Mengatasi virus Websock.exe yang bikin tinggi CPU Resource

Yahoo resmi dibeli Verizon
Yahoo resmi dibeli Verizon USD 4,83 miliar
July 26, 2016
Web Hosting Indonesia Terbaik
Niagahoster, Web Hosting Indonesia Terbaik & Termurah
January 17, 2018

Mengatasi virus Websock.exe yang bikin tinggi CPU Resource

Mengatasi virus Websock.exe

Bagaimana solusi dan mengatasi virus Websock.exe yang bikin tinggi CPU Resource? CPU komputer Anda tiba-tiba tinggi terutama jika online? Kinerja komputer melambat dan memberat?

2 hari ini saya dibuat kerepotan dengan salah satu CPU yang bermasalah. Pertama modem ADSL indihome yang harus disetting manual ulang. Lalu WhatsApp yang mati karena Bluestack error entah kenapa. Install ulan versi 3 malah rupanya tidak kuat spec CPU nya. Tambahlah RAM bekas. Rupanya saya memasangnya kurang kenceng, kaki ngangkat sebelah. Selesai itu, Kipas CPU jatuh. Ganti beli, ternyata salah satu kakinya patah. GAnti lagi, hanya bertahan 1 jam. Nunggu sehari.

Setelah dapat CPU fan yang baru, masalah tidak berhenti. RAM sudah bertambah, mengapa tidak ada rasanya? Setelah cek dari Windows Task Manager, ternyata CPU rosurce sangat tinggi.

Antivirus local hingga luar punya tidak mendeteksi apapun, baik virus atau malware. Scan online, mungkin membantu. 2 jam lebih menunggu hasil scan, ternyata sia-sia.

Ohya operating system saya menggunakan Windows 7 64 bit.

AlhamduLILLAH, beberapa detik saya melihat resouce tiba-tiba turun drastis. Selidik punya selidik ternyta, jaringan sempet mati beberapa saat dengan tanda warna kuning pada monitor network. Saya mencoba cabut pasang port belakang CPU. Akhirnya saya memastikan virus aktiv hanya jika tersambung internet.

Celakanya, bisa saja CPU saya dijadikan zombie untuk melakukan serangan DDOS attack, ata semacamnya. Atau… seribu satu jangan-jangan mulai membayang di benak saya.

Masih memelototi Win Task Manager, saya menemukan aplikasi aneh bernama d2430903c749770b33efefd6ebb5505e.exe. Coba disearch di Google. Nihil hasilnya.
Dibagian performance saya beralih ke Rousurce Monitor, bolak-balik mencari aktivitas tinggi nan mencurigakan.

Kira-kira ada 1 jam kemudian, saya mencapati aplikasi bernama winsock.exe. Setelah diburu ke asal ia berada, rupanya ada di direktori C, system di bawah folder Application. Kemungkinan dari adware, mengingat aktivitas online, email yang non stop di jam kerja. Atau mungkin salah satu tool yg saya download?

Saya memilih saya kuno, yaitu mematikan lewat Task Manager, hasilnya nol, itu aplikasi balik aktif lagi. Saya mencoba cara lain, RENAME, hebatnya pembuat virus itu sudah menebak. Itu virus muncul lagi, duplikatnya begitu cepat.

Mengatasi virus Websock.exe

Ini lokasi folder websock itu berada. Dari tanggal modifikasi , terlihat 26 September 2017. Nampak nama file Virus sudah saya rename, sebagai bentuk antisipasi awal, meski gagal 🙂

Saya menggunakan ESET Node, juga scannernya secara online. Tidak berhasil, 2 kali bahkan install ulang, apa karena gratisan, jadi gak mempan, saya rasa tidak. Smadav juga tidak bisa meresponse, belakangan saya upload ke smadav, semoga bisa dimasukkan ke databasenya. Sempet menginstall Avira, juga tidak mendatangkan apa-apa.

AlhamduliLLAH, diberi nasib baik, mengingat CPU ini sy gunakan untuk khusus menerima dan mengirim email serta emulator Android, sudah berapa email kustomer terbengkalai.

Mengatasi virus Websock.exe

Browsing sana-sini dengan keyword “Websock.exe high CPU Usage”, terlalu bertele-tele dan malah bikin gimana gitu karena harus pake tools ini itu. Ya sudahlah, saya masuk ke tampilan Rource monitor dan mengklik kanan, lalu memilik Suspend Process. Ternyata bisa menghentikan aktivitas virus berlogo processor dan bertuliskan CPU.

Langkah saya semata-mata bukan karena saya mengerti tentang dunia virus, tapi hanya makna dari man jadda wa jadda (siapa yg bersungguh2 pasti berhasil). Bagi teman-teman yang sedang kebetulan mungkin menghadapi problem yang sama oleh virus Websock.exe ini, silahkan ditiru caranya. Sementara sambil menunggu para ahli programmer dan coder anti virus menemukan solusinya. Saya berharap 3 anti virus yang saya sebut di atas segera menemukan solusinya. Buat yang bikin itu virus, Anda akan menuai apa yang Anda tanam.

Mengatasi virus Websock.exe

Ini tampilan monitor resource CPU saya setelah websock.exe di suspend.

Mungkin saja pembuat virus itu akan segera mengetahui bug dan celah dari virusnya. Semoga keduluan yang menemukan anti virus. Atau langkah ini bisa saja tidak sesuai bagi Anda. Sekali lagi, saya hanya user yang beruntung setelah 3 hari kerepotan, saya bukan ahli anti virus computer.

Apa langkah saya berhasil dengan hanya menSuspend aktivitas malware Websock.exe tersebut? Ternyata tidak. Setelah komputer restart, itu websock.exe kembali aktiv!

Kembali ke Win Task Manager, masuk ke Resource Monitor, klik kanan Suspend. Setidaknya itu membuat CPU normal dan menghentikan virus untuk sementara. Tentu sambil menunggu anti virus terupdate dan bisa mengenali lalu mengkarantina atau men-delete nya.

Hingga saat tulisan ini dipublikasikan, CPU saya masih terlihat aktivitas dari websock.exe. Demikianlah mengatasi virus Websock.exe yang bikin tinggi CPU Resource untuk sementara saja ala masbadar.com.

Pelajaran dari problem ini adalah, agar selalu hati ketika online, selalu waspada jika terpaksa harus download tools. Update selalu antivirus. Submit virus agar cepat ditangani. Bagikan info jika ketemu meski itu lom berhasil.

Salam, semoga bermanfaat.

Catatan: Tulisan ini dibuat dengan keyword: Mengatasi virus Websock.exe Mengatasi virus Websock.exe Mengatasi virus Websock.exe

update: 23 Okt 2017: Anda bisa memblock aktivitas Websock.exe melalui Windows Firewall di bagian System and Security di Control Panel. Beberapa web di luar, ada yang menyatakan jika Websock.exe ini adalah semacam bitcoin CPU miner.

Save

Save