Cara Membangun Rumah Impian untuk Seluruh Keluarga
January 6, 2013
Inilah Rumah Seharga 170 Milyar Rupiah
May 14, 2014

Membangun sebuah rumah impian yang ideal membutuhkan perencanaan matang bahkan sejak rencana pembangunan rumah masih dalam tahap pembicaraan. Kegiatan pembangunan rumah sendiri merupakan proyek besar yang rawan perubahan tak terduga bahkan kesalahan, sehingga ada banyak faktor yang harus diperhatikan dalam perencanaan dan pembangunan seperti faktor anggaran, akses menuju bahan bangunan, spesifikasi kebutuhan hunian dan sebagainya. Akan tetapi, tidak ada yang tidak mungkin jika anda merencanakan semuanya dengan matang. Inilah 5 Kunci Sukses dalam Membangun Rumah Idaman.

Kunci Sukses dalam Membangun Rumah Idaman

Setiap orang memiliki pertimbangan dan pilihan mereka sendiri dalam hal merencanakan, merancang dan membangun rumah impian yang ideal. Akan tetapi, setidaknya ada beberapa hal yang bisa disepakati sebagai kunci sukses dalam membangun rumah yang nyaman, aman dan memenuhi kebutuhan anda dan keluarga untuk jangka waktu yang sangat lama. Berikut beberapa di antaranya:

Kunci Sukses dalam Membangun Rumah Idaman

Image Credit: https://www.flickr.com

1.  Jangan terlalu pelit dalam menentukan anggaran. Selain anggaran untuk membangun rumah, anda juga memerlukan biaya ekstra sebagai payung cadangan jika terjadi perubahan pada proses pembangunan rumah. Itulah sebabnya anda harus bersikap realistis; jika tabungan anda belum cukup untuk membangun rumah, jangan memaksa.

  1. Selalu berkonsultasi dengan pihak ketiga yang bisa anda percaya dalam hal perencanaan, perancangan dan pembangunan rumah. Pihak ketiga yang dimaksud bisa berupa kontraktor, desainer, arsitek dan tenaga ahli lainnya. Jangan meminta nasihat dari amatir dengan alasan menghemat biaya karena taruhannya adalah properti anda.
  2. Bicara tentang properti, cari tahu apakah lahan tempat anda akan membangun rumah dapat memberi keuntungan finansial dari segi nilai properti untuk jangka panjang.
  3. Pertimbangkan kebutuhan jangka panjang keluarga anda dalam membangun rumah idaman. Hal-hal yang termasuk dalam pertimbangan ini adalah apakah anda berencana menambah jumlah anak, kedekatan rumah anda dengan berbagai fasilitas umum, kondisi keamanan dan kebersihan lingkungan sekitar, dan sebagainya.
  4. Pelajari setiap kemungkinan perubahan pada desain rumah, jenis material dan sebagainya sebelum cetak biru disiapkan; jangan terpaku pada satu desain saja sehingga anda tidak bisa melihat seandainya terdapat alternatif yang lebih baik untuk ditambahkan pada pembangunan rumah.

Demikianlah 5 Kunci Sukses dalam Membangun Rumah Idaman. baca juga artikel seputar rumah idaman lainnya: