Ternyata Semutpun Bersuara
Ternyata Semutpun Bersuara : sebuah pengalaman pribadi mendengar suara semut
June 19, 2009
Hal-hal yang Tidak Bisa Dibeli dengan Uang
Hal-hal yang Tidak Bisa Dibeli dengan Uang
February 9, 2011

Jangan takut hidup sengsara. Sengara itu wajib. Anda orang kaya? Ketika suatu saat jatuh miskin, kebanyakan dari anda tidak siap. Percaya saja. Menjadi miskin harta setelah semasa hidup penuh harta,  suatu hal yang sangat menyengsarakan, berbeda dengan menjadi miskin kembali.

Mereka yang berbahagia dan bergelimang harta berawal dari jerih payah serta  merangkak dari kemiskinan mungkin tidak sulit beradaptasi dengan kemiskinan  kembali.

Menjadi kaya mendadak dan mendapat kebahagiaan tentu lebih mudah mengadaptasinya. Siapapun anda tidak akan butuh waktu lama untuk lepas dari kikuk menjadi OKB. Menjadi kaya kembali malah lebih mudah menyikapinya.

Ok, harta memang salah satu bentuk kebahagiaan; meski dengan banyak resiko. Tapi siapa anda, apapun faktor kebahagiaan anda, suatu saat kesengsaraan bisa saja menyambangi, kapan saja.

Jangan takut hidup sengsara

Di dalam Islam, cobaan hidup menjadi sebuah ujian wajib dari Tuhan, Allah SWT. Cobaan itu bisa berupa rasa takut; takut itu manusiawi tetapi ada kalanya rasa takut datang berlebihan. Dalam konteks negara, ketidak-stabilan politik bisa memicu segala macam rasa takut kepada semua warga negara. Kelaparan merupakan ancaman utama negara-negara berkembang yang terhimpit krisis ekonomi, pendapatan yang kian menyusut, lapangan dan kesempatan kerja yang langka, maka rasa lapar akan memicu tingkat kriminalitas meninggi.

Selain kemiskinan sebagai sebuah bentuk ujian menakutkan, kematian tentu ujian berat bagi mereka yang siap dan faham ataupun yang sedemikian mencintai hidup fana ini. Mati raga ini, matinya orang yang kita cintai, angka kematian yang tinggi dalam sebuah negeri, mati kesempatan, matinya popularitas hingga matinya inspirasi.

Kekurangan gizi dan vitamin juga ancaman utama, rendahnya tingkat pendidikan sebagian besar rakyat indonesia akan menyebabkan pemahaman mereka akan gizi sangat buruk! Wajar jika pepatah ayam mati kelaparan dalam lumbung atau bebek mati kehausan ketika berenang menjadi sesuai. Istilah zamrud katulistiwa bagi Indonesia tidak berarti apa-apa jika para penghuninya terkungkung keterbelakangan intelektualitas alias kebodohan.

Sabar dan tawakkal bukanlah pasrah menyerah! Kesabaran adalah keuletan, tawakkal adalah kebijaksanaan. Rasa takut bukan untuk dijauhi, rasa takut adalah pemicu untuk berani, berani berbuat, berusaha dan berkorban. Ancaman kelaparan adalah peluang bagi mereka yang berlebih harta untuk berbagi dalam wadah zakat, infak dan sodaqoh, wadah pahala bagi mereka yang bersabar dalam lapar, bersabar untuk tidak  berbuat dzolim. Kematian itu kepastian, hanya kondisinya saja yang harus dipersiapkan. Mau mati sebagai penghianat atau pahlawan, mati dalam khusnul khotimah atau mati berkondisi suu’ul khotimah.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar” (Al Baqarah : 155) Allahu A’lam