Cara Merawat Mesin Industri yang Baik

Company Profile PT Goe Tech Indonesia Engineering Karawang
December 13, 2014
Cara Mudah Merawat Stainless Steel
March 20, 2015

Cara Merawat Mesin Industri yang Baik

Cara Merawat Mesin Industri yang Baik

Seperti apakah cara merawat mesin industri yang baik? Setiap barang memang perlu dirawat, begitu pun dengan mesin industri. Merawat mesin industri tidak sembarangan, dibutuhkan teknik khusus dan juga pengetahuan khusus. Karena merawat mesin industri akan mesin, terjaga dan terpelihara dengan baik. Dengan itu akan membuat mesin dapat mengembangkan industri menjadi lebih baik. Kondisi tersebut akan membuat pabrik mendapatkan nilai ekonomis yang jauh lebih tinggi. Inilah cara merawat mesin industri yang baik.

Cara Merawat Mesin Industri yang Baik

Ruang lingkup perawatan mesinn-mesin semuanya tergantung dari besar atau banyaknya sarana dan juga prasarana yang ada dalam sebuah industri, lembaga atau perusahaan, karena semua perawatan tersebut tentu disesuaikan dengan kebijakan-kebijakan tertentu. Fungsi merawat mesin adalah untuk memelihara da melindungi semua peralatan dari segala macam kegiatan selama produksi atau non produksi yang ada dalam perusahaan tersebut.

Tugas utama perawatan adalam merawat berbagai macam peralatan, mesin, dll agar dapat berfungsi dengan baik, berikut adalah beberapa fungsi dan tugas perawatan ;

Merawat peralatan dan juga perlengkapan

Kegiatan perawatan ini melingkupi memelihara dan memperbaiki segala macam peralatan mesin yang berhubungan dengan kegiatan industri atau yang berhubungan dengan perusahaan agat dapat berjalan dengan baik,dan selalu dalam kondisi baik.

Perawatan yang singkat adalah tindakan yang peling menguntungkan dilihat dari segi manapun, seperti dari segi perusahaan, pertanggung jawaban. Dengan begitu maka para pengguna harus lebih bertanggung jawab terhadap barang atau alat yang sedang dipegang, agar tidak terjadi kerusakan. Ada juga laporan berupa jurnal pencatatan tentang kerusakan, atau kondisi mesin yang sedang digunakan, hal tersebut berfungsi sebagai pengecekan terhadap mesin tersebut di masa datang.

Mengganti dan mendistribusi utilitas

Kegiatan kedua adalah merawat dan mengganti peralatan mesin yang berhubungan dengan produksi atau perusahaan. Disini ada hubungannya dengan sistem power supply, karena berbagai macam mesin digerakkan oleh electromotor, dan tentunya membutuhkan aliran listrik yang baik. Ada 2 macam kegiatan perbaikan yang akan dilakukan disini, yaitu; bagian perbaikan dan pemeliharaan kelistrikan dan bagian perbaikan dan pemeliharaan mekanik.

Untuk pergantian mekanik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan onderdil mesin, sedangkan kegiatan perbaikan dan pemeliharaan kelistrikan adalah mengganti berbagai macam mesin yag berhubungan dengan listrik. Yang dimaksud dengan utilitas adalah sistem pendistribusian air pendingin, pelumas, dan juga berbagai macam komponen lainnya.

Karena itu ada hubungannya dengan kelancaran dalam bekerja sebuah perusahaan atau sebuah pabrik. Lebih baik pergantian utilitas ini dilakukan oleh bagian perawatan.

Proses inspeksi dan perlumasan

Kedua proses ini sangat berhubungan erat dengan sistem industri. Dimana kedua kegiatan ini dapat dilakukan selama kegiatan produksi berlangsung. Kegiatan inspeksi dilakukan untuk mencari berbagai macam data-data teknik dalam rangka untuk meningkatkan kinerja dan juga perawatan mesin.

Sedangkan pelumasan adalah sebuah kegiatan untuk mencegah keausan pada beberapa bagian mesin, terutama bagian mesin yang saling bergesekan dan yang membutuhkan suhu konstan. Jika mesin seperti ini tidak dirawat dengan baik, akan membuat mesin cepat rusak.

Selain itu bagian perawaran juga harus menyediakan berbagai perlengkapan dan juga peralatan yang dapat menunjang serta memperlancar kegiatan produksi. Proses perawatan mesin dapat dibagi menjadi beberapa macam, yaitu;

  1. Perawatan rutin
  2. Perawatan periodic
  3. Perawatan berencana
  4. Perawatan pencegahan
  5. Perawatan perbaikan
  6. Overhaul

Untuk sistem perawatan yang lebih baik ada baiknya jika kita menghubungi ahlinya seperti Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi yang melayani Design & Pembuatan Dies, Jig & Fixture . Fabrikasi : Pembuatan Platform Machine, Lori Cap. s/d 20 Ton. Hidroulik Service : Design & Pembuatan Lifter Unit, Piston Rod, Cylinder/Houshing Piston. Machining & Manufacturing: Pembuatan bermacam Type Gear, Shaft, dan komponen untuk mesin Industri. Industrial Automation & Programming Logic Control (PLC). Machinery : Pembuatan mesin Filling, Packaging. Plating service: Hardchrome, Nicklechrome, Anodizing, Dll. Lining Process: Rubber, Polyurethan, Dll. Surface Grinding Dimensi Table 1000 x 2000.

Contact Sahl Engineering

Office: Jl. Melati 3 No.03 – Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang

Workshop: Jl. Inspeksi Kalimalang Samping Pintu 11 Jababeka – Cikarang

Tell: 021-32932559

Fax : 021-89906474

Mobile:

  • 0813 1531 7698
  • 0818 683 895

Email:

  • iswandi.eng_74@yahoo.co.id
  • iswandi@sahlengineering.com

Website: