Tips Rumah Idaman Sehat Bahkan di Musim Penghujan
January 5, 2013
Kunci Sukses dalam Membangun Rumah Idaman
January 6, 2013

Bagaimana cara menekan biaya pembangunan rumah idaman? Setiap orang yang menginginkan rumah idaman bisa dipastikan menginginkan biaya yang lebih rendah berapapun anggaran pembangunan mereka. Akan tetapi, memotong biaya pembangunan rumah bukan berarti dengan cara mengurangi hal-hal esensial yang dibutuhkan untuk membuat rumah menjadi aman dan nyaman untuk ditinggali.

Disadari atau tidak, ada banyak hal-hal sederhana yang bisa jadi tidak anda perhatikan saat proses pembangunan rumah dilaksanakan, namun ternyata menyumbang banyak terhadap pengeluaran untuk pembangunan.

Cara Menekan Biaya Pembangunan Rumah Idaman

Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi biaya pembangunan rumah:

1. Lahan Area

Persiapkan lahan yang datar dan strategis serta berada dekat di lingkungan pemukiman. Lahan seperti ini biasanya lebih murah dan tidak memerlukan biaya ekstra untuk kerja tambahan yang dibutuhkan untuk membuka lahan, misalnya membersihkan pohon dan semak-semak, meratakan tanah atau menghancurkan batu besar.

2. Desain Rumah

Pastikan desain rumah anda tidak memiliki terlalu banyak sudut dan lekukan yang tidak berguna. Tetaplah berpegang pada bentuk dasar rumah yang sesederhana mungkin untuk mengurangi biaya material.

3. Ukuran Rumah

Untuk rumah berukuran besar, anda bisa membangunnya menjadi dua lantai alih-alih melebar. Hal ini akan mengurangi jumlah material yang dibutuhkan untuk fondasi dan atap.

4. Area Strategis

Pastikan rumah anda berada di area yang mudah diakses kendaraan, termasuk kendaraan pengangkut material. Hal ini dapat memperkecil pengeluaran untuk jasa angkut.

5. Material dan Cat

Pilihlah material dan cat yang berkualitas baik. Walau sedikit mahal, pengeluaran ini dapat menjadi solusi masalah rumah di musim hujan serta memperkecil biaya perbaikan dan renovasi.

6. Biaya Tak Terduga

Siapkan biaya tak terduga minimal 10% dari biaya pembangunan rumah. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi perubahan yang harus dilakukan dan menuntut biaya ekstra.

Untuk menghindari pembengkakan biaya aktual saat pembangunan rumah, jangan lupa memerhitungkan faktor inflasi, terutama jika rencana anda membangun rumah baru akan terealisasi beberapa tahun ke depan. Untuk mengkalkulasi biaya pembangunan rumah sembari memerhitungkan inflasi, buat patokan biayanya dari rumah yang dibangun paling tidak enam bulan sebelum dimulainya pembangunan rumah idaman anda.