Desain Rumah Idaman
Bagaimana Membangun Rumah Idaman yang Ideal
January 2, 2013
Tips Rumah Idaman Sehat Bahkan di Musim Penghujan
January 5, 2013

Rumah adalah investasi yang bertahan lama. Karena itu, ketika anda berniat membangun rumah impian, pastikan anda mengetahui faktor-faktor penting dari perencanaan pembangunan rumah agar anda tidak menyesal di kemudian hari. Apapun jenis, ukuran dan desain dan rumah yang anda impikan untuk menjadi hunian keluarga, jangan lupa memperhatikan faktor-faktor ini terlebih dahulu sebelum masa pembangunan dimulai. Inilah 4 faktor Penting dalam Perencanaan Pembangunan Rumah Impian:

1. Faktor Keuangan

Hal ini bukan sekedar tentang jumlah uang yang harus anda habiskan untuk menyelesaikan rumah tersebut, melainkan juga kemungkinan pengeluaran yang akan anda hadapi setelah rumah tersebut siap dihuni.

Faktor Penting dalam Perencanaan Pembangunan Rumah Impian

Jika anda mendapatkan biaya pembangunan rumah lewat cicilan atau pinjaman, anda juga harus mempertimbangkan bagaimana anda akan membayarnya kelak.

Faktor Penting dalam Perencanaan Pembangunan Rumah Impian

2. Jenis dan Kondisi Lahan

Kondisi lahan tempat anda membangun rumah akan banyak memengaruhi faktor pembiayaan dan kenyamanan anda kelak. Area yang strategis di komplek pemukiman mungkin memiliki harga mahal namun lebih efisien dalam hal perencanaan dan pembangunan. Hal-hal seperti struktur tanah, sistem saluran air, ketinggian lahan serta tingkat kerawanan terhadap bencana pun harus dipertimbangkan.

3. Adanya Tenaga Ahli

Sebuah rumah impian membutuhkan perencanaan yang baik sejak tahap sebelum pembangunan. Jika anda serius dalam merencanakan pembangunan rumah, anda sebaiknya memanfaatkan jasa kontraktor dan desainer profesional. Jika anda sendiri seorang ahli dalam hal desain rumah atau pembangunan, atau memiliki kerabat dan teman dekat yang benar-benar ahli dalam bidang tersebut, cobalah memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan potongan biaya.

4. Buat Rencana Desain yang Matang

Jika anda tidak ingin direpotkan oleh kustomisasi dalam hal perancangan dan pembangunan, anda tinggal memilih desain rumah lewat katalog kontraktor. Akan tetapi, jika anda menginginkan kustomisasi tertentu, sebaiknya anda mendiskusikannya dengan kontraktor dan desainer yang anda sewa. Pastikan rencana yang anda buat dapat memenuhi kebutuhan anda dan keluarga untuk bertahun-tahun kemudian.

Dengan perencanaan yang matang sejak saat sebelum pembangunan, anda dan keluarga akan memeroleh kepuasan pada akhirnya karena berhasil mendapatkan rumah impiansesuai spek serta bentuk yang dikehendaki.

Demikianlah 4 Faktor Penting dalam Perencanaan Pembangunan Rumah Impian.