WhatsApp dan Tips Cara Menggunakannya
WhatsApp dan Tips Cara Menggunakannya
December 17, 2015
WhatsApp Update Terbaru Seperti Snapchat
WhatsApp Update Terbaru Seperti Snapchat Bikin Anda bisa Mengutak Atik Foto dan Berbagi Link Group
October 21, 2016

Menggunakan dan mengandalkan WhatsApp sebagai media ngobrol online Anda? Lebih dikenal WA, nah, apa sajakah kelebihan dan kekurangan WhatsApp ini?

Sebagai aplikasi chatting yang sudah ada sejak tahun 2009, kelebihan dan kekurangan Whatsapp sudah banyak dirasakan pengguna. WhatsApp (WA) dapat digunakan pada berbagai platform seperti Android, Symbian, Blackberry dan iOS. Tidak heran jika aplikasi ini sangat populer dan diunduh jutaan kali.

WA memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan, berbagi foto, maupun mengirim pesan suara dengan koneksi internet. Saat ini mulai bermunculan pesaing yang juga menawarkan kemampuan yang dimiliki WA berikut inovasi baru. Meskipun demikian, WA tidak pernah kehilangan peminat, sebab penggunaannya sangat mudah dan sangat lancar digunakan pada sistem operasi Android yang sedang naik daun. Pendaftarannya juga sangat mudah, cukup dengan nomor telepon yang digunakan. Berikut akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Whatsapp.

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp

>> DOWNLOAD WHATSAPP

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp

Kelebihan Aplikasi Whatsapp

1. Kontak telepon otomatis tersinkron

Hal ini memudahkan pengguna untuk berhubungan dengan teman yang ada pada kontak, karena kontak yang sudah ada di buku telepon otomatis terhubung di Whatsapp. Begitu pula dengan kontak nomor kita yang sudah terdaftar di WA, akan otomatis terhubung dengan akun teman yang menggunakan aplikasi Whatsapp.

2. Mudah digunakan

Cara kerja aplikasi chatting ini sangat mudah, bahkan untuk pemula. Syarat pendaftaran juga hanya menggunakan nomor telepon yang digunakan.

3. Mudah di-setting

Kelebihan ini berbeda dengan aplikasi messenger yang lain. Pengguna Whatsapp dapat mengganti background chat. Jadi pengguna tidak akan merasa bosan dengan tampilan aplikasi WA. Selain itu, bunyi ringtone dapat diatur menjadi MP3 yang diinginkan sebagai notifikasi pemberitahuan. Berbeda dengan aplikasi lain seperti BBM, yang hanya dapat menggunakan ringtone bawaan dari server.

4. Dapat back up percakapan dengan mudah

Seringkali saat kita mengganti ponsel, maka kita akan kehilangan semua memory telepon, pesan, dan pembicaraan kita. Berbeda dengan WA yang bisa di-setting untuk mem-back up percakapan, sehingga tetap dapat ditampilkan, meskipun berganti ponsel.

5. Berkomunikasi dengan menggunakan koneksi internet

Jika dulu pengguna ponsel membuat panggilan telepon dan berkirim sms dengan menggunakan pulsa. Kini dengan WA pengguna dapat berkirim pesan teks dan pesan suara tanpa pulsa, cukup menggunakan koneksi data internet.

Kekurangan Aplikasi Whatsapp

1. Emoticon yang kurang menarik

Sejak pertama diluncurkan hingga saat ini emoticon yang digunakan Whatsapp masih sederhana. Jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis seperti BBM, Line atau WeChat yang sudah menggunakan emoticon kartun yang menarik.

2. Belum mendukung video call

Bahkan, aplikasi WA versi terbaru masih belum mendukung fitur video call. Tentu saja kelemahan ini membuka peluang pendatang baru untuk bersaing, rata-rata aplikasi sejenis sudah menambahkan fitur video call.

3. Harus sering update

Aplikasi WA merupakan salah satu aplikasi yang paling sering meminta update. Meskipun, setiap versi terbaru yang ditawarkan memberikan fitur inovatif, namun ini cukup merepotkan pengguna.

4. Volume data cukup besar

Semakin baru versi WA yang digunakan, maka akan semakin besar pula volume data yang harus disimpan. Tentu saja ini cukup memboroskan kapasitan memori telepon, apalagi jika memori yang tersedia tidak cukup besar dan aplikasi yang digunakan banyak. Akibatnya kinerja ponsel menjadi lambat.

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi Whatsapp yang dirasakan pengguna. Apa pun itu selama mendukung kelancaran komunikasi dengan orang lain tidak ada salahnya untuk menggunakannya. Apalagi jika orang yang diajak berkomunikasi juga menggunakan aplikasi serupa, tentunya komunikasi menjadi lebih mudah.

Tentunya kelebihan dan kekurangan Whatsapp ini juga dapat diterima dengan mudah.