengan bentuk dan warna atapnya yang unik.

Atap merupakan suatu penutup pada bangunan yang terletak di bagian atas, atau suatu benda yang digunakan untuk menutup bagian atas bangunan yang dapat melindungi bangunan dan juga penghuninya, baik secara psikis maupun fisik. Perlindungan psikis bersifat abstrak, yang dimaksud dengan perlindungan psikis adalah perlindungan terhadap manusia yang berada dibawah perlindungan bangunan tersebut akan merasa nyaman dan lebih tenang, sedangkan perlindungan fisik adalah perlindungan terhadap apapun yang dapat merusak bangunan maupun ancaman terhadap manusia yang ada dibawah nya.

Rumah hunian minimalis menggunakan konstruksi atap datar

Peranan atap terhadap bangunan dibawah nya maupun manusianya sangat penting dalam memberikan perlindungan. Sedangkan fungsi utama dari atap yaitu untuk melindungi bangunan dari segala bentuk perubahan cuaca, mulai dari hujan, panas, angin, debu, petir, salju, dam lain sebagainya.

Selain itu atap juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap struktur bangunan dengan menutupi ruangan yang terdapat dibawah nya, atap juga berfungsi untuk mencegah air hujan masuk ke dalam bangunan, mencegah panas yang berlebihan, dan juga dapat mengurangi gerakan angin. Hingga sekarang ini peran atap sangat mempengaruhi nilai estetika suatu bangunan. (Rumah hunian minimalis menggunakan konstruksi atap datar)

Fungsi Atap Rumah

Atap rumah memiliki peranan yang sangat penting untuk melindungi bangunan maupun penghuni yang bernaung dibawah nya. Berikut merupakan fungsi dari atap rumah:

  • Atap rumah berfungsi sebagai pelindung dari paparan sinar matahari dan tetap menjaga agar ruangan tetap dingin, sebab atap dapat menyerap panas yang berlebih.
  • Atap rumah juga berfungsi sebagai pelindung untuk dapat menghindari masuknya air hujan kedalam ruangan.
  • Sebagai penahan tekanan angin yang berasal dari arah horizontal.
  • Selain itu fungsi lain dari atap sebuah rumah adalah sebagai menerima beban dari diri sendiri yakni beban kuda – kuda dan juga bahan pelapis yang memiliki arah vertikal dan pada kolom serta pondasi rumah.

Desain Atap Datar Rumah Minimalis

Atap datar adalah desain atap yang banyak digunakan pada rumah atau hunian modern minimalis sekarang ini. Atap ini mempunyai bentuk yang berbeda dengan atap tradisional biasanya yaitu tradisional yang cenderung landai. Atap datar cenderung memiliki permukaan yang horizontal jika dibandingkan dengan atap tradisional, meskipun ada juga yang dibuat dengan bentuk sedikit miring. Sedangkan untuk material yang digunakan untuk membuat atap datar ini tentu berbeda dengan material yang digunakan untuk atap segitiga pada umumnya.

Material yang digunakan untuk membuat atap datar haruslah material yang terbuat dari bahan yang bisa mengalirkan air, meskipun pada atap datar umumnya memiliki tingkat kemiringan yang sangat rendah. Sehingga dengan bahan yang bisa mengalirkan air pada saat musim hujan tidak akan membebani atap dan juga air hujan tidak menggenang. Pada umumnya tipe atap datar yang sering digunakan adalah single pay, built up, dan juga paint on atau spray on.

Atap datar dengan tipe built up merupakan tipe atap yang paling tradisional, tersusun dari tiga layer atau lebih yang terbuat dari material tahan air (waterproof) dan juga ditambahkan dengan tar panas yang disusun menyilang atau selang seling. Sekarang ani, tipe atap built up ini biasanya ditambahkan dengan batu kali yang terbuat dari material fiberglass daripada tar paper. Selain itu atap dengan tipe built up ini juga ditambahkan dengan kerikil yang berfungsi untuk melindungi atap dari radiasi sinar ultraviolet dan juga berfungsi sebagai fire retardant yang efektif.

