8 Masalah yang Merusak Brand dan Reputasi Bisnis Anda
September 1, 2014
Pelatihan Manajemen Ritel bagi UMKM
Alfamart Memberi Pelatihan Manajemen Ritel bagi UMKM di Karawang
November 20, 2017

Coworking space. Apa itu? ya tidak jauh-jauh dari istilah berbagi ruangan kerja. Adakah nilai ekonomisnya? Tentu. Saya akan membawa Anda melihat keunggulan coworking space dari kaca mata ekonomi.

Menyewa ruang kantor sebagai tempat kerja pribadi memang memerlukan biaya yang besar. Apalagi untuk lingkup area kota-kota besar, dimana tarif harga yang diberikan sudah diluar jangkauan. Maka, sebagai seorang bussinesman tentu Anda harus mempertimbangkannya, bukan? Nah, salah satu alternatif yang bisa dijadikan solusi adalah beralih ke ruang kerja bersama atau yang biasa disebut coworking space.

Memang dengan berpindah tempat ke sini, dapat mengurangi pengeluaran bisnis Anda. Sebab ruang kerja bersama ini menawarkan harga sewa dengan budget yang terjangkau. Sehingga dengan menekan biaya sewa, maka modal usaha yang kita keluarkan akan semakin kecil.

Seperti teori ekonomi pada umumnya, jika besarnya pengeluaran lebih sedikit dari pada pendapatan, maka bisa dibilang perusahaan tersebut mendapat untung. Hal inilah yang nanti akan Anda rasakan jika menggunakan coworking space. Sebab angka harga sewanya jauh lebih rendah dari pada harga sewa tempat usaha lainnya. Lalu apa yang membuatnya lebih murah?

Nah, untuk lebih jelasnya lagi, mari kita sedikit hitung-hitungan perihal biaya operasionalnya. Dengan menggunakan ruang kerja bersama, tentu akan mengurangi harga sewa tempat, sebab biaya ditanggung bersama. Selanjutnya, kita lihat dari konsumsi listrik dan internet, dua hal ini pun juga digunakan secara umum, maka biayanya juga dibebankan kepada semua penggunanya. Tentu yang tidak kalah penting, penggunaan fasilitas lain seperti air, ini pun dihitung bersama. Maka tidak heran jika ruang kerja bersama lebih ekonomis jika kita lihat dari sisi cost-nya.

Memang tidak bisa dipungkiri, salah satu alasan utama kenapa orang-orang beralih menggunakan ruang kerja bersama atau coworking space karena melihat dari segi biayanya yang lebih ekonomis. Seorang pelaku bisnis harus bersifat visioner, selalu berpandangan ke depan dengan tetap melihat adanya peluang dan resiko.

Resiko biaya tetap akan menjadi momok yang menakutkan, apalagi bagi pebisnis pemula. Namun sebenarnya kita tidak perlu larut dalam ketakutan yang berlebihan, hingga mengurungkan niat kita untuk berbisnis. Sebab sudah ada alternatif yang bisa dijadikan solusi yang soluktif dari permasalahan tersebut.

Menilik dari sisi keunggulan coworking space dari kaca mata ekonomi tersebut, maka saat ini sudah banyak coworking space Indonesia, selengkapnya lihat di:  https://go-work.com/, khususnya di Ibukota Jakarta, dan beberapa kota besar di tanah air. Bisnis coworking dan juga pelanggan segmen ini cukup potensial untuk terus di kembangkan bahkan nantinya akan merambah ke kota kecil. Karena tidak semua orang bekerja terikat dengan lokasi yang di tentukan oleh perusahaan.

Demikianlah keunggulan coworking space dari kaca mata ekonomi.