Ini dia Trik Memilih Kamera DSLR Second

Trik Belajar Fotografi bagi Pemula
Trik Belajar Fotografi bagi Pemula
July 12, 2015
Kamera Hape Bisa Jadi Fotografer Profesional
Dengan Kamera Hape Bisa Jadi Fotografer Profesional
July 19, 2015

Ini dia Trik Memilih Kamera DSLR Second

Memilih Kamera DSLR Second

Bagaimana Trik Memilih Kamera DSLR Second? Bagaimana memilih kamera DSLR Second yang tepat? Ya, kamera DSLR memang sangat wajib dimiliki bagi Anda yang sedang belajar fotografi ataupun gemar bergelut di dunia fotografi. Bagi para pemula, memilih kamera DSLR yang bekas bisa menjadi pilihan sebab kini harga jual kamera DSLR sendiri tergolong cukup mahal.

Memilih Kamera DSLR Second

Jadi, untuk Anda yang sedang belajar sangat efektif untuk mencoba bereksperimen dengan DSLR Second terlebih dulu. Beda halnya untuk Anda yang sudah mahir, tentu pilihan paling bagus adalah memiliki kamera DSLR terbaru yang berkualitas tinggi.

Untuk membeli kamera DSLR Second sendiri membutuhkan ketelitian Anda ketika memilihnya. Anda harus memastikan supaya Anda tetap memperoleh kamera yang berkualitas prima.

6 Cara Memilih Kamera DSLR Second

Tentunya Anda tak salah memilih kamera yang sudah benar-benar rusak. Adapun hal paling utama ketika memilih kamera DSLR Second yaitu Anda harus memastikan jika Anda membelinya dari pihak yang benar-benar terpercaya. Selain itu, ada beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli kamera DSLR bekas atau Second berikut ini :

1. Lakukan Pengecekan Debu Sensor

Hal yang begitu penting saat memilih kamera bekas adalah dengan mengecek bagian sensor. Caranya adalah dengan melepas bagian body cap atau lensa. Cek dan amati bagaimana keadaan sensor tersebut, kemudian lihat dengan seksama debu yang kemungkinan menempel di bagian sensor ini. Bila Anda tak dapat melihat sensor, bisa dengan mengambil 1 gambar saja kemudian lihat hasilnya, apakah terdapat noda yang tercetak di gambar tadi ataukah tidak.

2. Lakukan Pengecekan Dead Pixel

Untuk mengecek dead pixel ini, Anda bisa mencoba mengambil beberapa foto. Bila Anda menjumpai area yang terlihat tak berwarna berarti kemungkinan adanya dead pixel. Anda bisa memindahkan foto tadi ke layar komputer untuk melakukan pengecekan apakah adanya dead pixel tadi hanya terdapat di layar LCD kamera saja serta tak berdampak buruk bagi hasil foto bisa juga justru dead pixel tersebut terdapat pada sensor kamera yang Anda hendak pilih.

3. Cek Autofokus

Anda bisa mengecek autofokus dengan mengambil 1 buah gambar agar bisa melihat kecepatan kamera ketika melakukan fokus. Setelah itu, fokuskan pada titik tertentu memakai singlet AF serta zoom agar melihat bagaimana ketajaman hasil gambarnya. Uji dalam continuous AF melalui pemotretan objek bergerak kemudian amati hasilnya.

4. Cek Mounting Lensa

Bila Anda membeli kamera dengan keunggulan dapat berganti lensa, pastikan pada bagian uliran atau monting lensa tak terdapat kerusakan maupun cacat. Selain itu, Anda pun bisa mengecek apakah bagian mounting lensa tadi benar-benar cocok atau kompatibel sesuai lensa kamera yang telah Anda miliki. Bila memang tak cocok, Anda pun wajib membeli lensa kamera lagi yang benar-benar sesuai.

5. Cek Bodi Kamera

Jika Anda ingin mengetahui adanya kerusakan pada kamera, cukup dengan melihat kerusakan di bagian bodi kamera saja. Sebab dengan rusaknya bodi luar kamera berarti bagian dalam kamera pun kemungkinan besar telah mengalami kerusakan. Untuk itu, Anda perlu berwaspada ketika melihat cacat fisik pada bodi kamera yang hendak Anda beli. Periksa atau cek kembali semua tombol dalam kamera, apakah berfungsi dengan baik ataukah tidak. Selain itu, Anda juga haru memastikan bagian flash kamera bekerja secara optimal.

6. Cek Kartu Memori dan Baterai

Selanjutnya, Anda bisa mengecek slot pada kartu memori ataupun baterai apakah etrdapat kerusakan atau tidak. Slot baterai sendiri dapat Anda jumpai di kamera bagian bawah, sementara slot memori umumnya terletak di samping atau sisi kamera. Anda bisa mengecek apakah terdapat pin bengkok ataupun terdapat kotoran.

Itulah beberapa beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih kamera DSLR Second yang tepat agar memiliki kamera Second berkualitas masih prima!