Manfaat Akar Manis untuk Pengobatan

4 Manfaat Kurma bagi Ibu Hamil dan Menyusui
October 26, 2013
Manfaat Ajeran Tanaman Herbal Indonesia untuk Pengobatan
October 26, 2013

Yuk kita ketahui apa saja manfaat akar manis untuk pengobatan. Tanaman Akar Manis atau dikenal dengan bahasa ilmiyah latin-nya adalah (Glycyrrhiza glabra L,), adalah tanaman herbal asli Indonesia dari familia: Papilionaceae (Leguminosae). Akar Manis masih diimport, sebab belum dapat ditanam di Indonesia. Bagian yang digunakan adalah bagian akar.

Kandungan yang terdapat pada tanaman herbal Akar Manis adalah Glisirhisin, saponin, glikosida likuiritin, asparagin, umbeliferona, glabrolida, glukosa, sukrosa, asam likuiritat, asam hidroksiglisirhitat, zat pahit, minyak atsiri, dan asparagin. Di berbagai daerah di Indonesia, Akar Manis dikenal dengan nama Simplisia Glycyrrhiza Radix, Liquiritae Radix; dan Akar Manis.

Manfaat Akar Manis untuk Pengobatan

Manfaat Akar Manis untuk Pengobatan

Tanaman Akar manis ini memiliki sifat khas menetralkan, rasa manis. Akar manis ini berkhasiat sebagai ekspektoran, anti inflamasi, dan spasmolitik sehingga bisa beguna sebagai anti kolestrol, bronkhitis, batuk, mulas-mulas, dan tukak lambung

Resep Pengobatan Herbal dengan Akar Manis

Batuk

  • Akar Manis 1,5 gram
  • Rimpang 8 gram
  • Daun Sirih 3 lembar
  • Air 130 ml

Cara pembuatan: Seduh dan minumkan 2 kali sehari, pagi dan sore sebelum makan, tiap kali minum 100 ml. Lama pengobatan: Diulang sampai sembuh.

Maagh / Tukak Lambung:

  • Akar Manis sebanyak 3 gram
  • Rimpang Kunyit sebanyak 4 gram
  • Air sebanyak 130 ml

Cara pembuatan: Seduh dan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. Tiap kali minum 100 ml. Lama pengobatan diulang selama 14 hari. Bagi penderita yang tidak tahan panasnya kunyit, ramuan dapat ditambah air hingga encer, diendapkan dahulu kemudian diminum. Peringatan Takaran yang terlalu besar dan pemakaian terlalu lama dapat mengakibatkan hipoklamia.

Demikianlah Manfaat Akar Manis untuk Pengobatan

Sumber:

  1. https://www.iptek.net.id