Karbon dioksida ternyata bisa diubah menjadi batu
Emisi Karbon Dioksida Ternyata Bisa Diubah Menjadi Batu
August 31, 2016
Dunia masih kekurangan 69 juta orang pengajar
Darurat Guru, Dunia Masih Kekurangan 69 Juta Orang Pengajar
October 7, 2016

Inilah Tujuan Bersekolah Menurut Pendapat Masyarakat Amerika Serikat

Tujuan Bersekolah Menurut Pendapat Masyarakat Amerika Serikat

School education learning USA Children, Photo from Wikipedia.

Apakah tujuan dari bersekolah? Tentu Anda bisa menjawab dengan mudah bukan? Menurut saya tentu bersekolah terutama bagi anak-anak kita adalah agar mereka mendapatkan pendidikan untuk masa depan mereka yang lebih baik. Namun bagi masyarakat bagi sebuah negara Amerika Serikat, ternyata mereka memiliki jawaban-jawaban yang unik. Ingin tahu tujuan bersekolah menurut pendapat masyarakat Amerika Serikat?

Inilah bersekolah menurut pendapat masyarakat Amerika Serikat. Sekolah. Untuk apa? Sebuah pertanyaan yang terdengar mudah untuk dijawab, namun sebuah polling baru-baru ini di Amerika Serikat menunjukkan jika masyarakat di sana memiliki opini yang berbeda tentang apa tujuan anak-anak bersekolah.

Polling tersebut berjudul ‘Public’s Attitudes Toward the Public Schools’ (Sikap Masyarakat terhadap Sekolah Umum). Polling tersebut diselenggarakan oleh sebuah asosiasi global pada pendidik profesional bernama PDK International.

PDK meminta masyarakat Amerika Serikat menyebutkan tujuan utama dari sekolah. Hanya 45 persen dari masyarakat yang menjadi responden polling tersebut yang mengatakan bahwa tujuan utama sekolah adalah mempersiapakan para siswa untuk lulus ujian.

Seperempat peserta polling menjawab bahwa sekolah bertujuan untuk mempersiapkan anak-anak untuk bekerja.

Sekitar 26 persen lebih sedikit yang meyakini bahwa alasan paling utama sekolah adalah agar anak-anak mendapat pengajaran yang baik tentang menjadi warna negara.

Ketua dari PDK, Johsua Starr menyebutkan bahwa polling tersebut mempertanyakan apakah sekolah telah melakukan fungsinya dengan benar?

Johsua mengatakan: “Dengan polling ini kami benar-benar mempertanyakan apakah arah pendidikan yang kami lakukan telah benar-benar konsisten dengan keinginan masyarakat luas”.

Johsua mengutip sebuah pernyataan dari seorang penulis bernama James Baldwin yang mengatakan tentang tujuan sekolah pada tahun 1963. James Baldwin mengatakan bahwa sekolah bertujuan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada semesta dan belajar untuk hidup bersama pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Sementara itu para pelajar memiliki opini berbeda tentang tujuan bersekolah. Menurut salah seorang pelajar berusia 15 tahun bernama Elena Brankov, sekolah mengajarkan anak-anak untuk kreatif, mengajarkan anak-anak untuk berbagi ide-ide dengan sesama, dan sekolah mengajarkan penggunaan teknologi guna membuat dunia menjadi lebih baik.

Lain halnya dengan Lyndon Bailey, pelajar yang juga berusia 15 tahun ini mengatakan bahwa sekolah hanya menjadikan anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk nantinya menjadi robot yang akan bekerja bagi orang-orang kaya dan membuat orang-orang kaya tersebut semakin kaya saja.

Nah itulah tujuan bersekolah menurut pendapat masyarakat Amerika Serikat. Bagaimana menurut pendapat Anda tentang tujuan anak-anak disekolahkan? Sepakat dengan salah satu jawaban polling masyarakat USA tersebut? Atau Anda punya jawaban lain? Atau jangan-jangan Anda bingung tentang dunia pendidikan di Indonesia yang ganti menteri ganti kurikulum. Atau Anda gelisah dengan hasil pendidikan pada generasi sekarang. Atau Anda mengkritisi kualitas para pengajar? Bisa dong Anda curhatkan jawaban Anda di kolom komentar di bawah ini.

Berita dan informasi tentang polling tujuan bersekolah menurut pendapat masyarakat Amerika Serikat ini bersumber dari: