Cara Menabung untuk Milineal yang Efektif dan Mudah

Cara Menabung untuk Milineal yang Efektif dan Mudah

Generasi milenial dihadapkan pada era keuangan modern yang sangat memudahkan untuk boros,konsumtif bahkan untuk hal-hal yang tidak primer. Tentu ini ancaman masa depan finansial mereka. Olehkarena itu berikut ini kami bagiakan cara menabung untuk milineal yang efektif dan mudah.

Di era milineal, godaan untuk hidup bersenang-senang semakin tinggi. Seringkali hal itu membuat generasi muda lupa akan pentingnya menabung. Padahal, menabung adalah jalan terbaik untuk mempersiapkan masa depan. Oleh karena itu, seseorang perlu memahami cara menabung untuk milineal yang efektif.

Kebiasaan menabung harus dibangun sejak sekarang. Jika Anda belum terbiasa, maka saatnya memaksa diri untuk menyisihkan sebagian uang demi masa depan.

Trik Jitu Menabung yang Efektif di Era Milineal

Dikutip dari Duwitmu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kebiasaan menabung. Berikut adalah beberapa cara sederhana agar Anda bisa menabung setiap bulannya:

1. Belajar Hidup Sederhana

Agar tidak terjerumus kepada kehidupan berfoya-foya yang cenderung menghabiskan uang, seseorang perlu belajar hidup sederhana. Hidup sederhana menunjukkan sikap, penampilan dan gaya apa adanya. Mulai dari cara berpakaian, kebiasaan makan dan banyak lagi yang lainnya.

Hindari sikap sombong atau keinginan untuk menunjukkan diri bahwa Anda kaya. Itulah yang akan menghambat kebiasaan menabung karena uang yang dimiliki cenderung digunakan untuk bergaya.

2. Belanja Sesuai Kebutuhan

Kebiasaan belanja juga harus diatur dengan baik agar seseorang bisa menyisihkan uang untuk menabung. Hindari belanja barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Tidak perlu gengsi atau termakan oleh trend karena itu tidak akan ada habisnya jika diikuti.

Untuk menyiasatinya, usahakan membuat daftar belanja wajib bulanan dan jangan sampai membeli di luar itu. Barang-barang yang dibeli pun tidak harus mahal. Sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

3. Bawalah Bekal Ketika Kerja atau Kuliah

Agar sebagian uang bisa ditabung, alangkah baiknya Anda membawa bekal setiap hari. Baik itu saat kuliah ataupun kerja. Dibandingkan dengan membeli makanan di luar, membawa bekal terbilang lebih hemat. Bahkan, bisa dua kali lipat harganya.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Penghasilan tambahan adalah cara menabung untuk milineal yang efektif dan ampuh untuk diterapkan saat ini. Jika sudah bekerja penuh waktu, penghasilan tambahan tersebut bisa Anda lakukan dengan menjadi pengusaha freelance.

Keuntungan yang diperoleh dari penghasilan tambahan itu bisa disisihkan untuk ditabung. Semakin banyak penghasilan yang didapatkan, maka semakin banyak pula tabungan Anda. Di antara contoh kerjaan sampingan yang recommended untuk dicoba adalah menjadi reseller online atau penulis lepas.

5. Kumpulkan Uang Kembalian

Meskipun terlihat kecil, namun mengumpulkan uang kembalian juga bisa dijadikan sarana menabung yang efektif. Bayangkan jika semua uang kembalian Anda selama satu tahun terkumpul, tentu nominalnya cukup banyak dan bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Oleh karena itu, berapapun nominal kembalian yang diperoleh saat belanja, usahakan mengumpulkan dan menyimpannya sebagai tabungan.

6. Tentukan Berapa Persen Anda Harus Menabung Setiap Bulannya

Tips menabung ala milineal lainnya yang tidak kalah efektif adalah menentukan skala prioritas tabungan. Caranya dengan membuat perjanjian berapa nominal atau persen dari penghasilan bulanan yang harus masuk tabungan. Setelah itu, baru bisa menggunakan uang sisa untuk memenuhi keinginan pribadi.

Cara menerapkan tips ini adalah dengan membuat daftar kebutuhan pokok bulanan. Kemudian menyisihkan uang sesuai jumlah yang Anda mampu dan sepakati untuk ditabung. Setelah itu, baru sisanya bebas digunakan untuk apa saja, misalnya shoping; jalan-jalan; nonton dan sebagainya.

Untuk menciptakan kebiasaan menabung, Anda harus memaksa diri dengan menerapkan cara menabung untuk milineal yang efektif di atas. Lama kelamaan jika sudah terbiasa akan terasa mudah. Anda akan kaya dengan tabungan yang ada. Keuangan juga akan semakin tertata.

Leave a Reply

Butuh bantuan Download dan Info Lengkap?