Tumbuhan memiliki kecerdasan dalam mengambil keputusan
Tumbuhan Memiliki Kecerdasan dalam Mengambil Keputusan
August 29, 2016
Tujuan Bersekolah Menurut Pendapat Masyarakat Amerika Serikat
Inilah Tujuan Bersekolah Menurut Pendapat Masyarakat Amerika Serikat
September 5, 2016

Emisi Karbon Dioksida Ternyata Bisa Diubah Menjadi Batu

Karbon dioksida ternyata bisa diubah menjadi batu

Tahukah Anda jika emisi CO2 atau karbon dioksida ternyata bisa diubah menjadi batu? Jika Anda ingin tahu solusi terbaru tentang permasalahan global warming terutama sekali karena tersebabkan oleh emisi CO2 atau pembakaran gas karbon dioksida, maka kini beberapa ilmuwan telah berhasil mengatasinya. Ya beberapa ilmuwan telah berhasil mendatangkan sebuah solusi cerdas dan mudah dalam mengatasi permasalahan emisi karbon dioksida yaitu dengan mengubah wujudnya menjadi batu.

Para peneliti yang melakukan riset di Islandia beberapa waktu lalu memompakan sebanyak 220 ton karbon dioksida jauh ke dalam tanah di bagian bawah bebatuan vulkanik.

Karbon dioksida ternyata bisa diubah menjadi batu

Karbon dioksida itu ternyata kemudian ber-reaksi dengan mineral-mineral yang berada di bebatuan dan setelah melewati beberapa waktu yang relatif tidak lama, karbon dioksida itupun berubah menjadi semacam zat yang berbentuk kapur solid yang mirip batu kapur.

Tim peneliti benar-benar terkejut dengan hasil percobaan konversi karbon dioksida tersebut dan terlebih waktu yang dibutuhkan ternyata lebih singkat.

Ilmuwan yang mengepalai tim penelitian tersebut, Doktor Juerg Matter mengatakan bahwa 220 ton material yang mengandung CO2 tersebut, 95 persen terkonversi menjadi batu kapur dalam hanya dua tahun saja.

Doktor Juerg Matter mengaku hal tersebut cukup mengejutkan untuk semua ilmuwan yang tergabung dalam proyek tersebut. Konversi tersebut sangat-sangat cepat.

Para ilmuwan berharap eksperimen mereka bisa diterapkan pada skala yang lebih besar terutama pada skala industri yang lebih luas. Konversi CO2 menjadi batu kapur tentu akan membantu meringankan permasalahan bertambahnya emisi CO2 yang mengotori atmosfer dan membuat planet bumi semakin panas.

Konversi karbon dioksida ini dapat menjadi semacam cara paling ampuh, teknik paling jitu dari permasalah menangkap dan menyimpan karbon (CCS / Carbon Capture and Storage).

Banyak sekali cara-cara dalam CCS yang menggunakan metode penyuntikan dan pembungkusan CO2 ke dalam tanah namun hasilnya masih ada saja emisi yang bocor menembus tanah dan terbang ke udara.

Doktor Matter sangat antusias dengan pencapaian tim pada eksperimen tersebut. Menurutnya adalah penting untuk memperhatikan emisi karbon yang kian meningkat dan keberhasilan eksperimen mereka merupakan cara penyimpanan paling permanen dengan mengubah wujud CO2 kembali menjadi batu.

Informasi sains lingkungan tentang emisi karbon dioksida ternyata bisa diubah menjadi batu ini bersumber dari: