Bahaya Suplemen Diet untuk Kesehatan Tubuh Anda

Pekerja Kantoran Bisa Mati Muda Jika Tidak Olahraga 1 Jam Sehari
August 4, 2016
Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang
Ternyata Membaca Bikin Umur Sehat Lebih Panjang
August 12, 2016

Inilah bahaya suplemen diet untuk kesehatan tubuh Anda. Jutaan orang di seluruh dunia mengkonsumsi suplemen untuk membantu diet mereka. Mereka menggunakan suplemen tersebut dengan keyakinan bahwa suplemen diet tersebut bisa meningkatkan kesehatan mereka berkali-kali lipat.

Sebuah riset yang baru-baru ini diterbitkan malah meragukan manfaat dari bermacam pil dan tablet diet tersebut. Organisasi Consumer Reports (CR) atau semacam lembaga pengaduan konsumen di Amerika Serikat belum lama ini melaporkan ditemukannya resiko yang membahayakan kesehatan dari suplemen termasuk beberapa vitamin, probiotik, dan pil-pil penurun berat badan.

Bahaya Suplemen Diet untuk Kesehatan Tubuh Anda

Lembaga konsumen itu menyebutkan bahwa masalah utama dengan suplemen itu adalah sebagian besar belum dibuat kebijakan yang mengaturnya.

Ketika obat-obatan medis harus lulus uji keamanan dan keampuhan, suplemen diet ini agaknya luput dari pengawasan pemerintah di banyak negara.

Maka dengan demikian banyak sekali konsumen yang tidak mengetahui bahan-bahan kandungan suplemen dan bagaimana reaksi tubuh ketika menerima suplemen tersebut.

Adalah Lisa Gill, editor di lembaga pengaduan konsumen tersebut menjelaskan bahwa laporan tersebut menunjukkan betapa berbahaya suplemen-suplemen itu. Gill menambahkan bahwa suplemen tersebut bisa menyebabkan gagal liver, gagal ginjal yang bisa membutuhkan cangkok ginjal, dan serangan jantung.

Gill melanjutkan bahwa hanya karena suplemen itu bukanlah obat-obatan kimia maka itu aman, tentu itu tidaklah dibenarkan.

Gill menyarankan dengan sangat agar konsumen menghindari 15 kandungan umum yang biasanya ada di suplemen, di antarnya adalah ragi merah dan bubuk kafein. Ia mengingatkan konsumen agar berhati-hati karena telah ada kasus kematian terkait penggunaan suplemen itu.

Ia menyarankan agar konsumen berkonsultasi dengan dokter dan ahli farmasi terhadap suplemen yang dipilihnya. Perlakukan suplemen seperti obat yang memerlukan resep, sebab itu penting, sangat penting terhadap kesehatan Anda.

Demikianlah bahaya suplemen diet untuk kesehatan tubuh Anda. Kini berhati-hatilah dengan aneka suplemen kesehatan. Berkonsultasilah dengan dokter, dan tidak sembarangan mengkonsumsi dan menggunakan suplemen. Alih-alih menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh dan hidup Anda, malah Anda menjadi sakit.

Apakah Anda mencari suplemen diet dan suplemen kesehatan yang lulus sertifikasi badan POM Republik Indonesia?

Sumber: