real estate, homeownership, homebuying-6688945.jpg

Mengapa Lebih Baik Investasi Properti Rumah dibandingkan Investasi Lainnya?

Investasi properti rumah merupakan salah satu bentuk investasi yang sangat diminati. Banyak orang yang lebih memilih untuk berinvestasi rumah dibandingkan investasi lainnya. Bukan tanpa alasan, investasi rumah kian diminati karena memiliki prospek yang sangat menjanjikan.

Berbagai keuntungan investasi rumah menjadi alasan properti ini kian digemari. Harga jual properti rumah terkenal dengan keuntungannya yang cukup stabil, bahkan meningkat. Apalagi permintaan hunian di Indonesia juga cukup tinggi. Hal tersebut bisa dilihat dari terus meningkatnya jumlah masyarakat yang membutuhkan rumah.

Lalu, apa saja keuntungan Investasi Properti Rumah? Mengapa harus Investasi Properti Rumah? Berikut ulasannya.

Mengapa Investasi Properti Rumah ?

Resiko tidak tinggi

Hampir setiap investasi memiliki keuntungan dan resiko, termasuk dalam investasi rumah. Namun, jika Anda menginginkan investasi yang beresiko rendah, investasi rumah bisa menjadi opsi. Tidak seperti saham atau kripto, investasi rumah cenderung lebih aman dari kerugian. Hal tersebut dikarenakan harga rumah tidak terpengaruh oleh inflasi.

Walaupun resikonya rendah, Anda tetap harus memperhatikan resiko memiliki rumah. Salah satu resiko investasi rumah adalah adanya biaya perawatan. Karena tak dapat dipungkiri bahwa rumah yang dimiliki bertahun-tahun juga memerlukan perawatan. Untuk mengantisipasinya dapat dilakukan dengan memperhatikan bangunan rumah sebelum membeli. Jangan sampai Anda membeli rumah yang memiliki banyak kerusakan di dalamnya.

Harga rumah tiap tahunnya meningkat

Rumah merupakan properti yang harganya terus meningkat. Setiap tahunnya, diperkirakan harga rumah terus naik 10% hingga 15%. Hal ini dikarenakan pertumbuhan penduduk terus meningkat dan semakin banyak orang yang membutuhkan hunian.

Ketika Anda membeli rumah, pilihlah rumah dengan material terbaik agar kualitas bangunan bertahan lama dan harganya terus meningkat. Ingatlah bahwa rumah adalah aset dalam jangka waktu panjang. Beberapa kawasan perumahan, seperti Rumah di Gading Serpong menyediakan perumahan dengan kualitas bangunan yang sangat baik. Pilihlah rumah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lahan perumahan semakin terbatas

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kebutuhan orang akan hunian terus meningkat. Artinya, setiap tahun lahan untuk membangun rumah akan semakin sedikit. Dengan memiliki rumah, artinya Anda sudah mempunyai hunian sekaligus lahan untuk dijadikan tempat tinggal.

Walaupun kepemilikan lahan menjadi salah satu faktor keuntungan dari membeli rumah, bukan berarti Anda hanya memperhatikan luas lahan saja. Perhatikan juga faktor-faktor lain ketika membeli rumah, seperti lokasi dan akses transportasi. Jangan sampai Anda membeli rumah dengan lahan yang lebar namun sulit untuk dijangkau.

Dapat disewakan kembali

Tak hanya harganya yang terus naik, rumah juga dapat dijadikan ladang pendapatan pasif (passive income). Anda bisa mengontrakan rumah atau menjadikannya sebagai kos-kosan. Apalagi jika lokasi rumah Anda sangat strategis, seperti dekat universitas, rumah sakit, perkantoran, atau stasiun KRL. Tentunya akan semakin banyak penyewa yang ingin tinggal di rumah Anda.

Jika Anda ingin Anda menyewakan rumah, pastikan rumah tersebut dalam kondisi baik agar para penyewa merasa nyaman. Jangan lupa juga untuk membangun komunikasi yang baik dengan para penyewa. Hal ini bertujuan agar mereka tidak ragu untuk menyewa rumah Anda dalam jangka waktu yang lama.

Dapat dijadikan tempat bisnis

Selain dapat disewakan, Anda juga bisa menjadikan rumah sebagai tempat bisnis. Anda bisa menyulap rumah menjadi tempat produksi, terutama bagi Anda yang berbisnis online yang tidak membutuhkan banyak ruangan.

Banyak juga jenis usaha lain yang bisa Anda mulai dari rumah, seperti usaha warung, toko, sembako, hingga laundry. Dengan memanfaatkan rumah sebagai tempat bisnis, Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya sewa untuk bisnis Anda.

Mempermudah dalam mengajukan kredit

Sertifikat rumah dapat dijadikan agunan untuk meminjam uang di bank dalam jumlah besar. Hal ini tentunya akan menguntungkan ketika Anda sedang membutuhkan dana pinjaman. Akan tetapi alangkah baiknya Anda melakukan banyak pertimbangan sebelum meminjam uang, seperti kemampuan membayar cicilan, pengeluaran setiap bulan, besar pendapatan, dan lain sebagainya.

Dapat dijadikan tabungan masa depan

Keuntungan terpenting dari membeli rumah adalah dapat dijadikan aset atau tabungan masa depan. Semakin bertambahnya tahun, harga tanah dan rumah tentunya akan melambung tinggi. Ketika Anda sudah memiliki rumah, Anda bisa mempersiapkan rumah tersebut agar dapat diwariskan kepada anak cucu kelak.

——–

Itulah beberapa keuntungan investasi properti rumah untuk Anda. Jika Anda menginginkan rumah kualitas terbaik dengan lokasi yang strategis, Anda bisa membeli rumah di Gading Serpong. Cluster Gading Serpong terkenal dengan kualitas bangunannya yang sangat baik. Lokasinya juga dekat dengan fasilitas kesehatan, institusi pendidikan, hingga akses transportasi.

Bila Anda tertarik untuk memiliki hunian berkualitas, Anda bisa cari melalui situs CariProperti.com. Situs ini menyediakan berbagai properti terbaik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, CariProperti.com juga menyediakan Property Advisor yang akan menyarankan hunian sesuai dengan keinginan Anda.

Leave a Reply

WhatsApp us