Kacang dan Telur Bisa Mencegah Alergi pada Bayi

Kecanduan internet bisa mengakibatkan masalah kesehatan mental
Kecanduan Internet Bisa Mengakibatkan Masalah Kesehatan Mental
October 5, 2016
Menonton film sedih ternyata dapat mengurangi rasa sakit
Menonton Film Sedih Ternyata Dapat Mengurangi Rasa Sakit
October 7, 2016

Tahukah Anda bahwa ada penelitian baru yang menyebutkan jika kacang dan telur bisa mencegah alergi pada bayi?Banyak orang memiliki alergi terhadap makanan seperti telur dan kacang. Bahkan alergi terhadap kacang bisa menyebabkan kematian. Akan tetapi ada beberapa periset dengan hasil penelitian mereka yang malah menyatakan sebaliknya.

Mereka adalah para peneliti dari Imperial College London yang mengatakan memberi bayi telur dan kacang bisa mencegah alergi ketika bayi nantinya telah dewasa.

Para peneliti tersebut mencermati pada 146 studi yang berbeda-beda pada anak-anak ketika pertama kali memakan telur dan kacang. Studi itu melibatkan 200 ribu anak-anak. para periset menemukan bahwa jika bayi berumur antara 4 hingga 6 bulan yang memakan telur, 40 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan alergi telur daripada anak-anak yang makan telur di kemudian hari. Bayi-bayi yang berumur antara 4 hingga 11 bulan yang makan makanan seperti biskuit kacang, 70 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengidap alergi kacang.

Salah seorang periset, Robert Boyle mengatakan alergi telur dan kacang adalah 2 alergi paling umum pada anak-anak.

Dr Boyle menyarankan agar para orang tua berhati-hati ketika memberi bayi mereka telur dan kacang. Ia lebih lanjut mengatakan bayi sebaiknya jangan diberi makan biskuit kacang sekaligus sebab bisa menyebabkan tersedak. Berikan pada bayi hanya biskuit kacang yang lembut dan tidak renyah.

Alergi makanan lainnya adalah seperti kedelai, gandum, wijen, ikan dan makanan laut. Para periset juga mengatakan jika memberikan jenis makanan-makanan tersebut kepada bayi sebelum berumur setahun akan mencegah alergi. Orang tua pun sebaiknya memeriksakan kesehatan bayi mereka setiap kali mendapat asupan makanan baru.

Para peneliti itu juga menyebutkan jika masih dibutuhkan banyak penelitian untuk menemukan usia terbaik bagi bayi untuk mulai mengkonsumsi telur dan kacang.

Informasi kesehatan tentang kacang dan telur bisa mencegah alergi pada bayi ini bersumber dari: