Cara Mengaplikasikan Epoxy Lantai atau Epoxy Flooring Bagaimanakah?

Epoxy Lantai Agar Rumah Lebih Baik
Epoxy Lantai Agar Rumah Lebih Baik dan Lantai Awet Tahan Lama
July 20, 2016
Aplikasi Cat Epoxy Coating Lantai dan Cara Menentukan Ketebalannya
Aplikasi Cat Epoxy Coating Lantai dan Cara Menentukan Ketebalannya
August 16, 2016

Cara Mengaplikasikan Epoxy Lantai atau Epoxy Flooring Bagaimanakah?

Cara Mengaplikasikan Epoxy Lantai atau Epoxy Flooring

Cara mengaplikasikan epoxy lantai atau epoxy flooring bagaimanakah?. Apakah Anda sedang mencari kontraktor untuk jasa epoxy lantai atau epoxy flooring? Kami merekomendasikan PT Nikifour Karawang. Perusahaan ini berpengalaman dalam mengerjakan dan mengaplikasikan Epoxy Flooring atau Epoxy Lantai sesuai kebutuhan Anda. Hubungi telpon: (0267) 8632104 – 8632105 atau faksimile: (0267) 8451587. Kunjungi website Nikifour: https://nikifour.co.id.

Sebagai pengetahuan dasar, apakah aplikasi epoxy flooring atau epoxy lantai yang dimaksud dalam informasi ini? epoxy flooring atau epoxy lantai adalah memasang atau menerapkan pengecatan epoxy pada lantai, terutama lantai beton.

Cat epoxy yang merupakan cat khusus ini memiliki 2 komponen utama yaitu resin sebagai cat epoxy serta hardener atau zat pengeras. Dua komponen itu nantinya dicampur dengan teknik terbaik oleh para profesional dari Nikifour lalu diaplikasikan atau dilapiskan pada lantai beton Anda.

Setelah nantinya kering maka cat epoxy yang telah dilapiskan itu akan membentuk lapisan keras dengan tekstur glossy yang indah serta anti air dan tahan bahan kimia.

Cara Mengaplikasikan Epoxy Lantai atau Epoxy Flooring

Epoxy flooring atau epoxy lantai berfungsi untuk menjadi lapisan yang mudah dibersihkan dan menampilkan keindahan pada lantai. Ruang-ruang yang membutuhkan lantai selalu bersih dan tampil indah biasanya pada ruang-ruang tertutup seperti garasi, lorong rumah sakit, ruangan lab, showroom, lantai di studio TV, ruang produksi di pabrik-pabrik, gudang, dan sebagainya.

Cara Mengaplikasikan Epoxy Lantai atau Epoxy Flooring

Secara mendasar pada umumnya berikut inilah para profesional di Nikifour Karawang akan menyulap lantai di ruang pilihan Anda menjadi indah, bersih dan berkarakter sesuai pilihan Anda dengan Epoxy. Inilah cara mengaplikasikan epoxy lantai atau epoxy flooring.

1. Lantai dasar beton Anda harus memiliki kuat tekan setidaknya 225 kilo gram per senti meter persegi. Lantai pada ruangan anda yang akan dilapisi epoxy juga harus miliki tulangan yang sesuai dengan desain yang dibuat oleh perencana struktur.

2. Lantai beton yang akan dilapisi epoxy itu nantinya tidak akan mengalami penurunan sedikitpun ketika menerima beban. Jika terjadi penurunan sedikit, kaka lapisan epoxy akan retak atau gagal.

3. Usia lantai beton Anda setidaknya sudah melewati 1 bulan serta memiliki kelembaban maksimal 80 persen RH sebelum proses epoxy flooring atau epoxy lantai dimulai.

4. Jika lantai Anda menempel tepat diatas tanah, maka diperlukan pelapisan untuk menghalangi uap air. Lapisan penghalan atau sering dikenal dengan istilah water vapor barrier ini biasanya berupa lembaran dari bahan bitumen tipis dengan lapisan plastik polyethylene.

5. Untuk menghasilkan pelapisan epoxy yang sempurna, saat pengecoran lantai beton Anda harus dilakukan leveling / perataan dengan perangkat yang sesuai seperti jidar getar atau jidar manual. Selain itu ketinggian harus diperhatikan dengan cermat menggunakan alat ukur seperti theodolite atau dengan alat ukur sistem laser untuk menghasilkan ukuran yang baik, kerataan yang sempurna, kehalusan yang maksimal serta ketinggian lantai yang sesuai dengan perencanaan.

