Kapan Waktu Terbaik Posting di Instagram

Kapan waktu terbaik posting di instagram untuk berbagi foto dan video? Mungkin menjadi hal yang Anda butuhkan agar foto dan video Anda di Instagram mendapatkan lebih banyak penonton, yang menyukai dan komentar. Mengenai hal ini sebenarnya agak sedikit rumit.

Mengapa? Pertama karena Instagram lebih banyak diakses melalui perangkat mobile, kemudian penggunanya hanya melihat sekilas saja dan umpan balik yang diberikan dapat dilakukan setiap saat ketika pengguna menginginkannya dan di mana saja. Kedua, dibandingkan sosial media lainnya, posting, penonton, dan interaksi di Instagram cenderung berbeda, sehingga sedikit sulit menentukan kapan waktu paling aktif dari penggunanya.

Kapan Waktu Terbaik Posting di Instagram

Pertimbangan tentang Kapan Waktu Terbaik Posting di Instagram

Untuk mengetahui kapan waktu terbaik posting di instagram, Anda harus mempertimbangkan dua faktor ini.

a) Demografis dari target audien

Untuk orang dewasa yang bekerja dari jam 9 pagi hingg 5 sore mungkin cenderung melihat Instagram di pagi hari, sedangkan anak-anak kuliah biasanya menghabiskan waktunya hingga malam hari dan biasanya sedikit lebih aktif di Instagram pada jam tersebut. Jadi sangat penting untuk mengidentifikasi target audiens Anda.

b) Perbedaan zona waktu

Jika Anda sudah memiliki pengikut atau target audien dari seluruh dunia, maka posting pada waktu tertentu mungkin tidak akan memberikan hasil yang sama. Bandingkan dengan Anda yang memiliki pengikut dengan zona waktu yang sama, maka keterukurannya akan jauh lebih mudah.

Slot waktu

Meskipun sulit menentukan kapan waktu terbaik posting di instagram karena sangat bergantung  pada target audiens Anda serta bagaimana Anda menggunakan Instagram untuk berhubungan dengan pengikut Anda. Namun, Anda bisa bereksperimen dengan menggunakan slot waktu populer berikut ini.

  • Pagi hari

Pada pukul 7.00  hingga 9.00 merupakan waktu yang baik untuk posting, karena semua orang baru saja bangun, dan kebanyakan orang saat ini sering memeriksa ponselnya untuk melihat apa dilewatkannya selama tertidur.

  • Tengah hari

Pada pukul 11.00 hingga 14.00 merupakan waktunya istirahat dan  makan siang, sehingga  orang-orang bisa dengan leluasa melakukan hal yang mereka inginkan, termasuk memeriksa akun media sosialnya.

  • Malam hari

Pada pukul 17.00 – 19.00 merupakan waktu berakhirnya rutinitas harian, baik bekerja maupun sekolah, sehingga orang-orang mengunakannya untuk bersantai dengan duduk santai sambil memeriksa ponselnya.

Slot hari

Jika Anda ingin memperoleh banyak  komentar dan tanda suka dari pengguna lain, Anda dapat menggunakan slot hari di bawah ini.

  • Kebanyakan orang paling sering melakukan posting pada hari kamis

Dari semua hari dalam seminggu, ternyata hari kamis cenderung digunakan pengguna Instagram untuk posting. Tidak ada alasan yang jelas mengapa harus hari kamis, tetapi mungkin hal ini ada hubungannya dengan kepopuleran tanda pagar #ThrowbackThursday.

  • Kebanyakan orang paling sering berinteraksi pada hari minggu

Jika Anda ingin posting dan mengharapkan banyak pengikut yang suka dan berkomentar, maka pilihlah hari minggu. Sebab hari minggu merupakan hari dengan tingkat interaksi yang lebih tinggi dibandingkan hari lainnya.

  • Posting video setelah jam kerja/sekolah

Interaksi video dan foto di Instagram cenderung sedikit berbeda. Jika Anda berkeinginan agar  video yang Anda buat dilihat banyak orang, maka gunakan waktu sore ke malam hari. Sebab video mengandung suara yang bisa mengganggu rutinitas harian, sehingga kemungkin besar tidak akan dibuka ketika waktu bekerja maupun sekolah. Jadi posting video ketika audien sedang bersantai.  Jadi jangan Anda tidak perlu bingiung dan bertanya-tanya lagi tentang kapan waktu terbaik posting di instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *