Tutorial Cara Aman Selamatkan Android dari Virus Nakal
February 23, 2015
Cara Menonton Youtube Secara Offline di Hape Android
February 28, 2015

Cara Baru Melacak Smartphone Android Hilang Melalui Baterai

Cara Baru Melacak Smartphone Android Hilang. Lacak melacak ponsel Android yang hilang kini semakin canggih unik dan mudah. Inilah cara baru melacak smartphone Android hilang melalui baterai. Bicara mengenai melacak ponsel pintar yang hilang, mungkin hal pertama yang terlintas dalam benak kita adalah dengan melacak sinyal GPS atau koneksi seluler. Tetapi, penemuan baru dari tim penelitian universitas Stanford, smartphone Android ternyata selain bisa dilacak menggunakan GPS masih bisa dilacak lewat cara lain, yaitu pemakaian baterai.

Cara baru dengan model melacak menggunakan baterai ini dilakukan dengan cara pola pemakaian baterai smartphone. Semakin jauh ponsel dari menara BTS, pemakaian baterai akan makin tinggi disebabkan karena sinyal seluler melemah.

Cara Baru Melacak Smartphone Android Hilang

Cara Baru Melacak Smartphone Android Hilang

Cara lain itu, seperti obyek yang menghalangi penetrasi sinyal dan pemakaian baterai akibat kegiatan tertentu bisa turut dihitung dengan memakai algoritma khusus. Para peneliti dari universitas Stanford kemudian menciptakan sebuah aplikasi yang khusus ditujukan untuk melacak lokasi ponsel dengan cara tersebut. Mereka mengklaim jika aplikasi yang ini tak memiliki akses ke GPS ataupun fasilitas pelacak lainnya seperti Wi-Fi dan sinyal seluler.

Para peneliti dengan aplikasi tersebut hanya butuh izin (permission) untuk memakai koneksi jaringan dan permission untuk mengakses data penggunaan baterai. Dua jenis permission itu merupakan hal umum diminta oleh aplikasi-aplikasi Android. Tentu saja permission-permission itu bukan hal yang mencurigakan. Di toko online aplikasi Play Store, contohnya,  sekitar 179 aplikasi yang meminta akses ke dua hal tersebut.

Aktivitas misalnya melakukan panggilan telepon, membuka peta ataupun media sosial akan mempengaruhi pemakaian baterai. Akan tetapi, program yang bersangkutan sanggup menyaring aneka faktor lain dan menghasilkan penghitungan yang lebih akurat.

“Setelah beberapa lama mengukur (dalam hitungan menit), algoritma program mampu ‘menembus’ gangguan-gangguan itu,” kata tim peneliti.

Menjawab penelitian ini, pakar keamanan cyber dari Universitas Surrey,  Profesor Alan Woodward menganggap analisa baterai menyediakan satu cara pelacakan lagi yang berpotensi mengganggu privasi pengguna smartphone.

Disisi lain,  ponsel berteknologi canggih sekalipun memiliki berbagai cara untuk yang bisa dipakai untuk mengetahui posisi, contoh dengan aneka sensor seperti giroskop, mikrofon, dan kamera, yang lebih umum disasar untuk keperluan tersebut.

Adalah tepat jika Woodward pada akhirnya mengatakan jika kita para pengguna smartphone sedang mendekati zaman di mana satu-satunya cara aman memakai ponsel adalah dengan mencopot baterainya. Meski tidak semua smartphone memungkinkan Anda melakukan hal tersebut. (Indra/https://www.bbc.co.uk/news/technology-31587621)