Cara Atasi Rasa Mual di Pagi Hari ketika Puasa

Bee Pollen Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya
July 4, 2009
Komposisi Teh Mahkota Dewa Salama Nusantara
Komposisi Teh Mahkota Dewa Salama Nusantara Kulon Progo Yogyakarta
June 26, 2012

Bagaimana cara atasi rasa mual di pagi hari ketika puasa? Apakah anda merasa lambung dan perut anda tidak bersahabat pada pagi hari ketika puasa? Anda mungkin merasa biasa saja ketika makan sahur dan setelah sholat subuh, tidur kembali adalah pilihan kebanyakan  anda setelah sholat subuh.

Tulisan ini diperuntukkan bagi anda sebagai tips atasi rasa mual di pagi hari ketika puasa. Ketika bangun dan bersiap untuk aktivitas kerja, apakah anda merasakan segar bugar? Sebagian besar anda pasti menjawab tidak. Itu wajar, apalagi di awal-awal ramadhan di mana hormon tubuh tengah beradaptasi dengan perilaku makan yang baru.

Cara atasi rasa mual di pagi hari ketika puasa

cara atasi rasa mual di pagi hari ketika puasa

Namun jika hal tersebut tidak segera hilang dalam 3 hari pertama, atau selama ramadhan anda tersiksa dengan rasa mual, nek, ingin muntah dan bermacam ketidak-nyamanan akibat lambung, anda perlu merubah cara dan menu sahur. Setidaknya itu yang saya alami, jika anda tidak merasa memiliki pengalaman yang sama, anda tidak harus membaca tulisan ini sampai selesai.

Minum Teh Pahit Mengurangi Mual Saat Puasa

Cukup segelas teh tubruk pahit di akhir menu sahur, demikian nasihat seorang sahabat saya via telepon, suatu siang tatkala saya tengah berharap kepayahan sakit saat itu menjadi penghapus banyak kesalahan saya.

“Silahkan berbuka dengan menu yang manis, tapi tutup menu sahur dengan segelas teh tubruk tanpa gula” Lanjutnya.

Pagi hari pertama saya coba tipsnya, saya hampir bisa melompat dengan bugar ketika bidadari kecil membangunkan saya karena minta diantar ke sekolah TK.

Rasanya pahit mirip jamu ketika saya menyeruput teh tubruk favorit saya meski tanpa gula. Weks.. hampi menyembur keluar lagi jika saja tidak mengingat ketidaknyamannya lambung kelak paginya.

Mengapa Mual Saat Puasa

Akhirnya saya hampir bisa menyimpulkan bahwa rasa mual di perut pada pagi hari karena asam lambung yg terlalu banyak keluar ketika perut mencerna makanan menyisakan gas yang berlebih. Aktivitas tidur dalam kondisi kenyang menyebabkan kinerja lambung menjadi maksimal. Lalu bangun kembali ketika lambung masih bekerja menyebabkan ketidak-seimbangan.

Apa hubungannya dengan teh pahit di akhir menu sahur? Kemungkinan besar kandungan teh berhasil menetralisir asam dan mengikat gas dalam lambung. Setidaknya demikian. Masuk akal kan? Apapun, yang penting kini saya bisa berpagi dalam kondisi shaum yang bugar.

Anda punya tips lain? Saya akan senang menyimaknya.

Tentang Artikel Ini

  • Artikel ini adalah tentang tips atasi rasa mual di pagi hari ketika puasa. Tulisan seputar tips kesehatan puasa di bulan Ramadhan ini dibuat pada tahun 2009.
  • Terima kasih telah mampir di blog masbadar ini. Jika anda membaca tulisan ini, kemungkinan mesin pencari telah mengarahkan anda dengan kata kunci: mengatasi mual saat puasa. Juga dengan kata kunci mual dan sakit perut di pagi saat puasa. Mengatasi mual saat sahur. Mual setelah sahur dan puasa perut mual serta menghilangkan mual saat puasa. penyebab perut mual saat berpuasa dan  mengatasi mual di pagi hari saat puasa. Cara mengatasi mual saat puasa dan sebab rasa mual saat puasa.

Update: 2016

Tips atasi rasa mual di pagi hari ketika puasa ini masih manjur dan ampuh untuk Anda terapkan. Saya masih minum teh tubruk sebagai penutup menu sahur.

Hari ini 1 Ramadhan 1437 di tanggal 6 Juni 2016, bidadari kecil saya sudah kelas 6 SD, sudah bangun sendiri tanpa di-alarmkan, dan sudah bisa mempersiapkan hidangan sahur untuk kami sekeluarga. Saya kini menggunakan teh tubruk mahkota dewa dari product Salama Nusantara. Alhamdulillah, sekaligus menjadi penambah stamina dan pencegah banyak penyakit dalam. Silahkan mencoba.