Arsitek yang Diabadikan pada Uang
16 Arsitek yang Diabadikan pada Uang
May 13, 2016
Epoxy Lantai 3D Kamar Mandi
9 Epoxy Lantai 3D Kamar Mandi Desain Keren dan Real
May 23, 2016

10 Kelebihan Epoxy Lantai dengan Clear Top Coat

Epoxy Lantai? Anda harus menggunakan clear top coat (pelapisan jernih bagian atas). Mengapa? Bukankah itu malah menambah biaya? Lho, mengapa tidak? Lebih banyak manfaatnya menerapkan clear top coat apalagi untuk lantai garasi.

Di mana perusahaan kontraktor yang bisa membantu Anda menerapkan epoxy lantai beserta pelapisan clear top coat? Nikifour Karawang adalah jawabannya. Kontraktor di Karawang ini telah memiliki banyak pengalaman proyek epoxy coating di banyak area terutama Jakarta Bekasi hingga Karawang. Silahkan lihat portofolio proyek Nikifour di website resminya: https://nikifour.co.id. Epoxy lantai dengan clear top coat? Ya Nikifour!

Epoxy Lantai

Proses epoxy lantai terutama bagian persiapan adalah hal tersulit. Pengerjaan epoxy lantai bagi beberapa orang bisa sangat cepat, dan merupakan bagian yang menyenangkan.

Setelah semua beres, alangkah lebih baik jika tambahkan sedikit pengeluaran uang dan waktu agar epoxy lantai menjadi lebih awet dan lebih cantik.

Anda bisa memilih variasi clear top coating, dengan epoxy atau dengan polyurethane, bisa juga dengan epoxy lantai Polyurea atau epoxy lantai Polyaspartic.

Lebih jauh mari kita perjelas mengapa mengaplikasikan clear top coat menjadi penting? Kenapa ya? bersumber dari tulisan di: https://allgaragefloors.com/clear-coat-your-epoxy-floor/ inilah 10 manfaat clear top coating pada pelapisan epoxy lantai.

Epoxy Lantai

1. Menambah awet dan bagus

Lapisan atas yang jernih akan menambah umur keawetan epoxy lantai Anda. Epoxy tambahan pada bagian atas akan menambahkan ketebalan, dan pada lantai garasi akan membantu mengeliminasi efek dari ban panas serta menyerap impact dengan lebih baik.

2. Melindungi Lapisan Warna

Lapisan tambahan bisa berfungsi sebagai lapisan tumbal sehingga warna dari epoxy utama tetap terjaga. Tanpa Epoxy tambahan, warna lapisan epoxy utama akan cepat kehilangan kemilau dan mengkilapnya. Selain itu cairan kimia seperti bocoran oli dalam waktu yang lama akan segera merubah warna epoxy, cepat lambatnya tergantung kualitas epoxy.

3. Melindungi warna dari mengelupas

Jika Anda menggunakan chip cat atau lempeng warna pada lantai, maka clear coat akan melindunginya dari mengelupas atau tertempel kotoran. Karena lempeng warna ditempelkan ke epoxy lantai secara terpisah, kotoran dan debu bisa menempel di ujung lempeng dan membuatnya susah dibersihkan.

Membersihkan lantai, dengan mengepelnya misalnya juga bisa membuat lempeng warna tertarik atau terkelupas. Penggunaan clear coat akan melindungi lempeng warna tersebut.

Epoxy Lantai

4. Lebih mudah dibersihkan

Dengan lapisan jernih clear coat yang menutupi color flakes (lempeng/serpih warna) lantai menjadi mudah untuk dibersihkan. Kotoran akan tergelincir tidak menyangkut di color flakes. Pelapisan jernih clear coat sangat sesuai dalam kondisi anda menggunakan color flakes yang tebal pada lantai Anda. Clear coat juga memungkinkan Anda menggosok lantai tanpa efek apapun bagi lapisan warna.

5. Menambahkan kedalaman pada epoxy lantai

Agar epoxy lantai terutama garasi anda terlihat lebih dalam, penerapan clear coat pada lapisan teratas epoxy lantai adalah solusinya. Selain itu akan menambahkan lebih mewah dan lebih tebal.

6. Menciptakan tampilan mengkilap

Tergantung jenis lapisan clear coat yang anda gunakan, lapisan jernih clear coat akan menghadirkan kilau mengkilap pada lantai sehingga ia akan memantulkan cahaya lebih baik. Lapisan Polyurethane mungkin pilihan terbaik untuk mendapatkan tingkat mengkilap yang lebih baik.

Lantai pada garasi atau pada bidang yang sering dilalui mobil, penggunaan clear coat akan menambah pencahayaan, sehingga menghemat biaya pencahayaan bagian atas ruangan.

7. Menyembunyikan goresan

Semua lantai garasi pasti banyak ditemui goresan, garutan, baik yang lembut tak terlihat mata hingga yang nyata. Pelapisan jernih clear coat bagian atas epoxy coating lantai akan menyembunyikan itu laiknya kamuflase sehingga tidak akan begitu terlihat atau tidak terlihat sama sekali.

8. Jika Anda menggunakan bahan tambahan untuk anti-slip, maka pelapisan jernih clear coat akan menyembunyikannya dengan baik. Bahan additive anti-slip biasanya memiliki warna tembus pandang jadi daya tahan akan kian berkurang. Tanpa clear coat , anti-slip akan mempengarhui warna utama epoxy lantai yang nantinya akan membuat bahan anti-slip mengkristal dan terlipat seperti pasir pada lantai garasi.

9. Bisa di lapis ulang untuk memperbarui

Setelah penggunaan bertahun0tahun, lapisan epoxy coating pada lantai garasi akan mulai terlihat kusam, jika menggunakan pelapisan jernih clear coat atau polyurethane, maka bagian yang kusam bisa diamplas dan clear coat yang baru bisa dilapiskan.

Pengamplasan pada bagian kusam lapis atas akan menghilangkan goresan, garutan, kotoran setelah sekian tahun. Pelapisan jernih clear coat atas yang baru akan menyulap lantai anda kembali baru.

10. Keren

Pokoknya dibandignkan dengan epoxy coating tanpa pelapisan clear coat atas, epoxy lantai dengan clear top coat Anda akan jauh terlihat lebih keren.

Catatan: Epoxy lantai dengan clear top coat didesain untuk penggunaan pada pelapisan resin tahap ke dua dan pelapisan resin tunggal dengan penguapan. Jangan bingung dengan istilah Cat Lantai Garasi atau cat epoxy 1 tahap seperti pelapisan lantai. Cat-cat itu adalah cat berbasis latex sehingga tidak akan menyebabkan ikatan kimia dengan pelapisan berbahan resin.