Dokter di Kanada Meminta Parfum Dilarang di Rumah Sakit

Riset pengembangan vaksin virus Influenza terbaru
Riset Pengembangan Vaksin Virus Influenza Terbaru
August 25, 2016
Kecanduan internet bisa mengakibatkan masalah kesehatan mental
Kecanduan Internet Bisa Mengakibatkan Masalah Kesehatan Mental
October 5, 2016

Dokter di Kanada meminta parfum dilarang di rumah sakit. Para dokter di Kanada belum lama ini meminta pelarangan penggunaan parfum dan aftershave (lotion wangi yang biasa digunakan sehabis bercukur) di rumah sakit dan klinik. Mereka mengatakan bahwa bahan kimia pada parfum dan aftershave dapat menimbulkan asma dan alergi.

Riset memperlihatkan fakta bahwa lebih dari separuh serangan asma disebabkan oleh bahan ber-iritasi seperti bau yang menyengat dengan kuat.

Dokter di Kanada Meminta Parfum Dilarang di Rumah Sakit

Selain parfum dan aftershave, pelarangan sebaiknya juga meliputi asap rokok, cairan pembersih serta wewangian dan aroma-aroma lainnya.

Dokter Ken Flegel dan Dokter James Martin dari Universitas McGill di Kanada menulis tentang bahaya aroma wewangian di rumah sakit dalam jurnal Asosiasi Medis Kanada. Mereka menyebutkan bahwa lingkungan rumah sakit harus bebas dan wewangian buatan, dan itu harus menjadi kebijakan yang menyeluruh, sebab akan mempromosikan keamanan bagi pasien, staff dan pengunjung rumah sakit dan sebagainya.

Aroma yang kuat dapat berpengaruh bagi kesehatan bagi pemakainya ataupun orang lain. Sekitar 1 dari 3 orang menyatakan secara fisik terdampak atas aroma yang digunakan orang lain.

Para dokter mencatat kasus dampak wewangian tersebut seharusnya menjadiu perhatian serius di semua rumah sakit.

Menurut para dokter penulis jurnal tersebut bahwa wewangian dan aroma buatan memang dibuat untuk membuat penggunanya menjadi lebih attraktif, akan tetapi efeknya bisa berbahaya bagi mereka yang rentan/alergi terhadap wewangian.

Ada bukti kuat bahwa penyakit asma dalam beberapa kasus diperparah oleh wewangian buatan. Terutama di rumah sakit, tempat terkonsentrasinya banyak pasien penyakit asma, panyakit pernafasan dan panyakit kulit sensitif.

Para dokter tersebut mengingatkan bahwa aroma wewangian di rumah dapat membuat kondisi pasien semakin memburuk.

Info sains kesehatan tentang para dokter di Kanada meminta parfum dilarang di rumah sakit ini bersumber dari beberapa website berikut ini: