Apa Itu ERP Software dan Apa Kegunaannya untuk Perusahaan?

Fungsi ERP Software untuk Bisnis Perusahaan

Apa Itu ERP software dan apa kegunaannya untuk perusahaan? Berkembangnya teknologi kini tidak hanya mempengaruhi kehidupan sosial masyakat, namun telah merambah masuk ke dalam sektor industri hingga jasa. Tidak heran slogan revolusi industri 4.0 semakin sering terdengar seiring akses terhadap teknologi bagi sektor industri yang semakin luas persebarannya.

Pernahkah kalian mengunjungi restoran, kafe dan minimarket? Jika pernah maka kalian mungkin menyadari bahwa proses pembayaran telah menggunakan komputer. Aktivitas tersebut merupakan bukti nyata bahwa kehadiran teknologi dapat membantu kinerja manusia dan membuatnya menjadi lebih mudah, dengan menggunakan komputer maka seluruh pencatatan penjualan akan tersimpan secara rapih dan dapat dijadikan rujukan apabila ingin mengembangkan sebuah bisnis.

Contoh kasus di atas biasa disebut dengan POS atau Point of Sales yang berfungsi mencatat seluruh penjualan barang. POS sendiri sebenarnya merupakan bagian daripada ERP (Enterprise Resource Planning) yang kini telah banyak diterapkan oleh perusahaan baik skala menengah maupun ke atas. Salah satu merk penyedia ERP Software terbesar di dunia adalah SAP yang berasal dari Jerman, namun untuk menggunakan merk tersebut, perusahaan harus siap merogoh kocek cukup dalam karena harganya yang fantastis berkisar antara 1 miliar Rupiah sampai hampir 10,5 Miliar per tahun tergantung kepada kebutuhan bisnis perusahaan anda.

ERP merupakan kumpulan beberapa proses yang bersifat primer di dalam sebuah bisnis seperti inventori, manajemen pesanan, akuntansi, sumber daya manusia hingga kepada hubungan dengan pelanggan. ERP saat ini berbentuk sebagai sebuah software yang mampu menggabungkan proses primer tersebut menjadi satu kesatuan yang dapat digunakan oleh seluruh divisi yang terlibat di dalam sebuah perusahaan. ERP software kini memiliki peranan penting dalam memajukan sebuah usaha yang dituntut untuk bergerak cepat.

ERP sendiri pertama diperkenalkan pada tahun 1990, namun berawal pada tahun 1960 dengan disebutnya sebagai inventory management yang kemudian dibuatkan dalam bentuk software hingga dapat mengatur penjadwalan dalam pembelian material atau disebut sebagai Material Requirement Planning pada tahun 1970.

3 Kegunaan ERP Software Bagi Perusahaan

1. Efisiensi pada budget perusahaan

Perusahaan apabila ingin mengimplementasikan sebuah teknologi harus melakukan investasi yang cukup besar katakanlah untuk pengadaan hardware, software serta training kepada seluruh karyawan. Dengan menggunakan aplikasi ERP , perusahaan tidak perlu menyediakan software untuk berbagai divisi yang ada di perusahaan, karena aplikasi ERP mampu memenuhi kebutuhan berbagai proses bisnis.

2. ERP Software memungkinkan melihat data secara real-time

Salah satu keunggulan dari ERP Software adalah memungkinkan untuk melihat data perusahaan secara real-time, hal ini tentu sangat membantu baik bagi setiap departemen perusahaan untuk dapat berkoordinasi secara baik serta bagi pemilik perusahaan dapat mengontrol perusahaan seperti melihat transaksi yang berjalan, barang yang akan masuk ke gudang dan sebagainya.

3. ERP Software dapat membantu dalam pengambilan keputusan

Jika pada sebelumnya saat perusahaan masih menggunakan sistem konvensional alias belum terintegrasi, setiap pengambilan keputusan memerlukan data dari berbagai departemen dan menganalisanya satu persatu. Hal tersebut tidak akan terjadi lagi apabila perusahaan telah menggunakan ERP Software, karena akan mendapatkan sebuah laporan yang terintegrasi antar departemen serta grafik yang sangat membantu bagi pemilik perusahaan apabila ingin mengambil sebuah keputusan bisnis.

RedERP merupakan Penyedia Software ERP Terbaik saat ini. Dikembangkan oleh PT Lawencon Internasional, RedERP memiliki banyak modul erp yang sangat menunjang operasional perusahaan seperti : distribusi & persediaan, pengadaan & pengoperasian, manajemen aset, akuntansi, manajemen proyek, POS (Point Of sale ), CRM.

Selain menyediakan solusi by modul RedERP juga siap memberikan solution ERP by industri ada banyak cakupan jenis industri yang dicakup rederp diantara nya : manfacture, distributor, garment, E-Commerce, F&B, Retail, Plantation, Services.

Jadi RedERP Merupakan solusi yang tepat untuk menjadi solusi ERP perusahaan anda.

Leave a Reply

Butuh bantuan Download dan Info Lengkap?