10 Etika Menggunakan Email Netiket
May 31, 2011
Mengapa Pengguna Facebook Banyak Berkurang
February 7, 2013

Google Plus Social Network Terbaik Ayo Gunakan Sekarang

Google Plus Social Network Terbaik Ayo Gunakan Sekarang. Google Plus atau Google+ telah mendapatkan reputasi sebagai social network (jaringan sosial) yang “seharusnya” anda gunakan. Mengapa harus? Keterhubungan antara “plus” dan pencarian produk adalah jawabannya. Masih bingung? baiklah, tulisan berikut mungkin akan sedikit menjelaskan bahwa Google Plus merupakan sebuah Social Network yang benar-benar bermanfaat.

Google Plus Social Network Terbaik Ayo Gunakan Sekarang

Google Plus Social Network Terbaik Ayo Gunakan Sekarang. Tidak dapat dipungkiri jika konten yang dipublikasikan melalui google Plus lebih sering muncul pada mesin pencari, meski jika mengkaitkan dengan SEO, Google Plus sepertinya kurang tepat. Semestinya sosial network dimanfaatkan untuk memudahkan hubungan berkomunikasi anda dengan audiens (teman, kolega, komunitas, keluarga). Google Plus diciptakan agar search engine membantu mempermudah fungsi hubungan itu.

Google Plus Social Network Terbaik Ayo Gunakan Sekarang

Google Plus sendiri bertempat sejajar dengan social network/social media lainnya yang telah lebih dahulu populer. Google Plus konon menurut globalwebindex telah menempati posisi ke-2 dari sisi jumlah pengguna aktif, melampui Twiter dengan 288 juta pengguna aktif dan terus bergerak menyusul Facebook yang memiliki 643 juta pengguna aktif. Dengan 343 juta pengguna aktif, sangat mungkin bagi Google Inc, sebagai pusat semua layanan Google termasuk Google Plus, untuk membangun dan terus mempercanggih mesin pencarinya (Google Search) sebagai fasilitas guna mempermudah konektivitas pengguna Google Plus dengan audiens mereka. Google Plus sedang menuju kualitasnya sebagai Social Network.

Apa sebenarnya kriteria-kriteria kualitas dari sebuah Social Network? Jika menilik Facebook sebagai pionie Social Media, saya rasa anda akan setuju bahwa secara umum Social Network selalu mengajak untuk merasakan kemudahan hubungan sosial dengan milyaran manusia. Melalui social media, pengguna akan mudah terhubung dengan banyak pengguna lain melalui:

Update/pembaruan status, berbagi foto, rekaman video, kendali privasi, daftar kontak, link discovery, update hubungan, halaman khusus untuk bisnis, aneka aplikasi dan permainan tentunya, forum diskusi, perencana acara/kegiatan, periklanan, memantau status seseorang atau minat terhadap sebuah produk, dan menambahkan pertemanan. Jika aneka point di atas berdasar semata pada Facebook, maka bisa diartikan bahwa orang menggunakan Facebook untuk mempublikasikan identitas mereka, terhubung dengan orang lain dan berbagi aktivitas yang mereka sukai.

Ketika disandingkan dengan Google Plus, maka akan banyak sekali fitur-fitur yang mampu menyaingi fitur-fitur Facebook tersebut. Mari kita bahas satu persatu fitur-fitur Google Plus itu:

CIRCLES / Lingkaran Google Plus

Circles-atau-Lingkaran-Google-Plus

Lingkaran pada Google Plus adalah sekumpulan kontak khusus. Di Google Plus kontak musti digrup-grupkan tersendiri secara spesial sebab kumpulan teman, kumpulan keluarga, kolega dan sebagainya memiliki perbedaan dan arti tersendiri bagi pengguna.

PAGES / Halaman Google Plus

Google Plus Social Network Terbaik Ayo Gunakan Sekarang

Halaman di Google Plus serupa dengan profil pribadi, akan tetapi lebih dimaksudkan untuk kepentingan bisnis / usaha dan brand / merk produk. Laiknya orang, Halaman di Google Plus dapat menargetkan pesan-pesan marketing kepada audiens yang tepat melalui update/pembaruan-pembaruan, aneka link/tautan, video, dan even/kegiatan yang dipublikasikan. Selain itu, Halaman di Google Plus menawarkan kendali privasi yang mumpuni sehingga pengguna bisa mengirimkan pesan kepada audiens pada saat yang tepat. Halaman di Google Plus telah menggantikan fungsi dan posisi fitur Google sebelumnya yaitu Google Local dan Google Places. Di Halaman Google Plus, pengguna juga bisa menambahkan banyak orang / pengguna untuk mengatur dan memenej.

EVENT SCHEDULING / perencanaan Kegiatan

Google Plus Social Network Terbaik Ayo Gunakan Sekarang

Perencanaan bermacam kegiatan, dari sekedar acara santai makan-makan hingga kegiatan bisnis begitu mudahnya menggunakan Google Plus. Pengguna dapat membuat undangan resmi dengan mudahnya sekaligus berkomentar, berbagi pembaruan dan foto terkait acara kegiatan tersebut. Selain itu pengguna pda fasilitas ini dapat menyesuaikan privasi kegiatan itu sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat jadwal kegiatan tersebut. Banyak sekali webinar yang sukses diadakan dengab memanfaatkan fasilitas perencanaan kegiatan Google Plus. Tapi bagaimanapun juga, pengguna tetap musti waspada agar tidak lupa untuk mengatur Setting Privasy sehingga tidak salah mengundang orang dari Lingkaran-lingkaran Google Plus yang telah anda buat. Undangan pada Perencana Kegiatan Google Plus menggunakan Email sebagai bentuknya, dan tentu saja anda bisa mengatur frekuensi pengiriman email tersebut.

LIVE VIDEO CHATS / chatting video langsung

Google Plus Social Network Terbaik Ayo Gunakan Sekarang

Google Plus memungkinkan anda berdiskusi langsung menggunakan fitur Hangout. Pada fasilitas fitur Hangout pengguna Google Plus dapat melakukan percakapan video langsung dengan pengguna / teman dalam Lingkaran Google Plus beserta fasilitas recording / perekaman. Fitur Hangout sangat baik dan sesuai untuk menghubungkan kegiatan-kegiatan yang bersifat edukasional secara langsung, sekedar menghubungi teman untuk diskusi ringan, menawarkan sebuah produk/layanan/ucapan terima kasih kepada konsumen.

KOMUNITAS Google Plus

Fitur Komunitas di Google Plus sangat bermanfaat bagi mereka yang menghendaki diskusi tentang sebuah topik tertentu yang dishare oleh seorang pengguna. Meski fitur ini boleh dibilang masih tahap dasar, secara fungsi telah dapat digunakan bagi para pengguna Goole Plus untuk berinteraksi dalam satu tempat sebgai sebuah komunitas.

Google Plus Social Network Terbaik Ayo Gunakan Sekarang

Demikianlah beberapa fitur dan kelebihan Google Plus yang pantas dijadikan alasan bagi pebisnis awal/pemula atau bagi enterpreneur untuk memanfaatkannya.

Google Plus bisa dibilang menjadi solusi bisnis dalam mengkomunikasikan kustomer dan prospek. Ada baiknya calon pengguna Google Plus merasaan dahulu penggunaan Google Plus secara personal sebelum bermaksimal diri dalam penggunaan fasilitas Halaman Google Plus.

Seperti halnya layanan Google yang lain semisal YouTube, platform Google Plus juga terus mengalami perbaikan-perbaikan, penyempurnaan dan improvisasi guna memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Semakin anda menggunakan Google Plus, semakin anda menyadari betapa luar biasanya Google Plus ini bagi bisnis skala kecil dan bagi dunia entrepreneur.

Memang tidak semua orang menggunakan google Plus, ini dikarenakan platform social network ini barulah seumur jagung, akan tetapi anda bisa membentuk masa depan platform ini dengan interaktif berkontribusi bagi keseluruhan manfaatnya, tentu saja sambil anda mengambil manfaat indeks dari sisi search engine Google yang memang tertuju untuk menyukai update dari Google Plus. Kini semakin banyak orang menggunakan Google Plus setiap hari sehingga menjadi alternatif utama dari Facebook.

Pada akhirnya, meski tidak sepopular Facebook, Google Plus dapat memberi manfaat lebih pada anda sebagai penggunanya dan juga pada bisnis anda.