Atap datar dengan tipe single pay memiliki ukuran yang jauh lebih ringan dan juga lebih tipis jika dibandingkan dengan tipe atap built up. Atap dengan tipe single pay ini tersusun dari lembaran – lembaran yang tahan akan segala macam cuaca yang sudah dipasang dan juga sudah melekat pada struktur atap, baik menggunakan lem maupun bahan lainnya. Atap dengan tipe ini seringkali digunakan dalam bentuk bangunan komersial maupun residensial. Atap dengan tipe single pay sekarang ini juga sudah disediakan dengan material yang mudah dipasang dan juga mudah dilepas. Hal ini memudahkan pemilik hunian dalam memasang atap datar.

Atap datar dengan tipe paint on atau spray on atap datar jenis ini memiliki dua proses dalam pemasangannya. Pertama adalah mengaplikasikan secara langsung spray insulation, dan kemudian ditutup dengan menggunakan urethane atau coating akrilik. Setelah itu mencampurkan kerikil dan pasir pada atap sebelum proses spray installation pada kedua bagian selesai. Atap tipe spray on ini menawarkan atap yang tahan air yang menutupi semua permukaan atap. (Rumah hunian minimalis menggunakan konstruksi atap datar)

Kekurangan dan Kelebihan Atap Datar

Pada umumnya atap datar bisa bertahan 10 hingga 20 tahun bahkan bisa bertahan lebih lama lagi, apabila benar – benar dijaga dengan baik. Meskipun sekarang ini atap datar sudah menjadi primadona baru untuk hunian modern, namun masih ada juga kelemahan yang dimiliki oleh atap datar ini. Berikut adalah kelebihan dan juga kelemahan atap datar.

Kelebihan Atap Datar

Dengan menggunakan atap datar keuntungan – keuntungan yang didapatkan lumayan banyak. Berikut merupakan kelebihan yang didapat dengan menggunakan atap datar:

Dengan menggunakan atap datar, maka akan dapat digunakan untuk aktivitas yang lainnya seperti menjemur dan menanam tanaman hias agar hunian lebih cantik.

Dengan menggunakan atap datar, maka tidak akan membuat ruang dibawah atap menjadi sia – sia dan dapat digunakan.

Dengan menggunakan atap datar, maka akan memperoleh ruangan tambahan yang bisa digunakan untuk apa aja tergantung anda memanfaatkannya.

Dengan menggunakan atap datar akan memperlihatkan hunian yang simpel, minimalis, dan juga modern.

Selain itu menggunakan atap datar juga tidak memerlukan biaya besar dengan memberikan penutup atap seperti platform, anda cukup menggunakan papan yang halus untuk menutupi, sehingga beton cor terlihat rapi. (Rumah hunian minimalis menggunakan konstruksi atap datar)

Kelemahan Atap Datar

Selain kelebihan – kelebihan diatas, menggunakan atap datar tentunya memiliki kelemahan. Berikut merupakan kelemahan – kelemahan dari atap datar:

Atap datar tidak aman digunakan apalagi pada saat musim hujan. Hal ini dikarenakan pada setiap atap datar hanya memiliki tingkat kemiringan yang sedikit, sehingga memungkinkan untuk terjadinya penggenangan air hujan. Akan tetapi hal ini masih bisa diatasi dengan cara menggunakan bahan yang bisa mengalirkan air hujan agar tidak menampung.

Pada saat hujan turun terlalu deras, maka akan menyebabkan kebocoran sebab airnya tidak mampu mengalir ke bawah dan menggenang di atap.

Agar menghindari runtuhnya atap, maka perlu dilakukan perhitungan yang akurat terhadap tumpang tindih, ada atap yang bisa digunakan untuk kolam renang tanpa adanya masalah. Hal ini memungkinkan perhitungannya dilakukan dengan sangat benar, sehingga mengurangi kejadian runtuhnya atap.

Hunian dengan atap datar juga akan rawan terhadap angin kencang, hal ini dikarenakan desain nya yang aerodinamis sehingga lebih rentan terhadap terpaan angin.

