Di Italia Mencuri Makanan Karena Lapar Bukanlah Kejahatan

Prediksi perolehan medali Olimpiade Rio 2016
Prediksi Perolehan Medali Olimpiade Rio 2016
August 5, 2016
Pulang Kampung ke Garut dan Tausiyah KH Aceng Zakaria
Pulang Kampung ke Garut dan Tausiyah KH Aceng Zakaria
October 4, 2016

Di Italia Mencuri Makanan Karena Lapar Bukanlah Kejahatan

Di Italia mencuri makanan karena lapar bukanlah kejahatan

Di Italia mencuri makanan karena lapar bukanlah kejahatan. Sebuah pengadilan di Italia telah memutuskan tentang sebuah undang-undan bahwa makanan yang dicuri oleh seseorang yang kelaparan bukanlah sebuah pelanggaran hukum. Mencuri makanan karena kelaparan tidaklah termasuk perbuatan ilegal.

Pengadilan banding tertinggi Italia, pengadilan tertinggi kasasi membebaskan hukuman bagi seorang laki-laki tuna wisma Ukraina bernama Roman Ostriakov. Roman Ostriakov sebelumnya dituntut 6 bulan penjara karena mencuri keju dan saus seharga 4 setengah dollar.

Ostriakov sebelumnya juga dituntut denda 115 Dollar Amerika sebagai hukuman percobaan. Pengacara Ostriakov yang kemudian melakukan banding untuk mengurangi denda tersebut terkejut ketika mendapati semua hukuman kliennya dibebaskan sama sekali.

Pengadilan tersebut mengatakan bahwa perbuatan Ostriakov mengambil makanan tidak merupakan kejahatan secara konstitusi. Ostriakov mengambil sedikit makanan karena keadaan laparnya. Pengadilan banding tersebut kemudian menyatakan bahwa mencuri sedikit makanan untuk menghilangkan lapar bukanlah kejahatan.

Banyak orang berharap atas kasus yang menimpa Ostriakov bisa menjelaskan tentang tingkat kemiskinan dan tuna wisma di Italia. Mereka yakin aturan tersebut juga berlaku bagi orang lain dengan kasus serupa semisal mereka yang ditangkap karena mengutil agar tidak dihukum.

Pengacara kasus kejahatan Maurizo Bellacosa mengatakan bahwa kasus Ostriakov merupakan sebuah prinsip yang baru, dan kasus ini akan memicu permohonan penghapusan hukuman terkait kondisi kemiskinan di Italia.

Pengadilan memutuskan dalam sebuah pernyataan bahwa orang tidak boleh dihukum jika mencuri karena terpaksa atau didesak kebutuhnan oleh kebutuhan atau mereka mencuri sedikit makanan karena untuk memenuhi kebutuhan dasar makan sendiri.

Koran La Stampa Italia menyebut kasus penghapusan hukuman bagi Ostriakov tersebut menjadi peringatan bai semua warga Italia bahwa di negara beradab, jangan sampai ada orang yang dibiarkan mati karena kelaparan.”

Bagaimana dengan di Indonesia? Bukankah sering terjadi kasus orang tua jompo yang mencuri sebatang kayu bakar di tanah milik sebuah korporasi besar harus dituntut hukum?

Berita sosial bahwa  di Italia mencuri makanan karena lapar bukanlah kejahatan ini bersumber dari: