Ketahui Pentingnya Domain .SITE untuk Bisnis Anda!

Ketahui Pentingnya Domain .SITE untuk Bisnis Anda!

Memilih nama domain website untuk bisnis tentu saja harus dipikir dan dipertimbangkan dengan matang. Domain bisnis yang baik haruslah memiliki nama yang singkat, unik dan mudah diingat oleh pengguna. Bisnis dengan domain yang baik merupakan cerminan sebuah bisnis yang sukses.

Tahukah Anda bahwa tidak semua domain harus menggunakan .com, .co.id atau .my.id? Anda juga bisa menggunakan domain .SITE sebagai pilihan yang tepat untuk menjalankan sebuah bisnis. Memangnya apa si pentingnya domain .SITE bagi sebuah bisnis?

Domain dengan ekstensi .SITE mempunyai berbagai kelebihan baik untuk website resmi maupun personal. Kira-kira apa saja?

website, analytics, domain
Photo by jmexclusives on Pixabay

Mengenal Domain .SITE

Domain .SITE adalah salah satu domain baru yang sudah digunakan oleh lebih dari 1.614.284 pengguna. Domain ini merupakan salah satu jenis domain yang paling direkomendasikan untuk bisnis, mulai dari bisnis berskala kecil hingga perusahaan sekalipun. Yang lebih menarik lagi, domain ini dapat menempati peringkat tiga tersukses dan 70% pengguna .SITE berasal dari sektor UKM.

Baca juga : Beli domain site paling murah

Bahkan, domain dengan ekstensi yang satu ini telah dipercaya oleh Google untuk layanan Google Bisnisku. Atau dapat dibilang toko online serta UKM yang terdaftar di Google Bisnisku akan memperoleh domain BUSINESS.SITE. berarti domain usaha tersebut dapat terindeks pada pencarian Google dan dapat diperhitungkan.

Tidak hanya dijadikan sebagai website bisnis saja, ternyata .SITE juga bisa digunakan untuk website personal. Salah satunya seperti membangun website portofolio pribadi. Anda dapat mengunggah karya terbaik sebagai ajang unjuk kebolehan atau sebagai personal branding.

Kelebihan Domain .SITE

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pentingnya domain .SITE ternyata tidak hanya untuk bisnis, namun juga bagus untuk perkembangan website personal. Lantas apa saja kelebihan yang bida domain tersebut berikan?

1. Ketersediaan Nama Unik Masih Beragam

Penggunaan domain yang umum seperti .com, .id, co.id, sudah sangat marak digunakan, bahkan sudah tercatat lebih dari 300 juta pengguna. Karena hal ini, besar kemungkinan nama domain yang ingin Anda gunakan sudah unavailable atau sudah tidak tersedia (digunakan oleh orang lain).

Namun lain ceritanya jika Anda menggunakan domain .SITE, peluang memiliki bisnis dengan domain impian masih terbuka lebar. Sehingga Anda masih bisa menggunakan nama brand sebagai domain.

2. Harga yang Lebih Terjangkau

Karena memang dirancang untuk bisnis, mulai dari bisnis kecil hingga besar maka menggunakan domain dengan .SITE tidak akan menguras rekening Anda. Pasalnya, para penyedia hosting terbaik seperti DomaiNesia selalu memberikan harga yang spesial.

Sebagai contoh, domain dengan ekstensi .com akan dikenakan biaya sekitar Rp. 125 ribuan pertahun sementara untuk domain .SITE Anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 15 ribuan saja. Sangat terjangkau bukan?

3. Domain Lebih Singkat dan Mudah Diingat

Karena ketersediaan nama domain yang melimpah, maka Anda masih bisa mencari nama yang unik dan singkat.  Hal tersebut mungkin saja tidak bisa Anda dapatkan jika menggunakan .com atau .co.id yang sudah digunakan oleh banyak pengguna. Kemudian Anda terpaksa mengganti nama impian dengan nama yang lebih panjang. Hal tersebut tidak akan Anda alami jika menggunakan .SITE.

Harga domain paling murah cek disini : harga domain paling lengkap

Meskipun ingin sesuai dengan nama brand Anda, namun menggunakan domain yang lebih singkat akan membuat website Anda memiliki nilai plus dan terlihat lebih kredible.

4. SEO Friendly

Mungkin salah satu yang menjadi pertimbangan Anda ketika akan menggunakan .SITE adalah kalah dengan website yang menggunakan ekstensi domain populer, demikian bukan?

Tidak perlu khawatir, secara SEO pihak Google tidak akan pilih kasih dalam memberikan peringkat website. Dengan demikian, ekstensi .com dan ekstensi domain baru .SITE tetap mendapatkan hak dan perlakuan yang sama pada hasil pencarian.

Jadi, Anda hanya perlu fokus pada optimasi SEO website dan kemungkianan menjadi peringkat atas akan bisa Anda capai.

5. Cocok Untuk Merintis Brand Bisnis

Memperkenalkan brand adalah salah satu upaya membangun bisnis yang sangat penting untuk dilakukan, terutama jika bisnis dijalankan secara online. Dengan demikian, menggunakan nama website yang sama dengan brand bisnis adalah hal utama yang harus diterapkan.

Jika Anda memaksa menggunakan ekstensi .com, namun nyatanya nama yang diinginkan sudah tidak tersedia, maka terpaksa Anda harus menggantinya dengan nama lain, bukan? Nah, hindari hal demikian dengan menggunakan .SITE.

6. Cocok Untuk Bisnis Go Internasional

Ingin bisnis Anda bisa menjangkau pasar global? Menggunakan domain .SITE adalah langkah awal untuk mewujudkan impian Anda. Mengapa begitu?

Pasalnya, .SITE adalah domain gTLD atau internasional, sehingga ekstensi tersebut tidak terikat secara lokal untuk negara tertentu. Dengan begitu, .SITE akan lebih diprioritaskan seacrh engine untuk hasil pencarian global. Di samping itu, domain gTLD juga akan lebih menarik perhatian global.

Jadi bagaimana, sangat banyak kelebihan dan pentingnya domain .SITE, bukan? Tidak heran jika popularitas domain yang masih terbilang baru ini cukup cepat mencapai puncak. Unik, mudah diingat dan cocok untuk bisnis kecil hingga besar adalah sederet alasan mengapa domain tersebut mulai digandrungi oleh pelaku bisnis online. Anda kapan?

Website ini dikelola oleh pak Badar. Jika ada yang perlu dibicarakan tentang konten di atas, Anda bisa menghubungi via mobile/whatsapp di +62-813-9881-8119. Website ini juga menerima content placement, guest-posting, paid review dan semacamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.