40 Atau 96 Soal Matematika Ini Bikin Bingung Ribuan Orang
August 3, 2016
Pakaian yang Bisa Memperbaiki Sendiri Jika Robek
Pakaian yang Bisa Memperbaiki Sendiri Jika Robek
August 18, 2016

Dampak Positif Game Online terhadap Nilai Test Ujian Sekolah

Game online ada manfaatnya bagi remaja sekolah? Bagaimana bisa? Seperti apa dampak positif game online terhadap nilai test ujian sekolah? Sebagaimana kita semua para orang tua mengetahui jika permainan daring atau game online mempunyai dua mata pisau yang efektif bagi penggunanya.

Terutama anak-anak dan remaja, tanpa pengawasan dan bimbingan yang cukup dari orang dewasa, maka mereka kemungkinan besar akan banyak mendapat dampak negatif.

Anak-anak bermain game secara online memang bukan hal yang buruk. Sebuah studi teranyar memperlihatkan temuan bahwa remaja yang sering bermain game online mengalami kemajuan pada nilai-nilai test sekolah mereka.

Dampak Positif Game Online terhadap Nilai Test Ujian Sekolah

Dan berbanding dengan hal tersebut, pada studi yang sama ditemukan juga bahwa remaja dengan penggunaan sosial malah mengalami kemerosotan pada hasil ujian mereka.

Study dipimpin langsung oleh professor Alberto Posso di universitas RMIT Australia. Para peneliti menganalisa data aktivitas online dari 12 ribu remaja berusia 15 tahun dari seluruh dunia. Penelitian itu menyoroti hasil nilai pelajaran matetika, membaca dan sains para remaja tersebut.

Professor Posso menyimpulkan bahwa sangatlah mungkin jika jumlah kemampuan yang diasosiakan dengan permainan game online berkorelasi secara positif dengan pengetahuan umum dan test-test matematika, membaca serta test ilmu pengetahuan.

Ada bebarapa kritikan terhadap hasil-hasil temuan studi tersebut dan menyatakan bahwa tidaklah relevan untuk saat ini mengingat game sekarang ini bukanlah hal baru, bahkan sesuatu yang kuno.

Ahli pendidikan Nicola Johnson menyebutkan bahwa menurutnya praktek-parktetk teknologi bergerak sangat cepat, bahkan dalam kurun waktu setahun saja, semantara studi tersebut semestinya menciptakan kesimpulan besar. Jadi hasil studi tersebut bukan merupakan relfeksi dari praktek terkini.

Meski demikian, Nicola mengatakan bahwa anak-anak bsia belajar banyak hal dan kemampuan bermanfaat ketika bermain game.

Nicola menyebutkan bahwa ada beberapa game yang menyertakan banyak tentang hal strategi, penyelesaian masalah, pencapaian tujuan dan praktek keseharian guna memperoleh kemampuan lebih banyak.

Pola pikir yang demikian akan memberikan respon yang baik dalam pencapaian dan pembelajaran.

Adapun fakta sebaliknya sebagaimana disinggung di atas, bahwa ditemukan beberapa pelajar yang menggunakan media sosial dan mendapat nilai 20 poin lebih rendah pada ujian matematika.

Demikianlah studi yang menyatakan bahwa adanya dampak positif game online terhadap nilai test ujian sekolah. Mari kita kendalikan dan bimbing anak-anak remaja kita agar mendapatkan manfaat yang baik dari bermain game online, terutama manfaat untuk pendidikan dan sekolah mereka.

Sumber tulisan: