Cara Mudah Merawat Stainless Steel

Cara Merawat Mesin Industri yang Baik
Cara Merawat Mesin Industri yang Baik
March 17, 2015
4 Tips Terbaik Memilih Mesin Mixer Roti
March 21, 2015

Apakah Anda sedang mencari tahu bagaimana cara mudah merawat stainless steel? Selain emas dan perak, logam yang sangat populer di masyarakat adalah stainless steelatau baja. Bahkan didunia industri baja merupakan logam yang seringkali dipakai untuk keperluan operasional perusahaan seperti yang digunakan pada mesin yang digunakan perusahaan.

Biasanya perusahaan yang menggunakan mesin dengan bahan dari baja seringkali tidak menyadari bahwa baja juga memerlukan perawatan. Nah pada tulisan tentang seputar engineering kali ini, saya ingin berbagi tips tentang cara mudah merawat stainless steel. Tulisan ini disponsori oleh Sahl Engineering Jababeka.

Sama dengan logam lainnya yang tidak lagi menarik ketika jarang mengalami perawatan, demikian juga dengan baja. Karena itu sebaiknya serahkan perawatan baja pada mesin di perusahaan Anda kepada bengkel ahli Sahl Enginering yang bekerja secara profesional dan memuaskan pelanggan.

Cara Mudah Merawat Stainless Steel

Cara Mudah Merawat Stainless Steel

Cara Mudah Merawat Stainless Steel

Stainless steel sendiri merupakan logam besi yang mengandung 10.5% Kromium. Fungsi kromium ini sendiri adalah mencegah terjadinya korosi yang mungkin terjadi pada baja. Karena itulah baja selalu tidak pernah berkarat atau tahan dengan proses korosi. Baja sebenarnya memiliki beberapa jenis baja yang sengaja diklasifikasikan antara lain 12-14% kromium yang biasanya digunakan untuk mengetahui seberapa besar kandungan karbon yang terdapat di dalamnya sehingga dapat disebut sebagai baja atau tidak, baja yang menggunakan pengerasan lanjut, baja kromium tinggi dan magnet yang menghindaristainless steel. Untuk menjaga agar baja yang Anda miliki tidak mudah rusak dan berumur panjang juga tidak meninggalkan noda selama pemakaiannya:

1. Membersihkan noda secepat mungkin

Baja merupakan logam yang sangat mudah marah terhadap apapun yang akan menimpanya. Karena itu jika Anda memasak dan meninggalkan noda, sebaiknya segera besihkan noda tersebut. Gunakan lap lembut atau tissue yang lembut untuk mengelap sisa makanan yang jatuh pada bagian stainless steel tersebut.

2. Rendam bagian baja yang terkena noda pada air sabun

Biasanya beberapa mesin atau peralatan dapur yang terbuat dari baja akan dengan mudahdihilangkan nodanya dengan cara merendamnya dalam air untuk waktu yang cukup lama.

3. Menggosok baja dengan kain yang halus

Bersihkan dan juga lap bagian baja yang terkena noda pelan-pelan. Bila perlu gunakan sedikit air hangat yang dituangkan pada lap Anda sehingga noda pada baja akan mudahdihilangkan.

4. Bilas dan ulang

Jika semua langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, Anda harus membilas baja milik Anda sampai bersih. Jika stainless steel Anda masih saja kotor dan tidak menunjukkan noda akan menghilang, Anda dapat melakukan langkah-langkah perawatan baja tadi kembali atau dengan mendatangi bengkel industri profesional Sahl Enginering.

Untuk mendapatkan perawatan stainless steel terbaik, Anda dapat mengunjungi bengkel industri ini yang merupakan bengkel terbaik yang ada di Jababeka, Cikarang dan bekasi. Tidak hanya melakukan perawatan baja rutin tapi juga desain dan pembuatan dies, jig dan fixture.

Bengkel industri Sahl enginering ini juga melayani fabrikasi, hidroulik service, housting piston, machining dan juga manufacturing, komponen beragam mesin industri, industrial automotion, pembuatan filling dan juga packaging. Sahl Enginering juga melayani plating service, lining process yang berkaitan dengan mesin industri terutama mesin dengan bahan stainlesssteel.

Contact Sahl Engineering Jababeka

  • Office: Jl. Melati 3 No.03 – Taman Lembah Hijau, Lippo Cikarang
  • Workshop: Jl. Inspeksi Kalimalang, Samping Pintu 11 Jababeka – Cikarang
  • Tell: 021-32932559 – Fax : 021-89906474. Mobile: 0813 1531 7698 | 0818 683 895 |  0896 7275 7055 (WA)
  • Email: iswandi.eng_74@yahoo.co.id | iswandi@sahlengineering.com