Kualitas Udara Terburuk dan Berbahaya ada di Kota-Kota India

Amerika Serikat harus tetap menjadi polisi dunia
Amerika Serikat Harus Tetap Menjadi Polisi Dunia agar Dunia Lebih Aman
November 19, 2016
Trumph Menang 5 Pemimpin Dunia Ini Berbeda Reaksi
Trumph Menang 5 Pemimpin Dunia Ini Berbeda Reaksi
November 19, 2016

Jika banjir kini banyak terjadi di Indonesia, maka gerah panas dan polusi banyak terjadi di India. Betapa tidak, kualitas udara terburuk dan berbahaya ada di kota-kota India. Banyak kota-kota besar di India saat ini tengah mengalami kondisi paling buruk bahkan berbahaya, terutama kualitas udara disebabkan polusi. Pengukuran standar kesehatan secara normal menurut AQI (Air Quality Index) menyatakan bahwa level udara untuk bernafas adalah 50.

Level 300 menandakan udara dalam keadaan berbahaya untuk bernafas. AQI melalui websitenya mengatakan bahwa 300 artinya adalah alarm kesehatan dan kota dengan level udara 300 harus dinyatakan sebagai darurat.

Website tersebut juga menyatakan bahwa setiap orang kemungkinan besar akan terkena dampak kesehatan yang serius.

Pada 8 November 2016 lalu, kota Chandrapur di negara bagian Maharashtra mengalami level udara yang menembus angka 824! Dan kota itu dinyatakan sebagai kota paling berpolusi di India. Adapun level udara di ibukota India New Delhi telah mencapai angka AQi sebesar 724.

Para pengamat lingkungan mengatakan bahwa sekarang ini banyak sekali kota yang telah menjadi seperti kamar gas.

Asap kabut beracun menyebar di seantero ibukota India dan para penduduk di sana telah diperingatkan untuk mengenakan masker. Sekolah-sekolah diinstruksikan untuk libur selama tiga hari.

Meski dengan sembilan juta kendaraan menjejali jalanannya dan sebagian besar mobil-mobil tersebut tidak sesuai standar emisi, masalah polusi di kota Delhi masih cukup normal.

Situasi menjadi buruk sekarang ini karena beberapa penyebab. Di antara faktor penyebab yang memperparah adalah polusi kimia yang menghembus dari negara-negara bagian terdekat, para petani yang membakar jerami karena musim gugur yang tiba serta sedikitnya angin.

Untuk meringankan krisis polusi tersebut, beberapa pejabat kota Delhi memerintahkan agar jalanan disiram dengan air untuk mengurangi debu beterbangan. Mereka juga melarang generator listrik bermesin diesel selama 10 hari kecuali pada penggunaan di rumah sakit dan menara telepon seluler.

Berita tentang kualitas udara terburuk dan berbahaya ada di kota-kota India ini bersumber dari: