Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Website

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Website

Ingin tahu cara mengetahui jumlah pengunjung website? Sudah lama sekali saya tidak menulis tentang website. Kini terkait pasca update algoritma Google baik Google Pinguin maupun Google Panda, dan saya bersyukur atas impact positif yang dialami kedua website saya; masbadar.com ini dan ayuprint.co.id.

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Website

Tentang traffic atau lalu lintas pengunjung, hal itu adalah tujuan hampir semua website. Semakin banyak pengunjung maka semakin popular, semakin popular tentu adalah semakin besar peluang untuk dikonversikan ke dalam transaksi bisnis dan pendapatan.

Bagi anda yang baru berkecimpung di dunia webmaster, anda harus tahu sedikit-banyak tentang perangkat / tool yang bisa digunakan untuk mengetahui dan menganalisa jumlah traffic pengakses website anda secara berkala.

Maka inilah 4 cara mengetahui jumlah pengunjung website.

1. Alexa

Alexa Internet, Inc. adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web.

Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar. Toolbar yang diciptakan oleh Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, dimana data-data tersebut disimpan dan di analisa, sehingga menjadi dasar dari laporan web traffic yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya. Situs web Alexa sendiri hingga pada tahun 2014 ini memiliki traffic kunjungan lebih dari 8,8 juta setiap bulannya.

Alexa melacak statistik untuk semua orang yang memiliki Alexa toolbar di-install pada browser mereka, yang menyumbang kurang dari 1 % dari pengguna internet. Meskipun tidaklah 100 persen akurat, akan tetapi lumayan cukup memberi Anda gambaran kasar tentang popularitas sebuah website.

Bagaimana caranya?

2. Compete

Compete hampir mirip seperti Alexa, hanya saja Compete mendapatkan data statistik dari berbagai sumber yang hanya berbasis di Amerika Serikat. Menurut profil yang tercantum di website mereka, Compete memberikan kecerdasan digital yang membantu merek top dunia meningkatkan pemasaran mereka berdasarkan perilaku online jutaan konsumen.

Produk dan jasa dari Compete di-tenagai oleh integrasi besar-besaran secara online perilaku konsumen dan survei panel di industri. Wawasan digital di-interpretasikan oleh para ahli analisis di otomotif, jasa keuangan, media, mobile, online, retail, telekomunikasi dan wisata pasar untuk memberikan data dan rekomendasi untuk menciptakan pengalaman online yang efektif dan kampanye iklan yang profitable.

Beberapa webmaster yang telah menggunakan layanan Compete.com tersebut dan memeriksa web mereka pada fitur Income Diary, nampak jika jumlah statistik Pengunjung Unik lebih sedikit dari traffic yang sebenarnya.

3. Google Trends for Websites

Google Trends for Websites merupakan perangkat serupa seperti Alexa dan Compete. Tool ini adalah tentu saja sesuai namanya, dimiliki memang oleh Google. Tidak perlu diragukan lagi tingkat ke-akuratannya.

Perbedaan paling mencolok dibanding 2 tool online lainnya adalah berupa sebuah garis grafik tanpa di-ribetkan dengan angka-angka yang mewakili jumlah trafik unik harian.

Mungkin hitungannya tidak diberikan benar-benar secara riil oleh Google tapi perangkat ini tetap terbaik jika di komparasikan dari berbagai sisi.

Kabar buruk dari perangkat besutan google ini adalah bagi anda pemilik situs-situs kecil. Jika website anda tidak menghasilkan ratusan ribu traffic kunjungan setiap bulannya, jangan harap mendapatkan data trafik anda muncul di sana.

4. FeedCompare.com

Ini adalah alat hampir rapi yang memungkinkan Anda untuk melihat berapa banyak RSS pelanggan sebuah situs web memiliki selama mereka menggunakan FeedBurner.

  • Langkah 1: Cari ID FeedBurner untuk blog Anda yang akan anda periksa:
  • Kebanyakan situs harus mengambil link langsung ke mereka RSS feed pada Feedburner.
  • Cari ikon berwarna oranye.

Demikianlah setidaknya sekilas inf tentang 4 cara mengetahui jumlah pengunjung website.

36 Comments

  1. pojokshare says:

    ketika menggunakan alexa saya tidak menemukan jumlah pengunjung blog saya berapa. kira2 info mengenai jumlah pengunjung letaknya di mana

  2. wahyu hidayat says:

    artikelnya bagus gan terima kesih

  3. nice info tp aq buka google trend kok indonesia ga ada ya?

  4. Blog Info says:

    Bagaimana dengan tools yang lainnya semaca Histats, WhoseamungUs dll ?? Apakah masih valid untuk dipergunakan sebagai acuan ?

    • masbadar says:

      Saya juga menggunakan Histats, kabar terakhir yg sy baca; salah satu scriptnya terinjeksi malware. Padahal lebih praktis bagi pemula dan mereka yg butuh data analytic cepat. whoseamungus dulu sy pernah juga, tapi sepertinya masih lebih baik histats. Saran saya untuk data yg lebih kompleks dan akurat, ya gunakan google analytics.

  5. Alhamdulillah, terimakasih gan atas informasinya. Sangat bermanfaat….

  6. eddy says:

    thxs atas infonya

  7. anditia says:

    maturnuwun informasinya mas

  8. Shopia elhadi says:

    ijin share, terima kasih
    salamguru-shopiaelhadi.blogspot.co.id

  9. NIWA says:

    infonya sangat bermanfaat, terutama buat para pemula seperti saya, makasih gan

  10. risky says:

    kalo dari google webmaster gimana bos?

  11. hendro says:

    infonya bermanfaat, terutama buat saya yang pemula, makasih gan.
    kunjungi ya => http://agenjilbabpashmina.com

  12. dipo says:

    sangat membantu gan artikelnya

  13. Qkeey septy says:

    infonya bagus dan bermafaat ..
    terimakasih. .

  14. yumna says:

    saya sih pakai histats tapi kadang beda dengan yang lain,,, bingung yg bener yg mana

  15. Dari alexa kenapa terkadang tidak muncul page rank yang dr indonesia ya?

  16. beken.id says:

    dpt info baru nich selain alexa, hitstats, amung, ternyata ada yg lain jg..
    mampir @masbadar ke blog sy https://beken.id

  17. Situseo says:

    Google Trends agak susah :(. Kalau di Alexa web baru biasanya belum ke index gan, Global sama Rank in Indonya. Btw nice inpo. Terima kasih. 🙂

    Mampir ya gan, http://situseo.com/

  18. Saya sudah coba gan, makasih informasi nya…
    Tapi sayangnya web ane masih sepi huhu

  19. Thank a lot gan, infonya sangat bermanfaat

  20. Lagi butuh informasi ini, thanks gan

  21. saya mengagas media online edupublik.com dan bakulikan.com dan indonesiamendidik.org
    mohon sarannya

  22. Thanks buat info nya jadi kita mengerti Seberapa banyak pengunjung web kita..
    Klo cara pengencek an pengunjung web mingguan ada ga ya?
    Thanks

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.