Bangun pabrik di Karawang Toyota akan butuh 600 lowongan tenaga kerja baru

Bangun pabrik di Karawang Toyota akan butuh 600 lowongan tenaga kerja baru pada tahap awalnya. The Jakarta Globe menurunkan laporannya akhir Januari 2014 lalu bahwa Toyota Manufacturing Indonesia tengah merencanakan pembangunan sebuah pabrik baru yang akan memfokuskan pada perakitan mesin di Jawa Barat pada tahun ini dan akan membutuhkan lahan 150 hektar di Karawang Barat.

Direncanakan akan mulai beroperasi pada 2016 mendatang, kehadiran pabrik baru ini merupakan komitmen Toyota akan investasi di Indonesia.

Bangun pabrik di Karawang Toyota akan butuh 600 Lowongan

Bangun pabrik di Karawang Toyota akan butuh 600 Lowongan

Sementara itu, mengutip berita di harian online kompas, PT. Toyota Motor akan segera membangun pabrik barunya di Karawang. Hal tersebut terlihat dengan dilakukannya pemasangan tiang pancang pertama pada 25 Februari 2014.

Jika Honda pada tahun lalu telah memulai membangun pabriknya di Karawang, yang konon menyerap ribuan tenaga kerja baru, maka Toyota menargetkan pabrik keduanya ini akan menyerap tenaga kerja sebanyak 600 tenaga kerja baru pada tahap awalnya, pabrik mesin kedua Toyota ini memiliki kapasitas produksi 216.000 per tahun.

Dibangun di KJIE atau Karawang Jabar Industrial Estate, Karawang Engine Plant Toyota itu merupakan salah satu wujud komitmen investasi Toyota Rp 13 triliun yang telah tersepakati.

Dengan nilai total 2,3 triliun pabrik baru Toyota ini tentu saja menjadi fasilitas perakitan Toyota tambahan setelah sebelumnya Plant 1 dan Plant 2 yang telah dibangun dan telah beroperasional di salah satu kawasan indutri lainnya di Karawang, yaitu KIIC (Karawang International Indutrial City).

Republika merilis informasi jika Pabrik baru PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ini akan memproduksi mesin berbahan baku alumunium untuk kendaraan penumpang (passenger car).

Dengan pabrik baru ini diharapkan kandungan lokal di mobil passenger car mencapai 80 persen. Ini menjadi komitmen TMMIN dalam memproduksi kendaraan Toyota di Indonesia. Selain itu, pabrik baru ini menjadi wujud komitmen Toyota dalam memberikan kontribusinya pada masyarakat Indonesia melalui peningkatan aktivitas produksi, pendalaman industri otomotif, ekspor, distribusi serta layanan pelanggan di Indonesia.

Mengutip Vivanews , Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami pada Selasa 25 Februari 2014 saat acara pemancangan tiang pertama mengatakan bahwa Toyota juga selalu mengembangkan produk-produk yang melebihi ekspetasi pelanggan, seiring dengan semangat untuk berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan industri otomotif Indonesia. Harapannya pabrik mesin baru ini diharapkan dapat bersaing dan memiliki kualitas dengan standar international dengan berencana membuat mesin berbahan baku alumunium yang diperuntukkan bagi kendaraan penumpang, yang diharapkan kandungan lokalnya mencapai 80 persen.

Gambar dari: Kompas otomotive

14 Comments

  1. mohamad soleh says:

    cara melamarnya lewat mana pos atau email. terima kasih

  2. septia says:

    pendaftran dibukanya kapan?

  3. rijal says:

    kapan nh pendaftaran nya?

  4. ari ramdani says:

    Kalau mau ngelamar via mana?

  5. Aibnu says:

    maaf mau nanya lamaran yh sudah di buka apa blom yh?
    kpd yth pak/ibu manager personalia

  6. mumuh muhamad says:

    Kpd yth
    Ibu /bpa personalia
    Di
    Tempat
    Kpan mulai di buka lowganya /dn kpan pendftran calon krywan bru nya

  7. bagja rahmat salamet says:

    Yth.bapak/ibu d tempat
    Dengan prihal:pekerjaan
    Kapan bapak/ibu lowongan ini di buka saya ingin mengajukan pekerjaan di perusahan bapak atau ibu…terimakasih
    Harapan saya semoga ada harapan baik .amin

  8. bang kpn di buka pendaftarannya?

  9. nanang says:

    Udah di buka blm pendaptaranya

  10. lukman nur hakim says:

    sebagai drifer

  11. tulus sipahutar says:

    Kapan di buka loker nya

  12. tulus sipahutar says:

    YTH
    kph Bapa/ibu
    Di
    tempat
    Kapan dibuka loker nya

  13. Melda Wati Sidabariba says:

    Kep Yth: Bpk/Ibu personalia di tempat

    Kapan dibuka penerimaan karyawan baru
    Semoga ada harapan baik!

    Hormat saya
    Melda Wati Sidabariba

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.