Manfaat Buah Kurma yang Sangat Banyak

Cara Mengolah Sarang Semut Myrmecodia
July 16, 2013
Manfaat Adem Ati Tanaman Herbal Indonesia Untuk Pengobatan
October 26, 2013

Manfaat Buah Kurma yang Sangat Banyak

Bagi kesehatan manusia banyaknya kandundan gizi pada buah kurma membawa manfaat sangat positif. Apa sajakah yang terkandung dalam buah kurma sehingga banyak orang mencarinya entah sebagai kudapan membawa berkah dan manfaat kesehatan? Inilah beberapa manfaat buah kurma yang sangat banyak.

Manfaat Buah Kurma yang Sangat Banyak

Manfaat Serat Kurma

Buah kurma mengandung serat paling baik untuk usus manusia. Dibandingkan denganbuah-buahan lainnya, serat yang terkandung pada buah kurma ternyata jauh lebih banyak. Serat pangan yang mudah larut dalam air berbentuk pektin sangat baik bagi sistem pencernaan manusia.

Tubuh manusia membutuhkan bakteri-bakteri positif dalam saluran-saluran pencernaannya, serat-serat yang dihasilkan buah kurma juga bisa menjadi prebiotikyang membantu terbentuknya kehidupan bakteri positif.

Manfaat Buah Kurma yang Sangat Banyak

Manfaat Mineral Kurma

Buah kurma mengandung kadar mineral yang sangat tinggi yang sangat dibutuhkan manusia. Kadar mineral yang tinggi dalam buah kurma mampu membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam otak. Selain itu, kandungan kalsium, sulfur, danmagnesium dalam buah kurma akan mengurangi manusia akan resiko terserang rematik. Setidaknya mengkonsumsi sekurang-kurangnya 15 buah kurma setiap hari, maka kebutuhan tubuh anda terhadap kalsium 20 %, kalium 25%, sulfur 70% dan magnesium sebesar 80 % akan terpenuhi secara maksimal.

Bagi penderita hipertensi, mengkonsumsikurma sangat baik sebab kandungan kalium yang banyak dan natrium yang sedikit. Diketahui juga bahwa selain mineral-mineral yang telah disebutkan di atas, masih ada kandungan -kandungan mineral lainnya seperti fluor yang sangat cocok melindungi gigi, boron guna memaksimalkan proteksi terhadap kanker otak dan rematik, juga kendungan mineral selenium guna membantuk meningkatkan pertahanan sitem kekebalan imun tubuh.

Manfaat Energi Kurma

Dengan mengkonsumsi sebanyak 100 gram buah kurma, maka manusia akan mendapatkan energi berkecukupan setiap harinya sebesar 12-hingga 15%.

Manfaat Antioksidan Kurma

Kehidupan manusia modern tidak lepas dari ancaman radikal bebas. Dengan mengkonsumsibuah kurma, kandungan fitokimia seperti polifenol, sterol, tanin, dan karoten yang banyakterkandung dalam buah kurma akan dapat menjadi antioksidan guna mencegah pembentukan radikal bebas di tubuh. Kandungan polisakarida berupa glukan pada buahkurma juga diketahui sangat baik sebagai pencegah kanker.

Manfaat Protein Kurma

Buah kurma merupakan buah dengan kandungan protein nabati yang tinggi. Protein nabatiyang terdapat dalam buah kurma adalah lysine. Lysine pada buah kurma ribuan kali lipat dibandingkan dengan lysine yang terdapat pada buah jeruk dan apel. Protein lysine sangatbermanfaat untuk menstimulasi perkembangan sel-sel otot manusia.

Demikianlah manfaat buah kurma yang sangat banyak bagi kesehatan manusia. Dapatkan buah kurma dalam bentuk extrak sari kurma.