man wearing blue hard hat using hammer

Mengenal Bisnis Konstruksi, Jenis, dan Peluangnya pada Kawasan Industri

Ketika akan melakukan pembangunan, baik itu membangun perumahan, perkantoran, ataupun fasilitas umum, tidak bisa hanya dikerjakan oleh beberapa orang saja karena proyeknya termasuk besar dan membutuhkan orang yang banyak, oleh karena itu dibutuhkan jasa bangunan, di mana mereka inilah yang akan membantu membangun bangunan yang sudah direncanakan.

Jasa bangunan ini biasa juga disebut sebagai jasa konstruksi. Pengertian jasa konstruksi itu sendiri ternyata sudah diatur di dalam Undang-Undang Jasa Konstruksi (UUJK), yaitu sebuah layanan jasa untuk konsultasi konstruksi ataupun pekerjaan konstruksi. Kegiatan pembangunan dalam jasa konstruksi biasanya untuk membangun sarana dan prasarana yang dalam pengerjaannya akan meliputi pembangunan gedung, instalasi mekanikal dan elektrikal, serta pembangunan prasarana sipil.

Dengan semakin banyaknya jasa konstruksi yang muncul, maka bisnis konstruksi pun menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Sebab, dengan terus adanya pembangunan yang akan dilakukan dan sedang dikerjakan tentu saja akan membutuhkan jasa konstruksi di dalamnya, oleh karena itu bisnis konstruksi bisa cukup menjanjikan karena akan ada terus pasarnya.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan bisnis konstruksi ini? Apa saja lingkup usaha dalam bisnis konstruksi, serta bagaimana peluangnya dalam sektor industri? Artikel berikut ini akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Apa Itu Bisnis Konstruksi?

Bisnis konstruksi merupakan bisnis dalam jasa kontraktor umum, manajemen konstruksi, layanan rekayasa dan desain bangunan dari Peminjam dan Anak Perusahaannya atau bisnis apapun yang secara substansial yang berkaitan. Kemudian, bisnis konstruksi juga dapat sebuah perdagangan yang membangun, memasang, atau mengubah suatu unsur, komponen, bahan atau alatnya diatur dengan beberapa kode.

Jadi, pada intinya bisnis konstruksi ini adalah sebuah usaha yang berkecimpung dalam sebuah kegiatan pembangunan sarana dan prasarana, contohnya seperti pembangunan gedung, pembangunan prasarana sipil, serta instalasi elektrikal dan mekanikal. Bisnis pada bidang ini sangat dibutuhkan khususnya dalam pembangunan kantor dan fasilitas umum, sehingga bisnis ini pun berpeluang tinggi bagi yang memiliki skill di bidang ini. Bentuk kegiatan usaha pada bisnis konstruksi biasanya mencakup usaha perseorangan dan badan usaha nasional maupun internasional.

Bisnis ini juga merupakan ladang bisnis yang menjanjikan dan tidak akan pernah mati karena akan ada terus kebutuhan masyarakat terhadap hunian dan infrastruktur setiap tahunnya. Kemudian, untuk menggeluti bisnis ini juga tidak bisa sembarangan sebab diperlukan ilmu khusus, sampai saat ini bahkan telah ada SMK yang memiliki jurusan bisnis konstruksi dan properti.

Jenis Bisnis Konstruksi dan Properti

Pada dasarnya, jika membahas bisnis konstruksi tidak akan jauh-jauh dari properti karena keduanya saling berkaitan. Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis konstruksi dan properti yang ada:

a. Konstruksi Bangunan

Jenis bisnis konstruksi yang satu ini memang telah menjadi bisnis yang paling laris, yang termasuk ke dalam konstruksi bangunan adalah pembangunan perumahan, gedung, sekolah, hotel, ruko, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, bisnis konstruksi bangunan ini memiliki banyak proyek, dan untuk menjalankan jenis bisnis konstruksi bangunan, pengusaha perlu merekrut arsitek ahli, interior designer, teknisi sipil, serta perajin furniture.

b. Konstruksi Jalan

Jenis bisnis konstruksi dan properti lainnya adalah konstruksi jalan, yang merupakan salah satu hal penting dalam ruang bergerak masyarakat saat ini, karena jalanan memang dibutuhkan untuk pergi ke tempat kerja, ke sekolah, mengantar barang, dan keperluan lainnya. Umumnya pemilik proyek ini merupakan pemerintah yang punya program perbaikan jalan, nantinya para pengusaha konstruksi jalan ini akan mengikuti lelang tender yang dilakukan oleh pemerintah agar mendapatkan proyek tersebut.

