Social media yang bisa bikin penjualan kamu meningkat drastis
4 Social Media Yang Bisa Bikin Penjualan Kamu Meningkat Drastis
December 2, 2016

Cara Bermedia Sosial yang Baik agar Jadi Netizen yang Bijak

Cara Bermedia Sosial yang Baik agar Jadi Netizen yang Bijak

Bagaimana cara bermedia sosial yang baik agar jadi netizen yang bijak? Yuk simak postingan terbaru dari masbadar sebagai bagian dari partisipasi membangun internet positif.

Pisau bermata dua, itulah gambaran media sosial belakangan ini. Media yang awalnya digunakan untuk menjalin pertemanan dan memperluas lingkaran pergaulan dan pengetahuan, sekarang sudah banyak beralih fungsi menjadi banyak hal yang tidak semuanya positif.

Cara Bermedia Sosial yang Baik agar Jadi Netizen yang Bijak

source: pexels.com

Tidak sedikit kasus bullying, pelecehan, pencemaran nama baik, penyebaran fitnah, tindak kejahatan, penipuan dan banyak hal negatif lain terjadi di media sosial. Meski ada banyak hal positif, namun hal-hal negatif ini sebaiknya diminimalisir dan itu harus dimulai dari diri kita sendiri.

6 Cara Bermedia Sosial yang Baik agar Jadi Netizen yang Bijak

1. Bijak Membagi Info Pribadi

Media sosial memang bertujuan menjaring pertemanan yang lebih luas. Namun bukan berarti kamu bisa membagi informasi pribadi secara detail di medsos. Batasi info dirimu sendiri sebaik mungkin agar tidak menjadi korban tidak kejahatan yang tak diinginkan.

Data pribadi kamu seperti tanggal lahir, nama ibu kandung, tempat lahir, nomor kartu identitas, alamat tempat tinggal dan data pribadi lainnya bisa dimanfaatkan orang lain dengan tujuan jahat. Jaga diri kamu sendiri dengan tidak menyebarkannya begitu saja.

Cara Bermedia Sosial yang Baik agar Jadi Netizen yang Bijak

source: mediabistro.com

2. Bijak Memilih Teman

Memperluas pergaulan bukan berarti kamu bisa langsung percaya begitu saja kepada kenalan baru di dunia maya. Bijaklah memilih teman, tak perlu menerima semua ajakan pertemanan hanya demi eksis di dunia maya.

3. Bijak Memilah Informasi

Ada banyak hoax yang beredar di dunia maya, dan kamu adalah penyaring utama dari semua informasi yang diterima. Tidak semua tulisan yang ada di media sosial itu benar adanya. Sebelum bereaksi atas sebuah berita dan informasi, selalu lakukan cek dan ricek terlebih dahulu ke sumber-sumber lain.

Tak perlu sayang dengan kuota untuk cek informasi tambahan. Dengan internetan kenceng pakai paket XL, kuota datamu nggak akan tersedot hanya untuk mencari kebenaran sebuah berita.

Cara Bermedia Sosial yang Baik agar Jadi Netizen yang Bijak

source: @beacukaiRI

4. Bijak Membagi Informasi

Kebanyakan informasi dan berita yang simpang siur berasal dari tombol share yang dipergunakan secara brutal. Kadang tanpa cek ricek, sebuah berita langsung dibagikan ke pengguna lain dan dalam waktu singkat menjadi viral.

Karena itu, selain bijak memilah informasi yang masuk, kamu juga harus bijak membagikannya ke orang lain. Sekali lagi, paket internet XLmu pasti nggak akan langsung habis hanya untuk cek kebenaran sebuah berita. Dan jangan pelit kuota paket internet XL untuk membagikan kabar yang benar-benar penting untuk diketahui khalayak ramai.

Cara Bermedia Sosial yang Baik agar Jadi Netizen yang Bijak

source: kkomando.com

5. Bijak Menulis Status

Sebelum mengunggah status yang di media sosial, cek dulu apakah tulisanmu berpotensi menyinggung orang lain, menyakiti hati orang lain atau mengandung kalimat negatif. Tidak hanya di dunia nyata, sopan santun pun harus diterapkan di dunia maya.

Dengan kalimat yang baik, saling menghormati dan bertoleransi serta tidak egois, kamu akan membuat dunia maya jadi tempat yang lebih menyenangkan. Santun, santund an santun adalah salah satu cara bermedia sosial yang baik agar Jadi netizen yang bijak di mana santun dan berbudi luhur akan membuatmu disegani pengguna lain, dan juga membuat akun medsosmu lebih nyaman untuk berinteraksi. Apalagi pengguna media sosial tak hanya orang dewasa, ada anak-anak dan remaja. Kamu tentu senang bila dijadikan panutan oleh mereka.

6. Akunmu Adalah Pencitraanmu

Dari media sosial milikmu, seperti apa karaktermu bisa terbaca dengan mudah. Bagikan hal-hal positif, berkomentar dengan kalimat yang baik, membagikan informasi yang benar, adalah langkah mudah untuk membuat citramu baik di media sosial.

Itulah beberapa hal penting sebagai cara bermedia sosial yang baik agar Jadi netizen yang bijak. Pastikan citramu di dunia maya sama seperti kehidupanmu di dunia nyata. Jadilah dirimu sendiri, dan tidak perlu mencitrakan diri jadi orang lain. Tegak menjadi dirimu sendiri, tidak terbawa arus di dunia maya yang kadang melenakan.