Karena bahannya tumpang tindih, maka biaya yang dikeluarkan pun juga cukup besar. Sehingga menggunakan atap datar akan memakan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan atap biasa. (Rumah hunian minimalis menggunakan konstruksi atap datar)

Desain Rangka Atap Kayu dan Atap Baja Ringan

Rangka Atap Kayu

Sebelum adanya penebangan hutan secara liar dan juga besar – besaran serta tidak memperhatikan lingkungan, rangka atap kayu sangat murah dan banyak digemari oleh masyarakat daripada rangka atap baja ringan. Kelebihan dari atap kayu pun bermacam – macam. Balok kayu akan lebih tahan terhadap api jika dibandingkan dengan baja. Dengan menggunakan atap kayu juga tidak membutuhkan seseorang yang ahli dalam pemasangannya, karena pemasangannya cukup mudah dalam pemasangannya.

Dalam menggunakan rangka atap kayu, penggunaannya akan lebih fleksibel, mengingat atap kayu dapat dibentuk dan dipotong sesuai dengan kebutuhan dan dapat digunakan secara fleksibel. Dengan menggunakan atap kayu juga akan membuat penampilan dari bangunan terlihat lebih alami.

Namun dibalik kelebihan dari atap kayu, kekurangan yang dimiliki dari menggunakan atap kayu adalah atap kayu tidak tahan terhadap rayap, sehingga dapat merusak struktur atap dan juga mudah terbakar. Atap kayu juga dapat menyusut dan mengembang sesuai dengan temperatur yang ada. (Rumah hunian minimalis menggunakan konstruksi atap datar)

Rangka Atap Datar Baja Ringan

Sekarang ini rangka baja ringan mulai menggantikan kayu yang notabene dari dulu hingga sekarang sudah digunakan untuk sebuah kerangka pada bangunan utama dan juga atap rumah. Akibat dari penebangan hutan secara liar membuat bangunan dengan bahan baku kayu mulai berkurang, hal ini merupakan sebuah wujud kepedulian terhadap lingkungan dan melestarikan bumi. Sehingga kini kayu mulai digantikan dengan baja ringan.

Banyaknya penebangan kayu secara liar dan juga besar – besaran serta tidak ramah lingkungan membuat berbagai produk industri berbondong – bondong menghasilkan inovasi baru. Salah satu yang menghasilkan produk baru adalah perusahaan konstruksi atau bahan bangunan. Seiring munculnya konsep pembangunan ramah lingkungan yang lebih menekankan pada peningkatan efisiensi dalam menggunakan air, material bangunan, dan energi, berawal dari pembangunan, desain, hingga pemeliharaan bangunan itu ke depannya.

Saat ini material baja ringan menjadi tren tersendiri sebagai material bangunan, pada rangka atap baja ringan lebih populer jika dibandingkan dengan material baja yang lainnya. Hal ini disebabkan gencarnya pengiklanan mengenai rangka atap baja ringan yang menggantikan rangka kayu, yang notabene dari dahulu sudah menjadi bahan bangunan utama. Selain itu sekarang ini rangka kayu semakin mahal sehingga menggunakan rangka baja ringan menjadi salah satu alternatif pengganti rangka kayu.

Dengan menggunakan atap baja ringan akan mampu menopang beban berat yang ada di bagian atap rumah anda. Efisiensi waktu dalam proses pemasangan juga menjadi salah satu alasan sekarang ini banyak yang menggunakan kerangka atap baja ringan, mudahnya dalam pemasangan juga menjadi salah satu alasan yang mendasari penggunaan atap baja ringan kini semakin populer. Produk atap baja ringan yang baik memiliki sifat yang ramah lingkungan, hal ini disebabkan karena menggunakan material yang juga ramah lingkungan dan dapat mengurangi maraknya penebangan secara liar. (Rumah hunian minimalis menggunakan konstruksi atap datar)

Keuntungan Atap Datar Baja Ringan

Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari penggunaan atap baja ringan untuk hunian anda. Dengan menggunakan baja ringan untuk bangunan atap rumah anda, akan melindungi atap rumah dari serangan rayap dan juga karat yang dapat merusak struktur bangunan rumah anda.

Selain itu dengan menggunakan rangka atap baja ringan untuk bangunan rumah anda yang notabene tahan terhadap segala cuaca dan temperatur, baik temperatur tinggi maupun temperatur rendah akan lebih membuat bangunan rumah anda lebih tahan lama

Dengan menggunakan atap baja ringan akan mampu menopang beban berat yang ada di bagian atap rumah anda. Efisiensi waktu dalam proses pemasangan juga menjadi salah satu alasan sekarang ini banyak yang menggunakan kerangka atap baja ringan, mudahnya dalam pemasangan juga menjadi salah satu alasan yang mendasari penggunaan atap baja ringan kini semakin populer.

Produk atap baja ringan yang baik memiliki sifat yang ramah lingkungan, hal ini disebabkan karena menggunakan material yang juga ramah lingkungan dan dapat mengurangi maraknya penebangan secara liar. (Rumah hunian minimalis menggunakan konstruksi atap datar)

Kekurangan Atap Datar Baja Ringan

Pada setiap bahan dan barang jika memiliki kelebihan pasti juga memiliki kekurangan. Demikian pula dengan konstruksi atap baja ringan, ada beberapa kekurangan yang dimiliki, berikut adalah kekurangan dari rangka atap baja ringan:

Dalam membuat atap baja tidak bisa dilakukan dengan asal – asalan dan memerlukan gambaran kerja yang benar sehingga nantinya atap dapat dibangun dan berfungsi dengan baik.

Dalam memilih material perlu dilakukannya perhitungan struktur yang teliti dan kuat serta akurat. Hal ini dikarenakan, jika terjadi suatu kesalahan maka atap baja akan roboh dan tidak dapat digunakan.

Konstruksi baja termasuk kedalam golongan material bangunan yang cukup mahal jika dibandingkan dengan bahan bangunan yang lainnya. Akan tetapi sekarang ini dengan langkanya bahan kayu sehingga membuat bahan baja lebih murah jika dibandingkan dengan kayu, dan mulai banyak digunakan.

Apabila dilihat dari tampilannya, rangka atap baja tidak menarik dan perlu adanya platform atap untuk langit – langit rumah anda agar terlihat cantik dan indah.

Konstruksi baja tentunya tidak dijual secara bebas yang dimana saja ada, anda harus memesan kepada supplier rangka atap baja ringan yang juga menawarkan harga perencanaannya. (Rumah hunian minimalis menggunakan konstruksi atap datar)

Bahan Atap Datar

Apabila anda sudah menentukan desain atap yang anda inginkan, selanjutnya adalah memilih bahan yang digunakan untuk atap anda. berbagai pilihan bahan, warna, serta desain yang disediakan di pasaran akan semakin memudahkan anda dalam memilih desain atap yang anda inginkan. Dengan beragamnya pilihan yang disediakan oleh pasar, maka anda bisa menyesuaikan sesuai dengan selera anda dan juga dana yang anda miliki. Untuk hunian yang minimalis dan memiliki atap datar sebaiknya menggunakan bahan campuran.

Pada bagian tengah rumah minimalis, sebaiknya menggunakan bahan yang bisa melindungi penghuninya dari panasnya sinar matahari. Menggunakan asbes untuk bagian bawahnya merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan asbes dapat memberikan kesan sejuk dan juga nyaman di area dalam rumah. Selain itu dengan pemberian pembatas yang lebih tinggi pada atap rumah.

Untuk anda yang ingin membuat rangka atap baja ringan dengan mudah, cepat, dan juga hemat, sekarang ini banyak jasa kontraktor yang menyediakan jasa untuk pembangunan rumah anda. salah satunya adalah nikifour kontraktor. Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC Suryacipta, merupakan kontraktor terbaik yang menyediakan jasa kontraktor baja ringan maupun epoxy coating. (Rumah hunian minimalis menggunakan konstruksi atap datar)

Our Office and Workshop :

Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01/06, Kel. Tunggak- Jati
Kec. Karawang Barat, Karawang – Jawa Barat, Indonesia 41351
Telp : (0267) 8401784, (0267) 8632104, (0267) 8632105, – Fax: (0267) 8451587
Website : http://nikifour.co.id – Email : nf@nikifour.co.id

Rumah Hunian Minimalis Menggunakan Konstruksi Atap Datar

Save

Save

Save