c. Konstruksi Jembatan

Dan jenis terakhir dalam bisnis konstruksi pada konstruksi jembatan. Mungkin jenis yang satu ini terlihat sepele dan tidak penting, namun nyatanya jembatan sangat dibutuhkan terutama sebagai sebuah akses penghubung dari dua daratan yang terpisahkan oleh sungai maupun jurang. Karena peran suatu jembatan yang termasuk penting bagi kehidupan sosial dan masyarakat, maka jangan heran jika nilai dari suatu proyek pembangunan jembatan akan sangat besar.

Pembangunan jembatan sendiri memerlukan waktu yang cukup lama karena adanya perhitungan yang kompleks yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa jembatan akan kuat menahan beban ribuan mobil yang akan melintas di atasnya jika sudah jadi nanti. Di sinilah pengusaha konstruksi jembatan akna membutuhkan teknisi sipil untuk menghitung semua kebutuhan yang diperlukan untuk membangun jembatan yang kuat.

Selain tiga jenis bisnis konstruksi di atas, ada juga jenis-jenis konstruksi yang di antaranya adalah konstruksi teknik, konstruksi gedung, serta konstruksi industri. Di mana dalam konstruksi industri membutuhkan persyaratan khusus seperti pembangunan kilang minyak, pertambangan, dan jenis industri berat lainnya.

Kemudian, untuk dapat menjalankan konstruksi industri, dibutuhkan teknologi yang lebih spesifik serta keahlian yang khusus, dengan demikian bangunan konstruksi yang dibangun juga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menggunakannya.

Peluang Bisnis Konstruksi pada Kawasan Industri dan Jenisnya

Pada dasarnya peluang bisnis konstruksi pada kawasan industri akan sangat bervariasi, mulai dari pembangunan untuk perkantoran, gedung, sampai pabrik. Oleh karena itu, ada banyak peluang bisnis konstruksi pada kawasan industri yang perlu diketahui, sebab kawasan industri memang dikhususkan dan direncanakan untuk menjadi kawasan pengembangan industri di mana nantinya kawasan industri akan diisi oleh perkantoran sampai pabrik untuk berbagai keperluan.

Peluang bisnis konstruksi sebenarnya dapat dilihat dari jenis-jenisnya, yang tentu saja jenis konstruksi yang dibutuhkan pada setiap kawasan industri akan berbeda-beda. Inilah yang akan memunculkan adanya sebuah peluang pada bisnis konstruksi di kawasan industri, baik itu pembangunan kos-kosan, ruko, gedung, pabrik, sampai ke jenis bangunan lainnya.

Berikut ini adalah jenis-jenis dari peluang bisnis yang dapat ditemui pada kawasan industri dan bisa menjadi pilihan jika ingin memulai bisnis konstruksi.

a. Perkantoran

Dalam sebuah kawasan industri sudah pasti akan ditemukan banyak perkantoran di dalamnya, di mana yang dimaksud dengan perkantoran itu sendiri adalah ruangan yang digunakan untuk melakukan segala kegiatan tata usaha, sekaligus tempat untuk mengembangkan dan mengawasi kegiatan usaha yang dilakukan.

b. Pabrik

Selain perkantoran, pabrik juga menjadi hal biasa yang akan dilihat dalam sebuah kawasan industri, pabrik akan biasa digunakan sebagai tempat yang melakukan kegiatan produksi dari suatu barang, dengan memproduksi produk ini nantinya produk akan didistribusikan ke berbagai wilayah untuk mendapatkan keuntungan dan pendapatan.

c. Toko Bangunan

Peluang bisnis konstruksi dalam kawasan industri lainnya adalah pembangunan toko yang menyediakan bahan bangunan. Sebab, dengan adanya toko bangunan ini, persediaan dari bahan bangunan untuk pembangunan yang dilaksanakan pada kawasan industri pun juga menjadi lebih mudah karena bahan bangunan dapat dicari di dalam lokasi yang sama.

d. Pembuatan Ruko

Peluang bisnis lainnya adalah dengan membangun ruko yang bisa disewakan, di mana ruko ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan jual beli untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha di dalam kawasan industri tersebut. Kemudian, konstruksi ruko ini biasanya akan dibuat menjadi dua lantai.

e. Pembuatan Kos-kosan

Dalam seluruh kegiatan yang terdapat pada kawasan industri, pasti ada pekerja di dalamnya. Untuk itu diperlukan tempat tinggal bagi para pekerja agar mereka bisa bepergian ke tempat kerjanya dengan mudah dan dekat. Oleh karena itu, pembangunan kos-kosan di daerah kawasan industri sangatlah dibutuhkan.

Peluang-peluang bisnis yang telah disebutkan di atas merupakan peluang bisnis konstruksi yang sangat menguntungkan, terlebih semakin luasnya sebuah kawasan industri maka akan semakin banyak juga konstruksi bangunan yang dibuat, yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam kawasan industri.

Kelebihan Bisnis Konstruksi dan Properti

Dalam setiap ladang bisnis yang ada, pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari adanya bisnis konstruksi dan properti:

a. Selalu Dibutuhkan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bisnis konstruksi akan terus dibutuhkan oleh semua orang sehingga kecil kemungkinan bisnis ini akan mati. Karena pembangunan jembatan, jalan, hingga perumahan akan terus ada dan berjalan sebab sudah menjadi kehidupan sehari-hari semua orang, oleh karena itulah bisnis konstruksi ini memiliki peluang yang besar untuk berkembang

b. Meningkatnya Harga

Kelebihan lainnya yang sekaligus menjadi keuntungan ketika berkecimpung dalam bisnis konstruksi adalah harga dari proyek yang dijalankan akan selalu meningkat, hal ini sudah dapat dipastikan sebab harga tanah dan bangunan memang akan selalu meningkat setiap tahunnya. Dengan ini, perusahaan yang terjun dalam bisnis konstruksi akan mengalami peningkatan pendapatan.

c. Pemasaran yang Relatif Murah

Semakin meningkatnya populasi maka kebutuhan rumah akan semakin meningkat, sebab semua orang akan selalu mencari tempat tinggal sampai kapanpun sehingga pengusaha bisnis konstruksi ini tidak perlu khawatir akan kehilangan pasarnya. Sedangkan untuk pengusaha konstruksi jalan dan jembatan bisa terus berjalan jika terus mengikuti perkembangan proyek pemerintah, dengan begitu pengusaha bisnis konstruksi bisa dapat berpartisipasi dalam pelelangan tender proyek yang akan diadakan pemerintah.

Jika Anda mencari jasa kontraktor yang terpercaya dan berpengalaman untuk mulai memasuki bisnis konstruksi, maka Anda bisa menggunakan jasa PT Nikifour Karawang yang merupakan perusahaan general kontraktor terpercaya dan bereputasi baik serta telah berpengalaman dalam merancang bangunan dan membuat bangunan di daerah Karawang sampai Jawa Barat. Perusahaan yang sudah memiliki badan hukum yang resmi ini bergerak di bidang konstruksi, penyediaan jasa, serta layanan teknik dan pengadaan barang, selain itu juga menawarkan jasa perawatan gedung mekanikal dan elektrikal.

Lebih dari 10 tahun melakukan pekerjaannya dan berkontribusi dalam pembangunan industri di Karawang, beberapa layanan yang ditawarkan oleh PT Nikifour Karawang adalah mengerjakan pekerjaan serta menyediakan bahan-bahan untuk kebutuhan sipil dan konstruksi yang diperlukan, yaitu mulai dari layout, perancangan bentuk dan bangunan sampai ke pelaksanaan, renovasi, pabrikasi, dan repair.

Selain itu, nikifour.co.id juga menyediakan serta melakukan pengadaan material yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, tidak hanya menyediakan materialnya saja tetapi juga menyediakan tenaga pekerja seperti tukang untuk sistem pekerjaan yang borongan ataupun harian.

Layanan lainnya adalah mencakup kelistrikan seperti pemasangan listrik, panel listrik penarikan kabel, melakukan grounding panel listrik, pemasangan penangkal petir, terminasi panel dan mesin, sampai terscommisioning. Selain itu, PT Nikifour Karawang juga menyediakan jasa desain layout 2D dan 3D.

Sumber:

  1. solusikonstruksi.com
  2. 99.co/blog/indonesia
  3. adhyaksapersada.co.id
  4. lawinsider.com

Leave a Reply