6. Pastikan permukaan lantai yang akan dilapisi epoxy adalah permukaan lantai yang halus, tidak kasar dan tidak pula bergelombang.

7. Jika diperlukan karena lantai kasar dan bergelombang, maka akan dilakukan pengupasan dengan grit blasting, water-jetting, diamondize scrubber atau blastarc. Hal ini terutama sekali untuk membersihkan lantai dari kontaminasi semen yang tumpah, kotoran yang telah mengering dan membatu serta lainnya.

8. Untuk lantai dengan kotoran tumpahan minyak, oli maupun pasta, bisa dibersihkan dengan air dan sabun.

9. Diperlukan pengeringan setidaknya selama 48 jam sebelum pelapisan epoxy flooring atau epoxy lantai dimulai. Jika perlu maka para pekerja epoxy Nikifour akan menggunakan blower atau kipas angin raksasa untuk membantu pengeringan pada lantai basah atau lembab.

10. Pekerja dari Nikifour juga akan memastikan lantai Anda bersih dari debu, jika diperlukan alat vacuum cleaner akan digunakan untuk menyedot debu.

11. Pada proses pertama jika lantai telah memenuhi syarat -syarat di atas, maka lantai akan dilapisi dengan Epoxy Primer terlebih dulu. Nikifour akan menggunakan roller atau penyemprot bertekanan pada pekerjaan pertama ini.

12. Setelah pelapisan primer selesai, 12 jam diperlukan untuk menunggu lapisan ini kering sebelum dilapisi lagi.

13. Selanjutnya adalah tahapan lapisan epoxy dasar, epoxy body dan epoxy atas, pada setiap lapisan selalu dilakukan proses sending dan cleaning.

14. Pada setiap proses pelapisan, apabila menggunakan roller, maka Nikifour sebagai perusahaan kontraktor epoxy flooring atau epoxy lantai berpengalaman akan menggunakan roller yang baik untuk menghindari kerontokan.

15. Proses pelapisan dilakukan dengan arah bersilangan, setiap pelapisan dilakukan 2 kali.

16. Ketika proes pelapisan, pekerja Epoxy Coating Nikifour akan memperhatikan kebersihan lantai. Mereka akan menjauhkan lantai dari kotoran seperti debu serta serangga. Pelapisan akan ditimpakan kembali jika jika ditemuka adanya kotoran debu dna serangga seperti nyamuk, laron, semut dll menempel pada lapisan epoxy.

17. Biasanya jendela dan pintu dibuka selama proses pelapisan epoxy, hal ini untuk keselamatan pekerja tentunya.

18. Nikifour melarang pekerja merokok ketika pekerjaan pencampuran hingga selesainya pelapisan epoxy.

19. Siapapun dan apapun akan dicegah melewati lapisan epoxy selama 13 jam.

20. Mungkin setelah 12 jam lantai lapisan epoxy boleh dites injak dengan hati-hati. Jika Anda pemilik lantai ingin mencobanya, maka jangan menggunakan sepatu terutama sepatu ber-sol tajam atau ber-sol keras.

21. Pekerja pelapisan Eoxy tidak akan menggunakan sepatu kecuali alas kaki lunak ketika melakukan pekerjaan pelapisan epoxy flooring.

23. Lapisan epoxy bisa dilalui oleh bebas berat seperti forklift, gerobak, hand-pallet atau lainnya setelah 7 hari atau lebih dari pelapisan terakhir.

Demikianlah setidaknya gambaran cara mengaplikasikan epoxy lantai atau epoxy flooring sebagai bentuk penyesuaian tuntutan teknologi terhadap solusi kebersihan, sanitasi dan hygienists yang maksimal.

Pelapisan epoxy flooring atau epoxy lantai akan menghadirkan lantai yang nyaman, kuat dan indah untuk keselamatan bagi penghuni ruangan baik di area personal seperti rumah dan garasi atau area kerja seperti rumah sakit dan industri pabrik.

Nikifour Karawang selalu mengedepankan efektivitas dan reliability pada setiap proyek pelapisan epoxy lantai atau epoxy flooring. Karenanya hubungi Nikifour segera untuk diskusi kebutuhan lapisan epoxy flooring atau epoxy lantai ruangan kesayangan Anda.

Semoga informasi cara mengaplikasikan epoxy lantai atau epoxy flooring di atas menjadi referensi Anda.