crop unrecognizable male doctor with stethoscope

Cara Mengukur Badan Untuk Seragam Kerja Konveksi atau Tukang Jahit

Untuk membuat sebuah seragam standar diperlukan ukuran dan pola yang pas dari klien agar saat dikenakan terasa nyaman dan pas. Seringkali banyak seragam yang dibuat memiliki ukuran paten dari pusat tetapi setelah diaplikasikan ke klien terasa kekecilan padahal telah ada ukuran standarnya. Misalnya, ukuran size M dewasa pria konveksi seragam kerja terdekat A sedikit berbeda dengan size M konveksi B. Sehingga beberapa klien memutuskan untuk membuat seragam tanpa ukuran dari konveksi tetapi diukur manual langsung ke tubuh klien.

Inilah cara mengukur badan untuk pesan baju seragam kerja secara umum!

1.      Mengukur tinggi badan

Mulai dari pundak hingga bawah pusar, atau bagian paha atas, terutama jika Anda ingin seragam yang agak panjang. Rerata tinggi baju sekitar 50-60 cm. Setiap klien dan konveksi memiliki ukuran tubuh yang beda.

2.      Mengukur Lingkar dada 

Lingkar dada diukur dari ketiak kanan hingga ketiak kiri dikalikan 2. Misalnya, lebar dada Anda adalah 42 cm maka lingkar dadanya 42 cm x 2= 84 cm. Biasanya, konveksi akan memberikan kelebihan 1-2 cm kiri kanan guna cadangan bahan saat Anda melar bisa dipermak kembali bajunya. 

3.      Mengukur lebar bahu 

Diukur dari pangkal leher hingga ujung pundak, kemudian dilebihkan 4 cm masing-masing bahan untuk jahitan obrasan dan jahitan utama. 

4.      Mengukur Panjang tangan 

Diukur dari ujung pundak turun hingga siku tangan (jika lengan pendek) tetapi jika lengan panjang diukur dari ujung pundak hingga batas pergelangan telapak tangan. 

5.      Mengukur lingkar perut 

Diukur dari perut belakang menuju perut ke depan kemudian dilebihkan 4 jari, jika masih bingung bisa diukur bagian pusar ke belakang. Lingkar perut belum tentu sama dengan lingkar dada karena ada bentuk perut orang yang besar, gendut tapi ada juga yang rata. 

6.      Mengukur Lingkar lengan 

Diukur dari diameter siku lengan atas klien secara pres atau mepet kemudian dilebihkan beberapa sentimeter untuk ruang gerak agar tidak sesak. Biasanya sekitar 3 jari dan 2 cm untuk jarak jahitan, jika lengannya panjang bagian pergelangan tangan diukur diameternya dan dilebihkan 2 jari. 

7.      Lingkar leher

Diukur dari leher depan ke belakang untuk menentukan kepala masuk muat atau tidak, jika bahannya kaos maka tidak jadi masalah ketika sedikit pres karena mulur. 

Keuntungan mengukur baju kerja perusahaan secara manual memang lebih nyaman pas di badan karena bentuk tubuh setiap orang itu berbeda. Ada yang lingkar lengan besar, ada yang kecil, panjang badan lebih besar dari tanganya atau sebaliknya, ada yang pundaknya lebih pendek. Jual baju seragam kerja dengan cara mengukur manual memang sedikit mahal tetapi memberikan hasil yang memuaskan karena sesuai dengan bentuk tubuh klien itu sendiri.