Boneka Terbaik Untuk Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya

Salah Tangkap Dikira Teroris ISIS di Ohio Karena Islamophobia Donald Trumph
Salah Tangkap Dikira Teroris ISIS di Ohio Karena Islamophobia Donald Trumph
July 25, 2016
Boris Johnson Menteri Luar Negeri Inggris
Boris Johnson Menteri Luar Negeri Inggris yang Kontroversial
July 26, 2016

Boneka Terbaik Untuk Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya

Boneka Terbaik Untuk Kecelakaan Lalu Lintas

Perkenalkan Graham, boneka terbaik untuk kecelakaan lalu lintas jalan raya. Pernah mengalami kecelakaan di jalan raya, tabrakan mobil atau motor? Graham akan mengajarkan kepada kita semua tentang rapuhnya rubuh manusia terhadap kecelakaan jalanan dan pentingnya selalu memperbaiki sistem transportasi berupa jalan.

 

Berapa angka kecelakan rata-rata perharinya di Indonesia? Menurut Otomania ada 3 (tiga) orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

Sementara itu menurut Republika berdasar data WHO, Indonesia adalah negara dengan penigkatan kecelakaan lalu litnas tertinggi di dunia.

WHO merilis data Global status report on road safety untuk tahun 2015, secara global terjadi 1,25 juta orang mati karena lalu lintas kendaraan di jalanan. Faktor penyebanya banyak, mulai dari kekurang-sadaran akan safety, perilaku pengendara, hingga penegakan hukum.

Info grafisnya bisa dilihat sebagai berikut:

Boneka Terbaik Untuk Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya

Info Grafis WHO tentang Laka Lalin Tahun 2015

Sementara itu menurut Badan Intelijen Negara kita, BIN, kecelakan lalu lintas adalah pembunuh terbesar ketiga.

Belum lama ini sebuah organisasi di Australia menciptakan boneka model yang diklaim paling sempurna untuk bisa bertahan pada sebuah kecelakaan tabrakan mobil.

Graham TAC Australia - Boneka Terbaik Untuk Kecelakaan Lalu Lintas

Graham TAC Australia – Boneka Terbaik Untuk Kecelakaan Lalu Lintas

Komisi kecelakaan transportasi Australia yang disingkat TAC menyebut boneka ini dengan nama “Graham”. TAC yang menciptakan boneka patung sebagai model bernama Graham tersebut kemudian menyiarkan video untuk mengedukasi pengguna jalan tentang keselamatan berlalu-lintas.

Berikut videonya:

Meski Graham ini berbentuk seperti manusia, namun beberapa bagiannya membuatnya terlihat seperti tokoh dari film horor yang terlihat menakutkan.

Meski sebagai boneka terbaik untuk kecelakaan lalu lintas, BBC menyebut jika graham ini memiliki kepala berbentuk seperti sebongkah batu, kaki yang menjuntai menyerupai akar pohon dan dada seperti pemukul dinding yang berkeriput.

Juru bicara dari TAC mengatakan bahwa Graham didesain untuk mengetahui betapa lemah dan rapuhnya tubuh manusia ketika berada dalam situasi kecelakaan tabrakan mobil di jalanan.

TAC menugaskan seorang seniman bernama Patricia Paccinini untuk membuat model Graham. Paccinini bersama seorang ahli bedah ternama dan seorang ahli penyelidikan kecelakaan jalan raya kemudian menghadirkan Graham dengan bentuk tengkorak yang tebal, leher yang lebar, dada yang bisa mengempis seperti airbag dan kaki seperti tapal kuda sehingga memungkinkan Graham melompat keluar ketika terjadi situasi yang membahayakan.

Kepala eksekutif TAC Joe Calafiore menjelaskan kenapa institusinya menciptakan Graham sebagai alat edukasi, ia mengatakan bahwa kendaraan telah banyak berevolusi, lebih cepat dari manusia, dan Graham akan membantu kita memahami agar selalu memperbaiki setiap aspek dari sistem jalan kita untuk melindungi kita dari kesalahan yang kita lakukan sendiri.

Sumber: