Offices under construction

Kenali Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Biaya Kontraktor Sebelum Membangun Rumah

Bagi Anda yang berencana membangun rumah dalam waktu dekat, penting untuk memperhitungkan besarnya biaya kontraktor. Sejumlah hal penting pun harus Anda pertimbangkan dalam menghitung anggaran biaya, seperti luas bangunan hingga analisis harga satuan bangunan. Lantas, apa saja faktor yang mempengaruhi tarif kontraktor? Cari tahu lewat ulasan berikut ini. 

Cara Menghitung Rencana Anggaran Biaya

Untuk mengetahui anggaran biaya bangun rumah, Anda perlu menghitungnya dengan teliti. Setidaknya ada dua cara yang biasa dipakai pemborong bangunan Karawang untuk menghitung detail anggaran, yaitu: 

1.  Cara Menghitung Anggaran dengan Sistem Per Meter Persegi

Cara pertama yang sering dipakai adalah sistem per meter persegi. Menghitung anggaran dengan sistem ini dibutuhkan data akurat terkait luas bangunan dan harga per meternya. Biasanya, harga per meter dari bangunan juga menyesuaikan waktu pengerjaannya. Untuk menggunakan sistem ini dibutuhkan gambar bangunan secara spesifik.

2. Cara Menghitung Anggaran dengan Harga Satuan Bangunan

Sistem kedua adalah menghitung anggaran dengan harga satuan bangunan. Sama seperti sistem sebelumnya, menghitung anggaran dengan sistem ini juga membutuhkan gambar rumah yang akan dibangun. Setelahnya, Anda harus menentukan jumlah material yang dibutuhkan, daftar pekerjaan, volume item pekerjaan, hingga biaya tukang. 

Faktor yang Mempengaruhi Harga Jasa Kontraktor Bangun Rumah

Selain mengetahui cara menghitung anggaran, Anda juga harus tahu faktor apa saja yang mempengaruhi harga jasa kontraktor bangunan. 

1. Lokasi Pembangunan

Kondisi lokasi konstruksi jadi faktor pertama yang mempengaruhi tarif kontraktor bangunan rumah, ruko, maupun perkantoran. Konstruksi di lahan basah, kondisi tanah yang buruk, dan medan yang sulit tentunya memiliki tarif berbeda dengan pembangunan di lokasi strategis. Selain berpengaruh pada biaya kontraktor, lokasi pembangunan juga mempengaruhi biaya keseluruhan.

2. Kontraktor yang Anda Pakai

Kontraktor yang Anda pakai juga berpengaruh pada biaya pembangunan rumah. Semakin berkualitas kontraktor yang Anda pilih, maka tarifnya bisa lebih mahal. Meski begitu, kontraktor profesional punya segudang pengalaman dan skill yang tak perlu diragukan lagi di bidangnya, sehingga hasil kerjanya pun lebih memuaskan. 

3. Biaya Tenaga Kerja

Jumlah tenaga kerja yang dalam pembangunan rumah juga mempengaruhi anggaran secara keseluruhan. Ada dua sistem yang biasanya dipakai untuk menghitung biaya tenaga kerja, yakni borongan dan harian. Semakin banyak tenaga yang Anda gunakan, maka semakin banyak pula anggarannya, begitupun dengan lama pengerjaan proyek tersebut.

4. Material yang Digunakan

Faktor terakhir yang mempengaruhi anggaran membangun rumah adalah material yang dipakai. Jika Anda menggunakan material berkualitas nomor wahid, maka tarifnya pun lebih tinggi. Selain kualitas material, besarnya bangunan juga mempengaruhi jumlah material dan harganya.

Jika ingin membangun rumah sebaiknya dicari kontraktor prfesional seperti PT. SAR Karawang yang merupakan jasa kontraktor civil structure construction Indonesia terpercaya. 

Referensi