Langkah Teliti Menggunakan Mesin Pembubut Kayu

Mengenal Fungsi dalam Plating Service
April 7, 2015
Tips Merawat Mesin yang Memproduksi Makanan
April 15, 2015

Langkah Teliti Menggunakan Mesin Pembubut Kayu

Mesin pembubut kayu difungsikan untuk membentuk kayu menjadi memiliki desain tertentu. Tidak sembarang orang dapat menggunakan mesin pembubut kayu. Inilah 5 Langkah Teliti Menggunakan Mesin Pembubut Kayu. Biasanya mesin tersebut digunakan oleh para pengrajin kayu profesional dengan mengambil jenis kayu pinus. Sebab dapat dikatakan susah-susah gampang untuk menggunakannya. Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi yang melayani Design & Pembuatan Dies, Jig & Fixture dapat membantu Anda untuk menggunakan mesin pembubut kayu. Berikut langkah teliti yang perlu Anda ketahui dan persiapkan.

5 Langkah Teliti Menggunakan Mesin Pembubut Kayu

Perhatikan Pemilihan Mesin Pembubut Kayu

Menggunakan Mesin Pembubut Kayu

Ada banyak mesin pembubut kayu di pasaran. Pilihlah yang berkualitas dengan memperhatikan panjang alas, swing, horsepower, RPM pada bagian ganggang, berat dan komposisi. Percobaan untuk membuat silinder, persegi, lingkaran perlu dilakukan. Agar Anda tidak memilih mesin pembubut kayu yang tidak bekerja.

Pemilihan Sesuai Fungsi

Setiap mesin pembubut kayu memiliki fungsi yang berbeda. Sehingga pastikan Anda memilih mesin yang bekerja sesuai fungsi. Jika Anda perlu fungsi untuk memahat, maka pilihlah untuk pahatan kayu. Pahatan memiliki desain ujung untuk memotong. Desain kayu yang terpahat akan membentuk cawan, cekung, atau membuat alur pada kayu. Jika Anda perlu fungsi untuk mengikis, maka pilihlah untuk pengikisan kayu. Pengikisan memiliki desain datar atau lengkungan. Desain yang terbentuk adalah untuk bentuk datar, silinder, ataupun kasar. Jika Anda perlu fungsi untuk memisah, maka pilih desain mesin oembubut kayu berbentuk V pada bagian ujung.

Pahami Kerja Setiap Bagian Mesin Pembubut Kayu

Ketika membeli mesin baru termasuk mesin pembubut kayu, tentu Anda harus tahu dengan memahami setiap baguan dan cara kerja. Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi yang melayani Industrial Automation & Programming Logic Control (PLC) juga selalu bekerja sesuai panduan mesin. Headstock bagian untuk membubut kayu. Tailstock bagian ujung yang berputar secara bebas dengan poros berupa tail stock, dengan bagian roda tangan sebagai penjepit. Lengan mekanis dilengkapi bantalan bar dari logam untuk mempermudah pahatan. Kayu akan berputar di bagian tersebut sehingga Anda akan lebih mudah dalam pengoperasiannya.

Pembubutan Pada Gagang Kayu

Gagang kayu perlu dibentuk persegi dan potong sesuai keperluan. Bagi Anda yang baru pertama kali bekerja dengam mesin pembubut kayu, maka perhatikan jarak panjang nol koma enam meter bubut kayu ukuran tengah. Telitilah dengan memberikan tanda pada ujung gagang.

Perhatikan Arah Pahatan

Perlu diperhatikan bahwa untuk memahat dengan mesin pembubutan kayu, cobalah Anda putar-putar. Namun ingat, jangan menyalakan mesin dahulu. Ini adalah langkah teliti agar Anda tahu kerja dari mesin. Mulai dengan pahatan kasar. Cobalah untuk memegang pada bagian tumpuan dengan tangan kiri. Pisau logam Anda pegang dengan tangan kanan dekat bagian ujung pegangan. Biarkan siku berada di bagian dalam berlawanan dengan tubuh Anda berada.

Jika Anda masih ragu atau takut dalam mencoba menggunakan mesin pembubut kayu dari langkah di atas, maka mintalah Sahl Engineering bengkel industri terbaik di Jababeka Cikarang Bekasi yang melayani Cylinder/Houshing Piston untuk mempraktekkan bukan masalah.