Google Project Shield Upaya Melindungi Website Berita dari Serangan DDoS

Google Project Shield, apakah ini? Sebelumnya saya membahas Accelerated Mobile Projects yang bisa menjadikan akses internet mobile lebih cepat. Bersumber dari blog Google resmi, informasi proyek AMP tersebut semoga menjadi referensi penting bagi saya pribadi juga pembaca masbadar.com semuanya. Sekarang dengan masih mengambil sumber informasi yang sama, saya akan membuat catatan tentang sebuah proyek Google yang lain dalam hal keamanan online terhadap website-website penyedia berita.Baru saja blog resmi Google menuliskan inforamsi seputar digital attac atau semacam serangan di dunia cyber. Adalah Jared Cohen, presiden dari Alphabet Inc. menjabarkan singkat tentang sebuah proyek keamanan digital bernama Project Shield.

Google Project Shield

Google Project Shield melawan serangan DDoS

Berita ada di sini: https://googleblog.blogspot.co.id/2016/02/protecting-worlds-news-digital-attack.html yang berjudul Protecting the world’s news from digital attack (melindungi berita dunia dari serangan digital). Mungkin maksudnya adalah sinyalemen Google untuk merangkul perusahaan pebisnis warta kelas dunia untuk bersama-sama waspada. Sekedar waspada? Yuk mari kita lihat sejauh mana informasinya.

Artikel tersebut ditulis pada 25 Februari 2016, masih gress tentunya. Bahwa web memang menjadi perangkat penting bagi banyak perusahaan berita. Dan faktanya penggunan web sebagai basis penyiaran berita menjadi kian meningkat kuantitasnya. Web menjadikan pebisnis berita berkomunikasi semakin cepat. Web juga memungkinkan perusahaan layanan berita melakukan riset secara lebih mudah. Web pun terbukti ampuh mendistribusikan konten berita ke pemirsa di seluruh dunia.

Google Project Shield

Tidak jarang sebuah web menjadi saluran utama distribusi informasi penting, juga sebagai jurnalisme yang bersifat investigasi yang menerangi lorong-lorong kegelapan di masyarakat dan menyoroti sudut-sudut remang dunia ekonomi, tidak jarang pula web menjadi media yang melahirkan reportase-reportasi yang menguak hal-hal salah sehingga menyulut kemarahan. Web berita juga menjadi saluran yang bisa membawa perubahan.

Demikian dahsyatnya dampak media website berita pada saat sekarang ini. Dan selalu saja adakan mereka yang tidak menyukai reportasi-reportasi yang membawa perubahan tersebut. Mereka ingin membungkam jurnalisme.

Membungkam website berita bisa dilakukan dengan cara mudah seperti menyebarkan serangan bernama DDoS (denial of service). Serangan di DDoS ini paling populer di dunia sekuriti online. Serangan DDoS ini tujuan fatalnya adalah mematikan total sebuah komputer atau server bahkan tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Google Project Shield

Serangan-serangan DDoS semacam ini jelas mengancam kebebasan berekspresi, kebebasan mengakses informasi. Google secara mendasar padahal ada untuk menyediakan dua hal itu; bebasnya berekspresi dan bebasnya mengakses informasi.

Beberapa tahun lalu Google membuat sebuah proyek bernama Project Shield. Project Shield ini menjadi semacam upaya dengan memanfaatkan infrastruktur keamanan Google guna mendeteksi dan menyaring serangan-serangan terhadap web-web penyedia berita dan web-web penyedia informasi hak-hak kemanusiaan.

Google kini sedang memperluan proyek tersebut terutama di kalangan para penguji di lingkungan Google. Google konon mulai membuka akses terhadap informasi Project Shield ini secara umum pada semua web-web berita dan melindungi mereka dari serangan DDos dan meng-eliminasikan DDoS sebagai sebuah bentuk penyensoran.

Jared Cohen menuliskan bahwa Google belajar banyak dari para penguji di tahap-tahap awal. Tidak saja Google membuat web berita tetap online ketika dalam kondisi terserang DDoS, Google juga mempelajari info-info krusial tentang cara terjadinya serangan DDoS dan cara menanggulanginya.

Dengan melakukan ekspansi tersebut, puluhan ribu situs-situ berita akan memiliki akses terhadap Project Shield.

Project Shield ini konon gratis bahkan untuk lembaga berita independen paling kecil sekalipun akan bisa tetap berkarya tanpa takut dihabisi oleh serangan-serangan seperti DDoS.

Pada akhirnya, proyek Project Shield tersebut tidak saja bertujuan untuk melindungi jurnalisme, akan tetapi juga berupaya melakukan perbaikan akan sehatnya internet. Caranya adalah dengan melakukan mitigasi terhadap ancaman-ancaman serius terhadap pembuat konten berita dan kepada siapa saja yang bermasalah ketika hendak menerbitkan konten.

Internet yang bebas dan terbuka sangat bergantung pada terlindunginya kebebasan arus informasi. Dan hal itu dimulai dengan melindungi informasi berita, melindungi web-web yang menyediakan berita.

Apakah Anda ingin mengetahui lebih mendalam soal Project Shield? Jika Anda berkarya dalam lingkungan jurnalisme, kunjungi website resmi Project Shield di sini: https://projectshield.withgoogle.com/ dan temukan cara bergabung untuk melindungi dunia berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *