Tujuan Bersekolah Menurut Pendapat Masyarakat Amerika Serikat
Inilah Tujuan Bersekolah Menurut Pendapat Masyarakat Amerika Serikat
September 5, 2016
Remaja pengendara mobil lebih beresiko kecelakaan maut lalu lintas
Remaja Pengendara Mobil Lebih Beresiko Kecelakaan Maut Lalu Lintas
October 20, 2016

Darurat Guru, Dunia Masih Kekurangan 69 Juta Orang Pengajar

Dunia masih kekurangan 69 juta orang pengajar

Darurat guru, dunia masih kekurangan 69 juta orang pengajar. Sebuah laporan terbaru dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan bahwa secara global, dunia masih membutuhkan 69 juta orang guru hingga tahun 2030 nanti.

Para tahun 2015 yang lalu , badan PBB untuk pendidikan, UNESCO menjanjikan bahwa setiap anak di dunia ini akan menerima pendidikan baik primer dan sekunder dalam 14 tahun ke depan.

UNESCO mengatakan bahwa masih dibutuhkan banyak upaya kerja keras yang harus diselesaikan guna mendapatkan jumlah guru yang memadai untuk sekolah-sekolah secara global.

Jumlah kebutuhan guru terbesar adalah di Afrika terutama bagian Sahara dan Asia selatan.

UNESCO mengatakan adanya kebutuhan akan usaha yang sangat besar untuk mendatangkan guru sejumlah 69 juta lebih. UNESCO menyebutkan jika saat ini dunia global memang sangat kekurangan guru.

Sekarang ada 263 juta anak-anak yang tidak dapat bersekolah, sekitar 25 juta dari mereka bahkan tidak pernah mendapatkan akses pendidikan sama sekali.

PBB dalam laporannya mengingatkan bahwa adanya kekurangan guru tersebut di negara-negara dengan jumlah populasi yang sedang berkembang. Masalah tersebut dipersulit dengan susahnya menemukan jumlah guru baru dibanding menemukan jumlah bayi yang baru dilahirkan.

Laporan PBB itu menyebutkan jika masalah permintaan peningkatan jumlah guru ini tidak ditanggapi dengan segera dan tidak diambil tindakan yang berkelanjutan, maka keadaan akan semakin memburuk.

UNESCO juga mengkhawatirkan kualitas guru di sejumlah negara. Seperti di Ghana, Liberia, dan Sierra Leone, jumlah guru sekolah dasar yang terlatih kurang dari 60 persen. Ukuran kelas juga menjadi kekhawatiran lain, PBB menjelaskan di negara-negara seperti Malawi satu kelas berisi 100 anak adalah pemandangan yang lumrah.

PBB menegaskan jika semua permasalahan guru dan pendidikan secara global itu adalah permasalahan yang terus terjadi belakangan ini. Bagaimana dengan di negara kita Indonesia? Apakah masa darurat guru sudah lewat dan teratasi? Ataukah semua sibuk terhadap politik dan rebutan kekuasaan? Ataukah istilah ganti menteri ganti kurikulum masih menjadi mimpi buruk pada pendidik di negeri ini?

Berita tentang dunia masih kekurangan 69 juta orang pengajar ini bersumber dari: