Baru Google Adsense Unit 970×90 Diluncurkan Google
April 25, 2013

Cara Menjadi Publisher Google Adsense Premium

Bagaimana cara menjadi publisher Google Adsense Premium? Ayo dicerna sedikit tulisan ini. Institusi bisnis manapun akan selalu memberikan bonus ketika penerbit iklan-iklannya atau pekerja marketing-nya mendatangkan keuntungan berlipat-lipat banyak.

Google, seperti perusahaan lainnya di dunia maya, merupakan perusahaan yang menggantungkan hidup dari periklanan bagi bisnisnya. Semakin banyak klik iklan yang anda peroleh pada website/blog anda, Google melalui Google Adsword-nya pun semakin mendapatkan keuntungan.

Insentif yang diberikan Google terhadap publisher-publisher Google Adsense yang memberikan klik-klik iklan berjumlah ukuran dinosaurus adalah berupa status dengan sebutan yang kita kenal sebagai ” Google Premium Adsense Publisher” atau Penerbit Adsense Google Kelas Premium.

Cara Menjadi Publisher Google Adsense Premium

Cara Menjadi Publisher Google Adsense Premium

Credit Images: www.skyhittech.com

Bagi teman-teman blogger atau webmaster yang juga fokus terhadap monetasi, Adsense tentu bukan asing lagi.

Sudah banyak tulisan yang membahas seputar Google Adsense dan aneka tips-nya, meski mungkin sudah banyak tulisan tentang tema Publisher Google Adsense Premium, tentu akan menambah sedikit khasanah kita semua jika tulisan ini ada di blog ini.

Cara Menjadi Publisher Google Adsense Premium

Bagaimana cara menjadi publisher Google Adsense Premium? atau bahasa Inggrisnya adalah How to be a Premium Google Adsense Publisher?

Saya mencoba browsing dan keluyuran ke sana-kemari di beberapa tulisan blogger luar negeri dan dalam negeri, serta melalui beberapa forum selama ini, berikut apa yang saya hasilkan dari “blusukan” saya tersebut.

Penerbit Google Adsense kelas Premium atau Premium Adsense Publisher merupakan seorang atau sebuah perusahaan yang bisa disebut istimewa sebab ia mendapatkan layanan premium guna menayangkan atau menerbitkan iklan-iklan Google Adsense.

Penerbit Adsense Premium biasanya memiliki website dengan traffic raksasa, katakanlah traffic dinosaurus, sementara penerbit adsense non-premium adalah kelas kambing.

Jiah.. kelas kebo, kelas gajah, boleh lah jika anda tersinggung dengan kelas kambing, biarlah kelas kambing cocok sesuai dengan kelas saya, ha..ha.

Untuk menjadi seorang penerbit Google Adsense kelas Premium, anda pertama kali harus melalui sebuah test loyalitas. Tes loyalitas, apa pula itu?

Baiklah, saya jelaskan, bahwa tidak semua orang bisa menjadi penerbit kelas premium, karena syarat dan kondisi yang berat yang musti selalu harus dipertahankan sebagai sebuah loyalitas.

Apa saja syarat dan kondisi itu?

Anda harus memenuhi setidaknya satu dari dua syarat berikut:

  1.  Minimal satu juta page views per bulan, atau sepuluh hingga dua puluh ribu page views setiap harinya
  2. Setidaknya sepuluh ribu hingga lima belas ribu query pencarian setiap bulannya, kira-kira sekitar lima ribu query pencarian setiap bulannya.

Nah, demikianlah kenapa saya katakan tidak setiap orang bisa menjadi publisher Google Adsense kelas Premium. He..he.

Taruhlah anda memiliki website yang menembus salah satu dari dua kondisi tadi, bagaimana cara mendaftarkan diri menjadi publisher Google Adsense Premium? Oh, tidak bisa.

Tidak ada istilah mendaftarkan diri di sini. Anda tidak bisa mengajukan diri /perusahaan Anda menjadi Premium Google Adsense Publisher. Yang ada adalah Google akan mengendus, eh mengenali Anda secara otomatis, maksudnya adalah dengan kecanggihan segala teknologi logaritma crawler-nya Google akan menilai anda pantas menjadi publisher premium bagi program advertorial-nya (baca Google Adsense via Google Adsword).

Google akan memonitor traffic anda secara berkala dalam waktu yang lama, mengapa? Loyalitas itulah. Traffic raksasa yang stabil bukan otomatis dan mudah, bukan pula pekerjaan auto pilot, eh autoblog.

Perlu loyalitas dan dedikasi yang tinggi terhadap pemeliharaan konten.

Berapa lamakah google akan memantau lalu lintas traffic sebuah website sebelum bisa dianugerahi gelar “pantas” sebagai penerbit kelas dinosaurus, eh kelas Premium Publisher? Bisa bertahun-tahun, kawan.

Adalah dibutuhkan kesabaran dalam penantian jika website anda telah anda anggap layak memenuhi satu dari dua kriteria di atas.

Dan tidak ada balasan yang lebih baik dari sebuah loyalitas, kerja keras dan kesabaran dalam penantian yang panjang melainkan kesuksesan meraup nilai pendapatan (baca: uang yang berlimpah), he..he lebay banget sih saya.

Apa saja bentuk pendapatan besar berlimpah itu? Banyak, setidaknya saya merangkum ada empat.  Ayo kita baca dengan menggunakan kacamata seorang blogger pecinta adsense.

Unit adsense

Ketika anda telah menyandang status sebagai penerbit Adsense Premium, anda bisa menempatkan lebih dari 3 unit iklan pada setiap halamannya. Kesemua unit iklan anda tersebut akan memiliki ID khusus yang berbeda dari ID adsense biasa. Misalnya dalam satu halaman, anda boleh melakukan penempatan iklan: unit 728×90, dua buah unit 336×280, unit 160×60, unit teks 468×15, unit 468×60 dan 1 unit iklan search pada satu halaman. Contoh ukuran adsense, silahkan merujuk di sini: https://support.google.com/adsense/bin/answer.py?hl=en&answer=185665.

Layan Iklan pihak ketiga atau Third-party Ad Serving

Penayang iklan kelas Premium dapat menerbitkan advertising dari selain Google Adsense satu atap pengelolaan bersama Google Adsense dalam sebuah Panel Kontrol khusus.

Konsultasi Khusus dengan manajemen Google Adsense

Menjadi publisher Google Adsense Premium memungkinkan anda mendapatkan kesempatan terbaik sebagai pebisnis online yang bekerja sama dengan Google. Publisher Google Adsense Premium akan selalu mendapatkan bantuan yang dibutuhkan dari pihak Google, bahkan jika diperlukan pihak Google Adsense-lah yang akan menghubungi anda. Banyak hal yang bisa anda dapatkan dari fasilitas konsultasi khusus tersebut, mulai dari tips seputar penempatan unit iklan, tips meningkatkan pendapatan dan sebagainya. Anda juga berkesempatan diundang ke seminar dan workshop yang diadakan oleh manajemen Google Adsense.

Kustomisasi Iklan (Ad-customization)

Sebagai penerbit premium, anda bebas memodifikasi kode pada adsense sekehendak anda semisal perubahan ukuran, format, warna teks, warna background, tema dan lain-lain. Penerbit premium juga diperbolehkan menghilangkan label “Ads by Google” agar iklan yang tampil pada website lebih terlihat profesional, sementara penerbit Google Adsense biasa tidak diperkenankan melakukan itu semua, kecuali ingin mendapatkan pinalti.

Tawar-menawar kontrak iklan

Negosiasi terkait rate sebuah iklan adalah fasilitas lain yang tidak dapat dinikmati oleh selain penerbit adsense premium. Posisi anda sebagai penerbit Google Adsense Premium memungkinkan anda memiliki kekuatan untuk menawar atau menegosiasikan sebuah iklan yang tayang pada website anda dengan rate / nilai harga tertentu, sesuatu yang sangat mendatangkan keuntungan besar.

Demikianlah cara menjadi publisher Google Adsense Premium. Tertarik? Tunggu apalagi? Ayo saatnya bekerja membuat konten yang berkualitas hingga mendatangkan traffic yang sangat tinggi, tinggi sekali.

Salam blogger

Referensi:

  1. https://productforums.google.com/forum/#!topic/adsense/gZdRz7NSoU8
  2. wikipedia.org
  3. www.google.com/dfp/info/sb/faq.html
  4. https://www.mybloggertricks.com/2013/02/what-are-premium-adsense-publishers.html
  5. https://www.techgau.org/2012/06/google-adsense-premium-publisher.html
  6. https://www.google.co.id/tanya/thread?tid=530932c06c9afe8e
  7. https://www.syncers.com/2011/10/adsense-premium-publisher/