Facebook Mengalahkan Twitter Di Pertumbuhan
Kini Facebook Mengalahkan Twitter Di Pertumbuhan Pengguna dan Pendapatan
July 28, 2016
Social media yang bisa bikin penjualan kamu meningkat drastis
4 Social Media Yang Bisa Bikin Penjualan Kamu Meningkat Drastis
December 2, 2016

Gary Illyes Google PageRank Masih Penting

Gary Illyes Google PageRank Masih Penting. Pada tanggal 2 Agustus 2016 yang lalu, Barry Schwartz dari forum seroundtable.com menginformasikan tentang masih pentingnya PageRank Google. Informasi seputar SEO berbasis PageRank Google itu menurut Barry bersumber dari orang Google sendiri yaitu Gary Illyes.

Sebagaimana diketahui bahwa pada bulan Maret kemarin secara resmi Google menyatakan telah menutup penayangan toolbar PageRank. Tentu secara efektif pada pertengahan April tahun 2016 ini Toolbar PageRank Google dinyatakan mati. Meskipun demikian, bukan berarti Google secara internal tidak menggunakan parameter PageRank, mereka masih menggunakannya.

Gary Illyes Google PageRank Masih Penting

Orang dalam Google, Gary Illyes mengiyakan hal tersebut ketika ditanya. Sebagai mana dikutip dari cuitannya di Twitter, ia mengatakan bahwa PageRank masih penting.

Barry Schwartz bahkan masih meyakini pentingnya PageRank. PageRank masih memiliki probabilitas tinggi sebagai salah satu aspek penting yang digunakan Google untuk merangking relevansi dan kualitas konten sebuah website.

Dan memang PageRank masih sangat digunakan Google, hanya saja Google tidak membuka hasil penilaian rangking halaman sebuah web secara terang-terangan di ruang umum.

Beberapa catatan history pada toolbar PageRank Google memang bernasib tragis. Google setiap tahunnya semakin membunuh PageRank pada toolbar. Pada tahun 2007, Google meminta masukan dari para webmaster tentang penghapusan PageRank. Kemudian pada tahun 2009 Google menghapus PageRank yang terlihat seperti data-data di Webmaster Tools yang kini bernama Search Console.

Namun apa yang terjadi kemudian? Pada tarhun 2013, adalah Matt Cutts yang juga orang penting Google mengatakan kepada para webmaster tentang kemungkinan Google tidak akan mematikan PageRank di toolbar. Karena Matt sendiri kemudian tidak lama hengkan dari Google, maka info tersebut bisa saja menjadi tidak permanen.

Pada tahun 2012 saja Google berhenti melakukan update eksternal PageRank. Pada bulan Desember 2013 secara tidak sengaja Google meng-update PR. Semenjak itu Google kemudian memberitakan secara terus menerus bahwa mereka tidak akan lagi memperbaharui PageRank pada toolbar.

Jadi memang PageRank masih penting dan menjadi salah faktor untuk melihat relecansi dan kualitas konten, tetapi PageRank Toolbar memang dimatikan.

Gary Illyes Google PageRank masih penting ini bersumber: https://www.seroundtable.com/google-yes-pagerank-still-matters-22469.html