Jenis Jenis Koneksi Internet Wireless

Mengenal Teknologi Wireless untuk Akses Internet Cepat
Mengenal Teknologi Wireless untuk Akses Internet Cepat
November 16, 2015
Youtube Red Ancam Netflix dan Amazon
Youtube Red Ancam Netflix dan Amazon untuk Mengeluarkan Lebih Banyak Uang
December 22, 2015

Jenis Jenis Koneksi Internet Wireless

Apa sajalah jenis jenis koneksi internet wireless itu? di artikel tentang internet cepat wireless ini kami akan menjelaskannya untuk Anda. Sebelum akses jaringan internet secara nirkabel/tanpa kabel atau wireless berkembang pesat seperti sekarang, dulunya pengguna yang ingin memanfaatkan akses jaringan internet harus menggunakan kabel sebagai konektornya.

Sebutlah beberapa tipe koneksi internet yang menggunakan kabel yang tentunya masih digunakan hingga saat ini seperti dial-up (akses internet melalui jalur PTSN/public switched telephone network), ADSL (asymetric digital subcriber line), LAN (local area network), dan tv kabel.

Bagi Anda yang berdomisili terdekat Karawang dengan beberapa kawasan industri seperti KIIC Suryacipta hingga di Cikarang Bekasi, maka provider internet cepat wireless rekomendasi kami adalah UniNa.net yang bisa menyediakan akses internet global dengan teknologi dedicated backbone Fiber Optic dan Wireless.

Jenis Jenis Koneksi Internet Wireless

Jenis Jenis Koneksi Internet Wireless

Dengan kecepatan mulai dari 1 Mbps untuk akses internet 24/7, layanan Unina.net sangatlah reliabilitas dan handal dengan performansi akses terdukung ketersediaan bandwidth ke global internet.

Kontak kami: di Jl. Raya Telagasari (Ruko Depan SMAN I Telagasari). Telagasari – FAISAL MUCHTAR Telp: 0856.9245.9912 / 0878.0016.4198 Email: faisalpenyair@gmail.com / faisalpenyair@cbr.co.id Web: https://faisalnetwork.com

Perkembangan Koneksi Wireless

Dalam perkembangannya sekarang, bermunculan banyak koneksi internet yang memanfaatkan jaringan nirkabel alias wireless. Tentu saja jenis-jenis koneksi seperti ini semakin memanjakan dan memudahkan pengguna dalam mengakses internet.

Nah, jenis-jenis koneksi wireless yang umum kita kenal sekarang di antaranya adalah GPRS (general pocket radio service), 3G (third-generation technology), wi-fi (wireless fidelity), wireless broadband (wibro), dan lainnya.

Saat ini telah hadir teknologi jaringan wi-fi dengan pembaruan yang lebih handal yaitu IEEE 802.11. pembaruan jaringan wi-fi tersebut terus dikembangkan guna menyuguhkan suatu koneksi dan internet cepat wireless yang lebih baik.

Apa Itu IEEE 802.11?

IEEE 802.11 yang saat ini dikembangkan sudah berada pada versi 802.11ac. Dengan pembaruan ini koneksi internet yang disajikan memiliki tingkat kecepatan pengiriman data tiga kali dari IEEE 802.11n.

Di tahun 2015 semua jaringan yang memiliki koneksi wi-fi sudah bisa menggunakan teknologi IEEE 802.11ac tersebut. Pengguna bisa lebih leluasa mengakses internet melalui perangkat komputer maupun gadgetnya dengan koneksio wi-fi tersebut.

IEEE 802.11ac merupakan standarisasi dalam koneksi wireless generasi kelima (5G wi-fi). Kecepatannya sendiri bisa mencapai 1,3 Gbps. Ada yang menganggap bahwa 802.11ac sebagai penyempurna dari 802.11n.

Nah, dengan koneksi wireless generasi kelima ini jangkauan gelombang atau frekuensinya akan ditingkatkan. IEEE 802.11ac akan bekerja pada frekuensi 5 GHz. Dan di saat yang sama terutama pada IEEE 802.11n juga akan disematkan kemampuan bekerja pada gelombang 2,4 GHz.

Kelebihan IEEE 802.11ac

Lantas apa saja keunggulan yang ditawarkan pembaruan standarisasi wi-fi ini bagi akses internet? Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan 802.11ac bagi pengguna koneksi wireless.

  1. Pemanfaatan chanel yang lebih besar yaitu 80 MHz. Dengan kapasitas chanel seperti ini pengiriman data dalam jumlah lebih banyak bisa dilakukan dengan mudah. Channel ini juga mendukung dalam penggunaan modulasi QAM yang lebih efisien.
  2. Berjalan pada frekuensi gelombang 5 GHz dengan menawarkan sinyal yang lebih tinggi dan stabil. Kemungkinan terjadinya gangguan atau sinyal yang tak stabil bisa diminalisir menjadi lebih sedikit daripada frekeunsi sebelumnya.
  3. Memakai 8 antena. Penggunaan antena seperti ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan koneksi hingga 7 Gbps. Kecepatan akses demikian membuat koneksi internet menjadi lebih baik dan stabil.
  4. Memakai teknologi beamforming. Teknologi ini akan membuat daya jangkau dan sinyal wireless lebih terarah dan sangat efektif. Berbeda dengan perangkat wireless (wi-fi) yang ada saat ini yang sebaran sinyalnya ke segala arah dan radius yang terkadang membuat koneksi internet menjadi tak stabil.

Pastinya dengan kehadiran pembaruan dan standarisasi jaringan wireless ini membuat harapan sebagian besar pengguna perangkat komputer maupun gadget untuk mendapat akses dan koneksi internet yang lebih cepat dan lebih baik dapat terpenuhi.

Suatu perkembangan yang positif bagi konekstivitas internet yang lebih menjanjikan. IEEE 802.11ac membuat koneksi dalam transfer data, penelusuran maupun menikmati internet lebih baik. Itulah kelebihan dari internet cepat wireless. Demikianlah artikel penjelasan tentan jenis jenis koneksi internet wireless.