Makanan Probiotic Terbaik Untuk Imun Tubuh

Tanaman Baru Cina Obat Herbal Keguguran dan Susah Punya Anak
May 24, 2014
Virus Zika dan Microphaly Penyakit Kepala Mengecil
Waspada Virus Zika dan Microcephaly Penyakit Kepala Mengecil Menular dari Nyamuk
January 29, 2016

Berikut ini adalah 3 jenis makanan probiotic terbaik untuk imun tubuh. Penelitian membuktikan jika tubuh memiliki bakteria 10 kalo lebih banyak di banding sel-sel di dalam tubuh itu sendiri. Ada sekitar 10 trilyun bakteri di tubuh kita. Adalah sangat penting memelihara keseimbangan bakteri demi kesehatan dalam waktu yang panjang. Sebuah faktor penting dalam keseimbangan tersebut adalah perlunya jumlah bakteria yang baik /probiotik yang seharusnya lebih banyak. Untuk mendapatkan keseimbangan yang optimal,tubuh manusia memerlukan 85 persen probiotik. Probiotik sangat diperlukan tubuh manusia sebagai sistem yang mampu menangkal bermacam virus dan penyakit yang menyerang.

Makanan Probiotic Terbaik Untuk Imun Tubuh

Sistem imun / kekebalan tubuh manusia bisa dibangun dari asupan gizi dan makanan yang mengandung banyak unsur probiotk.

Sayuran Fermentasi

Sejak dulu kala manusia telah mengenal fermentasi sayuran. Hingga kini di Indonesia jenis fermentasi sayuran ini dikenal dengan istilah asinan. Asinan adalah bentuk olahan makananyang dibuat dengan cara merendamnya ke dalam air dan garam (tanpa cuka).

Makanan Probiotic Terbaik Untuk Imun Tubuh

Credit image: www.flickr.com/photos/nhpr/9317264894

Siapa sangka jika asinan yang banyak diketahui sebagai makanan sampingan dan khas daerah tertentu ini pada manusia modern adalah jenis makanan dengan kandungan probiotik yang tinggi?

Menyantap sayuran fermentasi seperti asinan ini akan membantu menggendalikan populasi bakteria jahat dan jamur dalam tubuh. Asam laktat yang dari fermentasi sayuran akan menghasilkan laktobasilus yang mampu menahan pertumbuhan bakteri jahat dan jamur.

Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi yang terbuat dari susu, air, tepung dan air kelapa. Kefir telah dikenal dan dikonsumsi masyarakat pegunungan Kaukasus Utara, Rusia, selama lebih dari 1.400 tahun yang lalu. Biji kefir diberikan oleh Nabi Muhammad kepada rakyat Kaukasus dan menjadi semacam “pusaka” yang diwariskan secara turun temurun.

Makanan Probiotic Terbaik Untuk Imun Tubuh

Credit Image: www.flickr.com/photos/hjselde/238562962/

Kefir mengandung banyak sekali laktobasilus. Mengkonsumsi kefir akan memelihara tubuhanda sebab banyak sekali bakteri baik yang akan meningkatkan kesegaran tubuh, membersihkan usus, dan lapisan-lapisan pada organ mulut dan bibir manusia.

Kefir juga mengandung jamur yang baik yang mampu membunuh jamur-jamur patogenik/jamur perusak di dalam tubuh, mengeluarkan racun dari dalam liver dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Kombucha

Kombucha adalah jamur teh yang berasal dari Asia Timur dan tersebar ke Jerman melalui Rusia sekitar pergantian abad ke-20. Penyembuh berbagai macam penyakit ini semakin banyak digunakan di rumah tangga di pelbagai negara di Asia.

Makanan Probiotic Terbaik Untuk Imun Tubuh

Image Credit: www.flickr.com/photos/ryanjlane/3590600665/

Jamur kombucha merupakan membran jaringan-jamur yang bersifat gelatinoid dan liat, serta berbentuk piringan datar. Kombucha hidup dalam larutan nustrisi teh-gula yang tumbuh dengan cara germinasi. Pada mulanya, piringan jamur tumbuh meluas pada permukaan teh lalu menebal. Bila dirawat secara benar, jamur ini akan tumbuh seumur hidup penanam/pemiliknya.

Kombucha telah dikonsumsi manusia semenjak 2000 tahun yang lalu. Apa yang Anda dapatkan jika mengkonsumsi kombucha? Kombucha mengandung beraneka jenis enzim dan bakteria asam yang mampu mendetoksinasi liver/hati, meningkatkan kesehatan, dan mengdongkrak sistem kekebalan tubuh Anda.

Sumber:

Demikianlah 3 makanan probiotic terbaik untuk imun tubuh.