Versi Terbaru Android
Versi Terbaru Android
December 23, 2015
Ketika Sebuah Negara mengHack Twitter
Ketika Sebuah Negara mengHack Twitter
December 29, 2015

Cara Mudah Menggunakan BBM di Android

Bagaimmana cara mudah menggunakan BBM di Android? Inilah artikel yang akan menjelaskan cara gampang memakai Blackberry Messenger di hape Anda.

Penggunaan BBM di Android memang bukan hal baru, namun masih banyak yang mengalami kesulitan menggunakannya. Terutama bagi pemula yang baru menggunakan ponsel Android, tentunya belum terbiasa dengan tampilan Android yang jauh berbeda dengan Blackberry. Selain itu, kinerja BBM pada Android berbeda dengan Blackberry. Bagi yang ingin menggunakan BBM di Android, berikut cara menginstal dan menggunakan BBM di smartphone Android.

Cara Mudah Menggunakan BBM di Android

Cara Menginstal BBM di Android

Cara mengoperasikan aplikasi ini pertama kali adalah dengan menginstalnya di smartphone Anda. Setelah itu akan muncul laman konfirmasi e-mail BBM. Untuk yang sudah mendaftar di BBM.com dapat langsung menggunakan aplikasi ini, tapi jika belum dapat memasukkan alamat e-mail ke dalam kotak yang sudah disediakan.

Bagi pendaftar harus sabar mengantre, sampai giliran tiba untuk mengakses aplikasi. Pihak Blackberry akan mengirimkan e-mail kepada pengguna dan meminta untuk mengkonfirmasi ulang lewat aplikasi BBM. Jika sudah disetujui, maka akan muncul laman sign in. Anda harus memiliki Blackberry ID agar dapat masuk ke aplikasi ini. Masukkan ID dan password Anda kemudian klik sign in. Selanjutnya, pengguna dapat memanfaatkan semua fitur yang ada di Blackberry.

Tips Menggunakan BBM di Android

Ketahui PIN Anda

Untuk dapat menggunakan BBM, Anda harus mengetahui nomor PIN Blackberry. PIN ini dipakai untuk mengaktifkan BBM pertama kali di ponsel. Caranya melihat PIN adalah dengan membuka aplikasi BBM pada smartphone, kemudian klik nama Profil di bagian paling atas. PIN akan terlihat di bawah tulisan Status.

Membagikan PIN

Membagikan PIN kepada kontak pribadi satu persatu tentu membutuhkan waktu lama dan tidak efisien. Maka gunakan fasilitas share barcode untuk membagikannya melalui BBM,media sosial, e-mail atau bluetooth. Caranya dengan masuk ke dalam menu Profil, setelah itu klik pilihan yang diinginkan. Jika ingin membagikan dengan otomatis maka pilih kotak Share di bagian kanan tulisan PIN, kemudian pilih media yang akan digunakan.

Pilihan lain bisa dengan membagi PIN melalui menu BBM di halaman utama Blackberry Messenger dan pilih Share PIN. Menggunakan metode pembagian akan mengemat waktu Anda, dan dapat memilih media penyebaran PIN yang secara otomatis terkirim.

Gunakan barcode secara efektif

Fasilitas Blackberry Messenger memanfaatkan barcode sebagai salah satu cara menambahkan teman. Sekarang barcode tidak hanya untuk menambah kontak, tapi juga dapat menambahkan kontak yang baru dikenal melalui kartu nama. Caranya sangat mudah, yaitu dengan masuk ke menu Profil kemudian klik tulisan Show Barcode yang ada pada bagian paling bawah. Akan tampak PIN dan barcode, selanjutnya simpan barcode tersebut dengan screenshot. Letakkan barcode tersebut pada kartu nama pribadi Anda.

Menghias status dengan bendera kebangsaan

Salah satu kelebihan BBM dibandingkan aplikasi bicara yang lain adalah kemampuan menambahkan gambar dan ikon di status penggunanya. Contohnya dengan memasang bendera negara pada status bar. Untuk menambahkan ikon bendera, Anda cukup mengetahui kode negara yang ingin digunakan. Misalnya, Anda ingin menampilkan ikon bendera Indonesia pada bar status, cukup tuliskan *ID*. Setelah mengetikkan kode tersebut dan menekan tombol spasi, maka ikon bendera Indonesia akan muncul. Ada lebih dari 200 bendera negara yang dapat digunakan untuk menghiasi status BBM.

Demikian tips singkat cara mudah menggunakan BBM di Android bagi pengguna pemula BBM di Android. Jadi tidak perlu khawatir untuk beralih dari smartphone yang lama ke smartphone Android, karena Anda masih dapat menggunakan ID BBM lama Anda. Dengan begitu penggunakan BBM di Android akan sama seperti menggunakan ponsel sebelumnya.

Blackberry-Messenger-for-android-phones

Berikut ilustrasi grafis penjelasan penggunaan BBM di ponsel Android. Grafis ini didesain oleh: Moe slah dari kota Alexandria, Mesir.

BBM Android 01

Cara Mudah Menggunakan BBM di Android - Blackberry-Messenger-for-android-phones 01

BBM Android 02

Cara Mudah Menggunakan BBM di Android - Blackberry-Messenger-for-android-phones 02

BBM Android 03

Cara Mudah Menggunakan BBM di Android - Blackberry-Messenger-for-android-phones 03

BBM Android 04

Cara Mudah Menggunakan BBM di Android - Blackberry-Messenger-for-android-phones 04

BBM Android 05

Cara Mudah Menggunakan BBM di Android - Blackberry-Messenger-for-android-phones 05

BBM Android 06

Cara Mudah Menggunakan BBM di Android - Blackberry-Messenger-for-android-phones 06

BBM Android 07

Cara Mudah Menggunakan BBM di Android - Blackberry-Messenger-for-android-phones 07

BBM Android 08

Cara Mudah Menggunakan BBM di Android - Blackberry-Messenger-for-android-phones 08

BBM Android 09

Cara Mudah Menggunakan BBM di Android - Blackberry-Messenger-for-android-phones 09

BBM Android 10

Cara Mudah Menggunakan BBM di Android - Blackberry-Messenger-for-android-phones 10