Bahaya Sepatu Berhak Tinggi dan Cedera Lutut Permanen

Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang
Ternyata Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang
August 12, 2016
Riset pengembangan vaksin virus Influenza terbaru
Riset Pengembangan Vaksin Virus Influenza Terbaru
August 25, 2016

Apakah Anda adalah wanita yang suka mengenakan sepatu dengan hak tinggi? Ada resiko-nya lho. Ingin tahu tentang bahaya sepatu berhak tinggi dan cedera lutut permanen? Sepatu dengan hak tinggi merupakan pilihan fashion untuk banyak wanita di dunia. Akan tetapi, sebuah studi terbaru menunjukkan fakta bahwa mengenakan sepatu berhak tinggi lebih dari waktu yang lama dapat menyebabkan cedera permanen pada tubuh.

Studi tersebut dilakukan oleh Universitas Stanford Amerika Serikat. Sebuah tim riset biomotion (gerak biologis) melakukan test pada lutut beberapa wanita ketika mereka berjalan dengan sepatu berhak rata, sepatu dengan hak 33,8 cm, dan sepatu dengan hak 8,9 cm.

Bahaya sepatu berhak tinggi dan cidera lutut permanen

Hasil dari test lutut itu adalah peringatan bagi para wanita yang menggunakan hak tinggi bahwa mereka memiliki resiko cedera lutut yang permanent.

Para periset mengatakan bahwa hak tinggi membuat lutut jadi aneh karena dalam posisi terlipat dan membuat fungsi lutut aus dan menjadi engsel/sambungan antar tulang kaki yang rusak.

Tentu saja kondisi itu akan menyebabkan resiko dari kondisi osteoarthritis dan akan membawa lutut Anda ke meja operasi.

Koran Inggris Daily Express melaporkan dari survey terbaru baru terhadap seribu dua ratus (1200) wanita tentang betapa populer-nya penggunaan sepatu ber-hak tinggi.

93 % wanita merasa lebih cantik dan menarik serta lebih feminin dengan mengenakan hak tinggi. Sementara itu ada 88% yang merasa lebih bergaya dan 77 persen mengatakan mereka lebih terlihat ramping dengan menggunakan sepatu hak tinggi.

Banyak wanita memilih untuk mengabaikan peringatan kesehatan dan bahkan lebih baik sakit dan menyukai rasa tidak nyaman ketika mengenakan hak tinggi demi penampilan.

Seorang dokter Inggris Tim Allardyce mengatakan bahwa ia seringkali menangani para wanita dengan masalah yang disebabkan oleh sepatu ber-hak tinggi.

Menurut sang dokter bahwa sudut yang tidak normal dari pengaruh kaki yang terlipat akibat mengenakan sepatu hak tinggi akan meningkatkan tekanan ke bawah pada lutut sebanyak 25 persen. Dan itu menjadi tekanan yang berbahaya bagi tempurung lutut.

Info kesehatan tentang bahaya sepatu berhak tinggi dan cedera lutut permanen ini bersumber dari: