Tips agar Dapat Memulai Investasi Saham untuk Pemula

Tips agar Dapat Memulai Investasi Saham untuk Pemula

Saham merupakan salah satu jenis investasi yang paling direkomendasikan untuk pemula karena modal yang dibutuhkan relatif murah dan cocok untuk kondisi keuangan generasi milenial. Namun, sebelum terjun ke investasi saham, kamu harus memahami cara bermain saham yang aman untuk meminimalisasi risiko serta mendapatkan peluang keuntungan yang besar. Penasaran? Berikut ini beberapa tips investasi saham untuk pemula yang bisa kamu cermati.

1.       Pahami Risiko

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah berusaha memahami risiko saat akan memulai investasi saham. Ada berbagai jenis saham di bursa efek. Kenali jenis saham yang sesuai dengan karaktermu. Jika kamu adalah tipe yang menyukai tantangan, kamu bisa mencoba berinvestasi saham yang mempunyai kapitalisasi pasar kecil hingga menengah.

Sebaliknya, kamu bisa mencoba berinvestasi di saham BUMN dan saham-saham blue chip jika kamu adalah tipe orang yang hati-hati. Jenis saham ini pergerakannya lebih stabil dan memiliki risiko yang minimal.

2.       Pilih Keuntungan yang Diinginkan

Setelah memahami risiko investasi saham, pilih keuntungan yang diinginkan. Ada dua jenis keuntungan dalam investasi saham: pembagian dividen dan capital gain. Dividen merupakan keuntungan yang dibagikan perusahaan kepada pemegang saham sesuai dengan jumlah kepemilikan masing-masing.

Sedangkan, capital gain merupakan keuntungan yang didapatkan dari selisih harga pembelian dan penjualan saham. Pelajari mana yang lebih menguntungkan dari kedua jenis keuntungan tersebut.

3.       Tentukan Tujuan Investasi

Tips memulai  investasi saham untuk pemula selanjutnya adalah menentukan tujuan investasi. Pertimbangkan tujuan investasi saham yang diinginkan. Apakah bersifat jangka pendek, menengah, atau panjang.

Dari jangka waktu yang ada, disarankan untuk setidaknya memilih tujuan investasi dalam jangka menengah karena akan terlihat keuntungannya. Investasi saham dalam jangka pendek tidak terlalu disarankan karena keuntungan yang diperoleh akan terpotong biaya administrasi untuk broker. Selain itu, jenis investasi ini tidak fleksibel karena mengharuskan kamu mengawasi pergerakan saham setiap saat.

4.       Siapkan Dana Investasi

Setelah menentukan jenis keuntungan dan target yang diinginkan, kamu bisa mulai mempersiapkan dana investasi. Besaran deposit untuk saham cukup murah dan bervariasi, mulai dari Rp100.000. Tentukan sendiri jumlah modal yang siap diinvestasikan dan harga saham yang akan dibeli.

Buka rekening di perusahaan sekuritas yang tepercaya dan masukkan dana investasi ke dalam rekening tersebut. Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang menjadi anggota bursa efek dan bergerak di bidang transaksi sekuritas (jual beli efek).

5.       Ikuti tentang Kabar Saham Secara Rutin

Setelah terjun dalam dunia saham, sangat penting untuk terus mengikuti berbagai kabar saham dari sisi ekonomi, emiten (perusahaan yang sahamnya kamu beli), diversifikasi saham (investasi pada lebih dari satu jenis saham), analisis fundamental, serta mempraktikkan analisis teknikal (cara membaca arah pergerakan saham).

Dengan mengikuti kabar saham secara rutin, kamu dapat melakukan tindakan preventif terhadap investasi saham ketika mulai merugi.

Inilah tips-tips yang bisa diterapkan terkait investasi saham untuk pemula. Investasi saham merupakan salah satu cara untuk mencapai target keuangan yang diinginkan. Untuk memulai investasi saham, kamu juga bisa bergabung bersama Qazwa.

Qazwa merupakan platform investasi berbasis syariah tepercaya dan terdaftar di OJK. Di sini kamu bisa memulai investasi mikro dengan modal mulai dari Rp5.000 dengan keuntungan hingga mencapai 24% dalam setahun. Mulailah hijrah finansial bersama Qazwa melalui pembiayaan syariah, agar hidup jadi lebih berkah.

Leave a Reply

Butuh bantuan Download dan Info Lengkap?