Forklift Menurut Penggolongan Kelas dan Penggunaannya

Jual Forklift Semua Merk MSJ Group.co.id Service Reparasi Forklift Spare Parts Forklift

Akan membeli forklift baru, bekas atau hanya rental? PT MSJ Group Indonesia di Bekasi akan membantu Anda. Berikut pengetahuan sedikit tentang jenis – jenis forklift menurut penggolongan kelas dan penggunaannya.

Penggunaan forklift dalam dunia industri tentu sudah biasa. Penggunaan alat ini bisa membantu hal seperti pemindahan box buah dalam perkebunan sampai mengangkat barang berbahaya dalam industri kimia. Dalam memenuhi tugasnya, alat ini juga mengurangi beban pekerjaan dan juga meningkatkan keamanan kerja.

Karena merupakan alat penting dalam industri, banyak orang tentu harus belajar tentang-nya. Jika Anda ingin membuka usaha industri, hal pertama yang perlu dipelajari adalah jenis – jenis forklift. Jenis yang dibicarakan di sini tentu tergantung dari klasifikasinya. Untuk deskripsi yang mudah, jenis forklift indoor dan outdoor tentu tidak perlu dijelaskan lagi. Bagaimana dengan forklift electric dan non-electric? Pembagian jenis ini juga sudah jelas.

Tapi tahukah Anda bahkan jenis forklift bisa digolongkan dalam kelas dengan deskripsi lebih spesifik? Spesifikasi forklift yang berbeda menurut kelas ini lebih ditujukan pada penggunaan dan daya angkut. Dari berbagai kelas golongan ini, Anda tentu bisa lihat bagaimana forklift dapat berperan dalam industri.  Jika Adna tertarik pada bahasan jenis forklift menurut kelas ini, mari bahas bersama di bagian berikut ini!

Penggolongan Penggunaan Forklift

Forklift Kelas I

Jenis forklift ini ada yang besar dan ada yang kecil, yang jelas bentuknya adalah mobil dengan roda empat. Kelas yang satu ini adalah yang paling banyak ditemukan dalam industri. Tentu forklift kelas I ini sangat berguna untuk memindahkan banyak barang berat sekaligus. Bentuknya yang ditopang roda empat membuatnya lebih stabil daripada kelas forklift lainnya.

Untuk penggunaan, kelas ini sangat cocok untuk kebutuhan kerja cepat. Karena stabil, para pengguna forklift ini bisa melaju dengan kecepatan penuh utnuk membawa barang. Tentu sisi stabil ini juga penting dalam pengangkutan. Tanpa adanya kestabilan ini, barang yang dibawa bisa jatuh karena guncangan. Tentu barang dalam box mungkin tidak masalah, tapi bagaimana dengan hal seperti tumpukan genteng? Bawaan seperti ini tentu perlu kestabilan yang baik dari forklift.

Forklift Kelas II

Kelas yang satu ini ukurannya mirip dengan forklift kelas I tapi dengan cara penggunaan berdiri. Forklift yang ini lebih mementingkan kemampuan mencapai tempat tinggi menggunakan tangannya. Tangan yang tinggi ini tentu perlu counter balance yang baik jika membawa barang berat, tapi bentuknya yang lebih fertikal membuat keseimbanganya baik.

Forklift kelas ini lebih pipih dan mudah digunakan untuk keperluan gudang di tempat perbelanjaan besar seperti super market. Tentu saja gudang – gudang modern mengembangkan sistem storage yang praktis tempat. Gudang ini akan memiliki rak tinggi untuk memastikan barang – barang bisa digolongkan baik tanpa harus membuat gudang besar.

Forklift Kelas III

Jenis forklift yang ini merupakan alat yang bisa dibilang mirip gerobak. Banyak yang bilang alat ini bahkan bukan forklift. Jika Anda pertama kali melihat forklift kelas III, Anda bisa melihat gerobak besar dengan stir tanpa ada tempat untuk dikendarai. Para pengguna forklift ini berjalan kaki tapi forklift tetap dikendalikan dengan stir yang tersedia.

Penggunaannya lebih praktis daripada forklift lainnya. Tombol yang tidak banyak dan pengendalian yang mirip gerobak biasa tentu fleksibel untuk semua kebutuhan barang. Penggunaan forklift ini lebih ditujukan untuk mengantarkan box – box kemasan dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya dekat.

Pertimbangan Pemilihan Kelas Forklift

Seperti yang sudah di bahas di atas, kelas – kelas tersebut merupakan klasifikasi untuk ukuran dan juga penggunaan yang spesifik. Tapi kenyataannya di dunia industri tertentu tidak begitu. Tergantung dari jenis industrinya kelas forklift bisa lebih fleksibel diaplikasikan. Contoh saja kelas II yang lebih digunakan untuk barang – barang tinggi, tentu lebih cocok digunakan di gudang. Tapi apakah ada yang melarang penggunaan forklift ini untuk distribusi barang di parbik? Pabrik yang memiliki tempat kerja tinggi tentu akan terbantu jika forklift bisa digunakan untuk mengirim barang ke atas tanpa harus repot menggunakan tangga ataupun elevator.

Penggunaan kelas yang berbeda tidak harus selalu tergantung dari tempatnya, tapi juga fleksibilitasnya. Forklift kelas III mungkin tidak cocok untuk keperluan parik berat, tapi untuk keperluan mengantar box supply yang kecil – kecil, forklift kelas ini tentu lebih mudah digunakan daripada forklift kelas I.

Penggunaan tergantung tujuan adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan. Pertama tentukan dulu pekerjaan Anda yang bisa terbantu dengan forklift, lalu cek kelas mana yang paling cocok untuk pekerjaan itu. Pilihan ini tentu akan lebih baik daripada memaksakan hanya menggunakan kelas tertentu untuk jenis industri tertentu. Selama forklift bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan, tidak ada alasan hanya menggunakan satu jenis forklift saja di tempat kerja.

Sekian bahasan mengenai jenis forklift. Mudah – mudahan dengan bahasan ini berguna bagi Anda. Terima kasih sudah membaca!

PT MSJ Group Indonesia: Jual Service Parts Rental Forklift Segala Merk

  • Telp. | Mobile/ WhatsApp: 0813-1099-2889
  • Taman Permata Indah Blok H3 No 12A Ds. Waringin Jaya – Kedung Waringin Bekasi
  • Website: https://www.msjgroup.co.id

Kunjungi workshop kami:

masbadar
masbadar
Website ini dikelola oleh pak Badar. Jika ada yang perlu dibicarakan tentang konten di atas, Anda bisa menghubungi via mobile/whatsapp di +62-813-9881-8119. Website ini juga menerima content placement, guest-posting, paid review dan semacamnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh bantuan Download dan Info Lengkap?
Butuh Penawaran? Info Lengkap? Atau BANTUAN DOWNLOAD? WhatsApp kami sekarang!