Kecanduan Internet Bisa Mengakibatkan Masalah Kesehatan Mental

Dokter di Kanada Meminta Parfum Dilarang di Rumah Sakit
Dokter di Kanada Meminta Parfum Dilarang di Rumah Sakit
August 30, 2016
Kacang dan Telur Bisa Mencegah Alergi pada Bayi
Kacang dan Telur Bisa Mencegah Alergi pada Bayi
October 6, 2016

Tahukah Anda bahwa kecanduan internet bisa mengakibatkan masalah kesehatan mental? Sebuah survey baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang terlalu banyak menggunakan internet akan memiliki masalah kesehatan mental.

Survey tersebut mengatakan bahwa mereka yang kecanduan internet akan bermasalah dalam kehidupan mereka jika mereka bisa online seperti biasanya.

Survey tersebut dilakukan di universitas McMaster, Kanada. Para periset meneliti kebiasaan dari 254 mahasiswa dan kemudian melihat catatan kesehatan mental mereka secara umum.

33 mahasiswa yang disurvey kemudian dinyatakan kecanduan internet. Para periset mengatakan bahwa 107 mahasiswa lainnya memiliki masalah karena penggunaan internet mereka.

Penyakit kecanduan internet ini bisa ditenggarai dari adanya depresi pada pengidapnya, kecemasan, impulsif, dan tidak bisa memperhatikan.

Michael Van Ameringen, seorang professor yang mengepalai riset tersebut menyebutkan bahwa penyakit bahaya kecanduan internet baru sedikit sekali diketahui. Banyak riset masih dibutuhkan untuk mengungkap lebih jauh seperti apa bahaya kecanduan internet.

Lebih lanjut Van Ameringen menjelaskan tentang masalah yang ia temukan pada para mahasiswanya.

Ia mengatakan, “Kami menemukan bahwa mereka para mahasiswa yang kecanduan internet memiliki masalah yang signifikan dalam menjalani aktivitas harian mereka; seperti ketika di rumah, ketika bekerja atau di sekolah dan di lingkungan sosial”.

Professor Van Ameringen menambahkan bahwa orang-orang dengan penyakit kecanduan internet juga memiliki tingkat depressi yang cukup signifikan, kecemasan, masalah dengan perencanaan, dan kacau dalam mengatur waktu.

Professor Van Ameringen mengatakan bahwa masih dibutuhkan upaya untuk mengetahui seberapa besar masalah kecanduan internet ini menyebabkan masalah kesehatan mental.

Informasi tentang kecanduan internet bisa mengakibatkan masalah kesehatan mental ini bersumber dari:

11 Tanda Kecanduan Internet

Bagaimana mengenali tanda-tanda kecanduan internet? Adalah ReSTART, sebuah pusat penanganan kecanduan internet yang berlokasi di Seattle membuat daftar beberapa pertanyaan guna mendapatkan diagnosa apakah internet membayangi kehidupan seseorang dan ia tidak dapat berpaling dari internet. Hilarie Cash, direktur eksekutif ReSTART, menyebutkan bahwa 11 tanda-tanda ketika seseorang mengalami kecanduan internet. Silahkan cek 5 dari 11 tanda kecanduan internet, jika Anda sudah mengalaminya, segeralah berwaspada.

  1. Merasa lebih baik ketika membuka situs favorit? Maka waspadalah jika iya. Semakin tinggi rasa senang Anda setiap terkait hal berbau komputer atau aktivitas internet, maka semakin tinggi resiko menjadi kecanduan.

  2. Banyak waktu habis buat internet? Jika Anda lebih banyak aktivitas online dan kegelisahan timbul ketika jauh dari komputer, berhati-hatilah karena Anda mungkin mulai kecanduan.

  3. Selalu gagal mengontrol penggunaan internet? Salah satu gejala kecanduan apapun adalah kegagalan untuk mengontrol perilaku, waspadalah.

  4. Keluarga dan teman terabaikan? Perhatikan poin ini, ini tanda Anda kecanduan.

Belum lama ini di Beijing Military Region Central Hospital, seorang anak laki-laki 12 tahun harus menjalani terapi kejut listrik untuk mengatasi kecanduan Internet yang dialaminya pada bulan Juni 2005 silam. Anak tersebut sangat kecanduan dengan internet. Ia menghabiskan empat hari berturut-turut dan hampir tidak makan dan tidur di sebuah warung internet.

  1. Lebih senang online dan tidak tertarik dengan kegiatan lain di dunia nyata?

  2. Berbohong dan merahasiakan berapa kali Anda telah menonton sebuah video di internet? Berbohong tentang apa yang anda lakukan di internet adalah Anda sudah berlebihan dengan internet.

  3. Pekerjaan dan Sekolah terganggu karena Internet? Memaksakan diri online ketika bekerja (padahal bukan pekerjaan yang terkait internet) atau belajar mengindikasikan Anda mulai tidak bisa lari dari internet.

  4. Masih memikirkan Internet ketika tidak menggunakannya? Selalu memikirkan aktivitas terakhir dan selalu merencanakan yang akan Anda lakukan kalau online nanti adalah salah satu tanda Anda kecanduan.

  5. Membohongi keluarga, dokter atau pihak lain demi lebih sering online?

  6. Apakah Anda selalu begadang sepanjang malam demi online, tidak bisa mengatur waktu, atau mengorbankan waktu tidur? Jika demikian, maka adalah yang salahg dengan hidup Anda, Anda telah kecanduan.

  7. Berat badan berubah, sakit punggung, sakit kepala, mengalami carpal tunnel? Itu karena Anda sudah tidak bisa lepas dari internet.

Jika sebagian besar 11 tanda kecanduan internet ini sudah Anda rasakan, sebelum kecanduan internet bisa mengakibatkan masalah kesehatan mental Anda, maka segeralah lakukan pencegahan. Segeralah beralih aktivitas dengan banyak terlibat kegiatan outdoor bersama keluarga atau teman. Perbanyak olah raga, jalan-jalan, berkemah, temui banyak orang dengan silaturrahim, dan lain sebagainya.

Sumber: https://www.netaddictionrecovery.com/the-problem/signs-and-symptoms.html